School of Information Systems

Potensi dan Implementasi Teknologi Big Data di Era Digital

Seiring berjalannya waktu, teknologi dan informasi berkembang dengan cepat dan memegang peranan penting dalam era digital ini dimana ketersediaan informasi yang disertai dengan teknologi dapet memberikan peluang dan potensi baru dalam segala lini bisnis terutama dalam proses pengambilan keputusan dan untuk meningkatkan produk dan layanan yang ditawarkan. Namun, dengan banyaknya data dan informasi yang ada, maka untuk memperoleh dan menyimpannya merupakan hal yang sulit dan kompleks sehingga tentunya membutuhkan teknologi, dalam hal ini salah satunya adalah teknologi Big Data yang dapat menangani volume data yang sangat besar. Konsep Big Data sendiri merupakan istilah dari data yang sangat besar dengan tiga karakterisitik utama yaitu Volume (data yang sangat besar), Velocity (mengolah data dengan cepat), dan Variety (data yang beragam) yang lalu karakterisitik ini dapat dikelompokkan kedalam lima kategori yaitu untuk mengumpulkan data, memproses data, mengintegrasi data, data visualisasi, dan nilai dari data itu sendiri.

Big Data menjadi populer di berbagai sektor industri, dan telah diidentifikasi sebagai faktor yang tak tergantikan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemakmuran dan juga membantu memecahkan masalah masyarakat (Mayer-Schönberger dan Cukier, 2013) yang mana menjadi pendorong utama dalam penciptaan nilai bagi perusahaan dan juga pelanggan (Verhoef, et al., 2016). Dilihat dari sektor industri layanan keuangan, teknologi Big Data dapat membantu dalam melakukan pemrosesan data dalam jumlah yang besar dan menyimpan data dan informasi lalu menganalisa nya untuk mengambil keputusan. Seperti halnya dalam sektor industri layanan keuangan menyajikan data yang besar dan dari hal ini dapat membantu menciptakan produk baru atau memberikan produk rekomomendasi sesuai dengan kebutuhan nasabah. Kemudian, sektor industri layanan transportasi memiliki potensi yang sangat besar dengan pengimplementasian teknologi Big Data dimana seiring berjalannya waktu infrastruktur dari perusahaan dan layanan trasportasi mengikuti perkembangan teknologi dan mempertimbangkan hal ini jumlah informasi dari berbagai sumber, lokasi, data cuaca, dan lain sebagainya menjadi sangat penting dan membutuhkan algoritme yang canggih dan rumit untuk mengoptimasi strategi perusahaan layanan transportasi. Seperti hal nya dari perusahaan Penerbangan menggunakan teknologi Big Data untuk memprediksi cuaca, optimasi rute penerbangan, dan juga memberikan rekomendasi kepada pelanggan sesuai kebutuhan mereka dalam membeli tiket pesawat.

Pengimplementasian teknologi Big Data selain pada layanan keuangan dan transportasi juga dapat dilihat pada sektor industri yang lain seperti layanan kesehatan, retail, agrikultur, energi, manufaktur, media dan entertaiment masih terbuka dan sangat berpotensi untuk berkembang dengan cepat di era digital ini. Oleh karena itu, teknologi Big Data dinilai sangat relevan untuk diaplikasikan dalam operasional bisnis perusahaan dengan membantu membuat keputusan yang lebih strategis lebih baik dan mengidentifikasi informasi yang berguna dan dapat digunakan secara tepat waktu.

 

Referensi:

Jurnal Acuan :

Big Data: Concept, Potentialities and Vulnerabilities

https://www.ijournalse.org/index.php/ESJ/article/view/58/28

 

Jurnal Pendukung :

A BIG DATA-ORIENTED APPROACH TO DECISIONMAKING: A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW

https://sites.les.univr.it/eisic/wp-content/uploads/2019/11/31-Polese-Troisi-Grimaldi-Romeo- 1.pdf

Mayer-Schönberger, V., and Cukier, K. (2013), Big data: A revolution that will transform how we live, work, and think. New York: Houghton Mifflin Harcourt.

Verhoef, P.C., Kooge, E., and Walk, N., (2016), Creating Value with Big Data Analytics: Making Smarter Marketing Decisions, London, Routledge.

Evelyn Vidya Paramita