School of Information Systems

Push Notification pada mobile games

Strategi waktu nyata (RTS) adalah subgenre permainan video strategi yang tidak berkembang secara bertahap secara bergantian, tetapi memungkinkan semua pemain untuk bermain secara bersamaan, dalam “waktu nyata”. Sebaliknya, dalam permainan strategi berbasis giliran (TBS), pemain bergiliran bermain. Istilah “strategi waktu nyata” diciptakan oleh Brett Sperry untuk memasarkan Dune II pada awal 1990-an.

Games yang dipilih, merupakan games yang memiliki misi harian/ game strategi. Dimana kita sebagai pemain bertanggung jawab agar kota kita dapat selalu meningkat setiap hari. Selain itu, ada bangunan yang perlu di upgrade dan pasukan yang perlu disiapkan oleh para pemain.

Terkadang, ada baiknya untuk mencapai titik untuk melibatkan pengguna Anda. Melibatkan mereka dengan pesan langsung akan membantu mereka mengetahui apa agenda Anda yang sebenarnya. Pemberitahuan seperti itu bagus untuk pengguna biasa. Anda dapat menciptakan rasa urgensi melalui pemberitahuan tersebut. Misalkan seorang pemain telah mencapai level permainan tertentu. Anda dapat mengirimkan pemberitahuan, seperti apa yang dibutuhkan untuk menyelesaikan level permainan tertentu.

Apakah Anda baru saja mengupgrade aplikasi game Anda atau menambahkan level ke dalamnya, troops anda yang sudah jadi, kota sedang diserang, event baru, mini-games yang harus diselesaikan, peringatan war clan dan lainnya. Jika ya jawabannya, maka pengguna Anda harus tahu tentang perubahan baru. Aplikasi non-game seperti amazon juga memperbarui pengguna tentang perkembangan terbaru dalam aplikasi.

Push notification yang ditekan akan langsung men-direct pemain ke dalam game. Push notification merupakan pesang singkat yang akan dikirimkan oleh suatu aplikasi ke smartphone pengguna yang telah menginstall aplikasi tersebut. Dengan adanya push notification ini membuat COC lebih mudah untuk memberitahukan perubahan atau update yang terjadi pada game COC. Push notification juga dinilai merupakan sesuatu hal yang dianggap lebih efektif dibandingkan menggunakan email. Jika perubahan tersebut diberitahukan secara langsung melalui email pengguna, maka pengguna bisa merasa terganggu karena ada banyaknya kemungkinan hal yang terjadi pada saat pemain sedang offline.

Push notification berdampak baik pada penerapannya di game COC ini. Karena membuat pemain mendapatkan informasi dengan lengkap apa yang terjadi di COC dan event yang sedang berlangsung. Hal ini membuat penggunanya merasa ingin memainkan lagi untuk melanjutkan pengembangan kota dan menjalankan event yang sedang berlangsung.

Terdapat beberapa jenis push notification, karena semua disesuaikan berdasarkan pada tahap siklus user tersebut berada dan tujuan dari kampanye pemasaran. Push notification terbagi menjadi lima jenis yaitu transaksional, educational, promosi, lifecycle, dan rating atau feedback dari user.

Pada game Clash of clan push notification yang digunakan adalah jenis lifecycle dimana ini adalah cara paling ampuh untuk membuat user tetap terlibat di setiap tahap siklus user. Karena kita dapat mengirim push notification yang dipersonalisasi kepada pelanggan tergantung pada tahap siklus

mereka. Contohnya kita dapat mengirimkan notifikasi yang memiliki citra hangat kepada pelanggan baru untuk meminta mereka untuk lebih sering membuka aplikasi.

Tapi ada juga yang tidak boleh terlewat yaitu cara kerja push notification, maka dari itu selain kita dapat mebayangkan secara visual push notification yang ada pada game Clash of Clan. Sebenarnya ada tiga bagian utama yang diperlukan untuk mengirimkan push notification tersebut dan ada empat opsi yang akan menyediakan lebih banyak fungsionalitas, meliputi:

· Operating System Push Notification (OSPNS)-Ada layanan sistem operasi yang berbeda untuk setiap sistem seluler, seperti untuk Apple dan Android akan berbeda. Jadi, Anda harus memilih pesan sesuai dengan jenis sistem operasinya.

· Penerbit Aplikasi-Penerbit aplikasi Anda perlu bekerja bersama dengan OSPNS dan meng-upload aplikasi tersebut ke App Store untuk digunakan.

· Aplikasi klien-Ini adalah aplikasi yang akan diunduh pelanggan Anda ke perangkat seluler mereka untuk menerima push notification Anda. Aplikasi klien dikhusus untuk setiap sistem operasi, bergantung pada jenis perangkat yang dipakai.

· Software Development Kit (SDK)-Kode yang dipasang di aplikasi ini merupakan bagian opsional dari proses ini, tetapi memungkinkan Anda menggunakan segmentasi dan pemberitahuan yang bisa ditargetkan. Ini juga akan melacak analitik untuk membantu Anda membuat notifikasi yang sesuai.

Yakob Utama Chandra

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031