School of Information Systems

Push Notification E-Commerce Applications

Perkembangan teknologi di Indonesia saat ini sangat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari – harinya. E- commerce menjadi salah satu bentuk dari perkembangan teknologi yang berkembang secara pesat di Indonesia sehingga mendapatkan perhatian dari masyarakat Indonesia. E-commerce memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya. Hal ini membuat penggunaan e-commerce memiliki peran yang penting dalam memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia terutama saat pandemi covid-19 melanda.

Notifikasi dalam e-commerce memiliki peran yang cukup penting dalam menyampaikan informasi kepada user secara langsung. Pada umumnya, notifikasi yang diberikan oleh e-commerce kepada user dapat berupa informasi terkait dengan promo, produk terbaru, transaksi, dan pemesanan yang sedang berlangsung. Secara umum, e-commerce di Indonesia akan mengirimkan informasi berupa notifikasi yang akan muncul pada gadget penggunanya secara rutin supaya informasi yang disampaikan lengkap.

Status Pesanan

Salah satu contohnya adalah dari pengguna yang melakukan transaksi di sebuah e-commerce, biasanya e-commerce akan memberikan notifikasi terkait dengan update status pesanan yang sedang berlangsung. Ketika pemesanan baru saja dibuat, maka akan dikirimkan notifikasi bahwa pesanan telah diproses oleh penjual. Jika pengguna membuka notifikasi ini, maka e-commerce akan mengarahkan pengguna pada rincian pemesanan yang berisi informasi pemesanan yang telah buat. Kemudian ketika pemesanan telah diterima oleh pengguna, maka e-commerce akan kembali memberikan notifikasi bahwa pesanan telah diterima oleh pengguna.

Ketika notifikasi tersebut ditekan maka e-commerce akan mengarahkan pengguna untuk menekan tombol bahwa produk telah diterima oleh pengguna dan transaksi telah selesai dilakukan.

Pengingat Registrasi

Push notification juga dapat dimanfaatkan oleh e-commerce untuk kepentingan sendiri, seperti dorongan agar seseorang melakukan registrasi pada aplikasi e-commerce tersebut. Aplikasi e-commerce pada umumnya mengijinkan user untuk bisa melakukan pencarian produk, tanpa harus melakukan login maupun register terlebih dahulu, dan menyebabkan banyaknya orang yang hanya melakukan explore pada aplikasi e-commerce dan malas melakukan registrasi. Hal tersebut dapat menjadi masalah bagi sebuah e-commerce karena mereka berpotensi untuk kehilangan calon pelanggan dalam waktu sebentar jika tidak segera diatasi, untuk itu salah satu solusi yang bisa digunakan adalah dengan memanfaatkan push notification. Dengan push notification, aplikasi e-commerce bisa mendorong seseorang yang belum melakukan registrasi dengan mengirimkan notifikasi yang berisi penawaran atau reward menarik untuk member yang baru. Ketika notifikasi ditekan, aplikasi akan mengarahkan user ke halaman registrasi, dan setelah user selesai melakukan registrasi, maka akan muncul pop up message bahwa user mendapatkan reward karena sudah melakukan registrasi, seperti kupon diskon, pengiriman gratis, dan lainnya.

Ulasan Produk

Dalam sebuah e-commerce, ulasan atau rating produk menjadi salah satu komponen yang penting, karena rating produk dapat menentukan kualitas dari suatu produk dan membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan untuk melakukan pembelian. Namun, banyak orang yang malas untuk memberikan ulasan kepada produk atau pesanan yang sudah mereka terima, untuk itu push notification bisa digunakan untuk mengingatkan pelanggan untuk memberikan ulasan dengan balasan berupa reward. Ketika notifikasi ditekan, pelanggan akan diarahkan ke halaman yang berisi pesanan yang belum diberikan ulasan, dan akan diberikan reward, seperti poin yang dimiliki e-commerce pada umumnya untuk beberapa hal yang menguntungkan pelanggan.

Personalisasi

Jika ada iklan yang dipersonalisasi, maka personalisasi juga bisa diterapkan pada push notification. Notifikasi yang diberikan berupa produk – produk baru dan promo yang sesuai dengan kesukaan pelanggan, sering dikunjungi, dan dibeli oleh pelanggan.

Yakob Utama Chandra

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031