School of Information Systems

Sat Set Sat Set! Menang Business Plan Competition Lagi! 

6 Oktober 2022 – Selamat kepada Tim Fantastic Three atas kemenangannya sebagai juara 1 pada lomba BPC DECISION 2022 yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Departemen Pertanian Fakultas Peternakan Dan Pertanian, Universitas Diponegoro, Semarang. DECISION (Diponegoro Creative Business Innovation) 2022 merupakan sebuah ajang business plan competition untuk mengembangkan gagasan atau ide bisnis mahasiswa yang kreatif serta inovatif melalui serangkaian kompetisi dalam bentuk seleksi business model canvas (BMC), seleksi proposal bisnis, dan presentasi untuk 10 finalis terbaik dalam bentuk Power Point yang akan dipresentasikan secara daring melalui Zoom Meeting. Tema yang diangkat pada kegiatan ini adalah “Optimalisasi Potensi Entrepreneurship Mahasiswa yang Inovatif, Kreatif, Kompetitif, dan Adaptif di Era Revolusi Digital” yang bertujuan untuk memberi kesempatan mahasiswa untuk mengeksplorasi jiwa entrepreneurship dengan menuangkan idenya dalam menghadapi permasalahan dan tantangan peradaban di era revolusi digital saat ini.

Lomba Business Plan Competition ini dibagi lagi menjadi beberapa subtema, yaitu : implementasi agroindustri, ekonomi kreatif, pelayanan jasa inovatif, dan inovasi teknologi. Pada subtema inovasi teknologi, peserta diminta untuk membuat rencana usaha yang mengembangkan potensi pemanfaatan teknologi dan kemajuan IPTEK di era revolusi digital untuk memaksimalkan peluang, mempermudah pekerjaan, dan memecahkan permasalahan yang dihadapi.

Pada tahap pertama, peserta diminta untuk membuat business model canvas mengenai ide business plan dan melakukan pendaftaran. Business model canvas harus dikumpulkan maksimal pada tanggal 8 September 2022. Tim Fantastic Three membuat abstrak mengenai “Gamenary : Platform

Pembelajaran Game Developer”. Kemudian, pada tanggal 10 September 2022, diumumkan bahwa Tim Fantastic Three lolos ke tahap selanjutnya.

Pada tahap kedua, peserta diminta untuk membuat proposal berdasarkan BMC (Business Model Canvas) mengenai ide business plan yang telah dibuat pada tahap pertama. Tim Fantastic Three mempersiapkan proposal dengan sangat giat. Tim Fantastic Three juga mendapatkan support dan bimbingan dari Pak Wiza. Setelah persiapan yang panjang dan banyak bimbingan dan masukkan dari Pak Wiza, akhirnya proposal dapat terselesaikan dengan baik dan dikumpulkan pada tanggal 22 September 2022. Kemudian pada tanggal 27 September 2022, diumumkan bahwa Tim Fantastic Three lolos ke tahap selanjutnya dan masuk sebagai finalis 10 besar.

Pada tahap ketiga, peserta diminta untuk membuat powerpoint yang dihasilkan dari ide business plan yang telah dibuat untuk dipresentasikan. Presentasi yang sudah dipersiapkan harus berdurasi 8 – 10 menit dengan resolusi dan dibuat dengan semenarik mungkin. Kemudian file powerpoint tersebut dikumpulkan pada 30 September 2022. Selanjutnya, pada tanggal 2 Oktober 2022, peserta akan melakukan presentasi karya dihadapan juri via Zoom. Tim Fantactic Three mempersiapkan presentasi mengenai Gamenary dan melakukan sesi tanya jawab dengan juri. Tepat tanggal 5 Oktober 2022, hasil yang ditunggu – tunggu pun akhirnya diumumkan. Tim Fantastic Three menjadi juara 1 pada lomba Business Plan Competition DECISION 2022 untuk subtema inovasi teknologi. Good job Farid, Helen, dan Atika! Kerja keras kalian membuahkan hasil.

Tidak ketinggalan, berikut adalah kesan dan pesan dari tim Fantastic Three :

  • Farid Amory

Kesan : Menurutku seru kak, bisa saling berdiskusi dan bertukar pikiran.

Pesan : Pesanku buat teman – teman, pas lagi lomba jangan baper saat dikritik sehingga bisa lebih bagus lagi hasilnya dalam perlombaan.

  • Helen Hidayat

Kesan : Menurutku seru banget kak apalagi ide bisnis kita tentang game, dan banyak belajar banget sih

Pesan : Pesanku buat temen – temen, kalian keren banget bisa sampai menang juara satuuuu yuhuuuu.

  • Atika Syilfa Laini

Kesan : Menurutku seru bangett dan bikin kita jadi belajar banyak hal lagi terutapa dengan topik game ini. terus saat pengerjaannya juga rollercoaster banget dari awal sampe akhir hahahaha, tapi in the end tetap menyenangkan dan berbuah hasil yang menyenangkan juga pastinya!!

Pesan : Semoga makin banyak lagi ya temen2 yang bisaa ikut lomba dan menambah pengalaman ke berbagai kancah dan bidang lainnya!!