School of Information Systems

Qian, 1st Winner SXC International Summit 2022

5 November 2022 – Selamat kepada Tim Qian yang berhasil menduduki juara 1 pada kompetisi SXC International Summit 2022 yang diadakan oleh StudentsxCEOs Jakarta dengan kategori lomba Business Case Competition.

Sesuai dengan penjelasan diatas, member dari Information Systems Case Study Club (ISCSC) dan Information Systems Laboratory Asisstant menggunakan kesempatan ini dengan baik dengan membentuk tim yang diberi nama Tim Qian. Tim Qian yang beranggotakan Edward Hartanto Enrico Abadi, Shanta Haresh Keswani, Yeslin Fentisia dan Nathaniel Jason Alvianji.

Kompetisi SXC International Summit 2022 merupakan kompetisi berskala Internasional yang diadakan online dengan pengumuman lomba yang diadakan secara on-site di Traveloka Campus. Kompetisi ini bertujuan agar siswa di seluruh dunia dapat meningkatkan kualitas, pengetahuan, keterampilan dan kompetensi diri. Sesuai dengan kategori lomba yang diikuti oleh Tim Qian yaitu Business Case Competition dengan Grand Theme “Exceed Your Limit for A New Agile Era”. Kompetisi ini dijalankan dalam 2 tahap, yaitu:

  1. Preliminary Rounds
  2. Final Rounds

Pertama-tama para peserta akan melakukan pendaftaran terlebih dahulu dan case akan dibagikan pada tanggal 11 September 2022. Pada tahap penyisihan para peserta diminta untuk menjawab 4 pertanyaan yang terdapat di dalam case dalam bentuk proposal. Proposal yang dibuat oleh seluruh tim harus sesuai dengan ketentuan yang telah ditetap oleh pihak lomba seperti, menjelaskan latar belakang, teori yang digunakan, analisis untuk menentukan masalah dan solusi yang cocok serta kesimpulan. Tim Qian berusaha dengan baik untuk memberikan solusi terhadap masalah yang ada didalam case dibantu oleh oleh mentor dan dosen pembimbing.

Menurut timeline lomba, proposal yang dikerjakan oleh seluruh peserta akan dikumpulkan pada tanggal 24 September 2022. Tim Qian sangat berusaha dan mendengarkan dengan baik arahan serta masukkan yang diberikan oleh mentor dan dosen pembimbing agar menghasilkan ide yang cemerlang. Berdasarkan hasil proposal yang telah dikumpulkan, tiba saatnya pada pengumuman TOP 10 dengan solusi terbaik yang telah dikumpulkan oleh seluruhan tim dan Tim Qian berhasil masuk ke dalam TOP 10 yang artinya tim berhasil lolos ke tahap final.

Sebelum menuju final, Tim Qian mempersiapkan bahan presentasi yang nantinya akan dibawakan pada saat lomba berlangsung. Tahap final akan dilaksanakan pada tanggal 29 Oktober 2022 secara online melalui zoom. Tim yang masuk ke dalam TOP 10 akan melakukan presentasi solusi yang mereka sudah buat selama 10 menit dan proses QnA dengan juri selama 10 menit. Tim Qian mempresentasikan semua yang sudah dibuat sebelumnya bersama dengan mentor dan dosen pembimbing dengan sangat baik dan menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh juri pun dengan mudah.

Tidak seperti lomba pada umumnya, setelah melakukan presentasi setiap tim harus menunggu hasil pengumuman lomba yang diumumkan pada tanggal 5 November 2022 secara on-site di Traveloka Campus. Tiba waktunya pada hari pengumuman, perasaan menegangkan dirasakan oleh Tim Qian, MC mengumumkan hasil pemenang lomba. Berdasarkan hasil yang diumumkan bahwa Tim Qian berhasil menjadi Juara 1 dalam Lomba SXC International Summit 2022. Selamat kepada Tim Qian karena semangat tekad dan kerja keras kalian membuahkan hasil yang sangat baik!

Kesan dan pesan dari Tim Qian :

  • Edward Hartanto Enrico Abadi : “Lomba kali ini sangat menantang karena case yang diberikan cukup unik dan solusi yang diminta ada berbagai macam”.
  • Shanta Haresh Keswani : “Brand dan konsep yang sangat menarik serta menantang. Membuat kita berpikir secara inovatif”.
  • Yeslin Fentisia : “Pengalaman yang menarik banget karena dapet kesempatan buat tahu banyak pemikiran baru untuk solve case terkait”.
  • Nathaniel Jason Alvianji : “Lomba pertama jadi cukup membingungkan harus gimana, untungnya punya teammates yang hebat”.
Monica Putri Mutiara