School of Information Systems

Mengenal Profesi Project Manager

Sebagai seorang mahasiswa dengan latar belakang pendidikan Sistem Informasi, pastinya sudah mengetahui berbagai prospek kerja atau profesi yang berkaitan dengan sistem informasi. Salah satunya adalah menjadi project manager. Project manager merupakan sebuah profesi dimana seseorang merencanakan, mengimplementasikan, hingga mengendalikan sebuah proyek dengan batasan waktu dan biaya, yang dilakukan dari awal hingga akhir proyek berjalan. Menurut Project Management Body of Knowledge Guide (PMBOK Guide), project manager adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk mengatur sebuah proyek. Rata-rata gaji dari seorang project manager di Indonesia per bulan nya mencapai Rp 20.904.586 (menurut Indeed.com per 19 Juli 2022). Mengingat besarnya gaji yang ditawarkan, tentunya tanggung jawab yang perlu diemban oleh seorang project manager sangatlah banyak dan memiliki tingkat kesulitan yang tinggi, sehingga perlu dilakukan secara bertanggung jawab dan berhati-hati. Secara garis besar, tanggung jawab yang diemban oleh seorang project manager yaitu memimpin tim, menentukan tujuan proyek, dan berkomunikasi dengan stakeholders. Sehingga, tak heran jika kesuksesan maupun kegagalan dari sebuah proyek, merupakan tanggung jawab dari seorang project manager.

Beberapa tanggung jawab yang perlu diemban oleh project manager adalah:

  1. Membuat perencanaan: Project manager perlu membuat perencanaan secara detil mengenai sumber daya yang dibutuhkan untuk bisa mendukung pelaksanaan proyek, termasuk jumlah yang dibutuhkan pada waktu tertentu.
  2. Membuat tim dan alokasi tugas: Setelah mendapatkan Sumber Daya Manusia, maka project manager akan membagi mereka kedalam tim dan membagikan tugas sesuai dengan target yang telah ditetapkan.
  3. Melakukan kalkulasi biaya: Kalkulasi biaya didiskusikan bersama dengan project owner untuk memprediksi target biaya yang dikeluarkan termasuk adanya biaya tak terduga.
  4. Melakukan pencegahan masalah: Untuk mencegah adanya masalah yang dapat mempengaruhi berjalanannya proyek, project manager perlu memikirkan kemungkinan masalah yang dapat muncul serta rencana yang dapat dilakukan untuk melakukan mitigasi maupun solusi dari masalah tersebut.
  5. Melakukan pemantauan proyek: Pemantauan proyek perlu dilakukan agar project manager dapat memastikan proyek berjalan sesuai dengan rencana. Apabila ditemukan ketidaksesuaian, maka dapat dikomunikasikan kepada tim agar bisa dilakukan sesuai dengan rencana yang diinginkan.
  6. Membuat laporan dan dokumentasi: Dokumentasi selama pengerjaan proyek penting untuk dilakukan agar dapat menjadi bukti yang diajukan ketika membuat laporan hasil maupun kemajuan proyek.

Adapun beberapa keahlian penting yang perlu dimiliki oleh seorang project manager adalah:

  1. Kepemimpinan: Dikarenakan seorang project manager akan memimpin tim, maka dari itu diperlukan keahlian kepemimpinan yang baik.
  2. Komunikasi: Seorang project manager perlu memiliki keahlian komunikasi yang baik untuk bisa memastikan tidak ada kesalahan komunikasi antar individu maupun tim.
  3. Kritis: Untuk bisa memecahkan masalah maupun mencapai tujuan, maka seorang project manager perlu memiliki sikap kritis dan jeli.
  4. Manajemen risiko: Kemampuan untuk mengantisipasi kemungkinan masalah yang dapat terjadi menjadi penting untuk dimiliki seorang project manager karena dapat menghadapi berbagai masalah yang tak terduga.
  5. Manajemen waktu dan biaya: Pembagian waktu maupun biaya perlu dilakukan dengan baik oleh seorang project manager agar proyek bisa selesai tepat waktu dan dengan biaya seoptimal mungkin.

Jika Anda merasa sudah memiliki keahlian yang perlu dimiliki oleh seorang project manager, maka Anda dapat mencoba untuk mengambil sertifikasi CAPM atau Certified Associate in Project Management. Sertifikasi ini dirancang untuk orang-orang yang baru memulai dibidang project management yang telah tervalidasi oleh Project Management Institute (PMI). Tentunya, dengan memiliki sertifikasi ini, Anda akan memiliki nilai tambah dimata perekrut yang ingin merekrut Anda sebagai seorang project manager. Jadi, apakah Anda tertarik untuk mengembangkan diri dan menjadi project manager selanjutnya?

Referensi:

Michelle Andriana