School of Information Systems

Perbedaan Programming Languages, Scripting Languages, dan Markup Languages

Sumber: GeeksforGeeks

 

Pada dasarnya coding untuk membuat website atau aplikasi melibatkan 3 (tiga) tipe bahasa, yaitu programming language, scripting language, dan markup language. Berikut ini adalah penjelasan untuk masing-masing bahasa:

  1. Programming Languages

Programming languages merupakan sekumpulan instruksi yang berguna untuk memberi tahu komputer apa yang perlu dilakukan. Bahasa ini diciptakan sebagai alat untuk membantu programmer menulis instruksi dengan menggunakan code yang dapat dipahami oleh manusia yang kemudian diubah menjadi machine level language karena komputer hanya dapat memahami binary language (0 dan 1). Konversi code menjadi machine level language dilakukan oleh kompiler yang memindai atau scanning code secara keseluruhan dan jika menemukan error akan segera membuang semua error tersebut.

Contoh programming languages yang banyak digunakan, yaitu:

  • Java
  • C
  • C++
  • C#, dan lain sebagainya.

  1. Scripting Languages

Scripting languages adalah subkategori dari programming languages. Scripting languages juga melibatkan instruksi yang digunakan untuk memandu atau mengontrol program lain. Bahasa ini menghubungkan satu bahasa ke bahasa lain, tidak bekerja sendiri, dan dapat dengan mudah dipindahkan ke berbagai sistem operasi. Berbeda dengan kompiler pada programming languages yang memindai atau scanning code secara keseluruhan, scripting languages perlu ditafsirkan dengan memindai code baris demi baris. Tidak ada ruang lingkup kompiler dalam bahasa ini.

Contoh scripting languages, yaitu:

  • Javascript
  • PHP
  • Perl
  • Python, dan lain sebagainya.

  1. Markup Languages

Markup languages berbeda dari programming languages dan scripting languages. Markup languages adalah bahasa komputer yang digunakan untuk menyusun, memformat, atau mendefinisikan hubungan antara berbagai bagian dokumen teks dengan bantuan simbol atau tag yang disisipkan dalam dokumen. Markup languages adalah bahasa presentasi dan tidak menyertakan logika atau algoritme apa pun. Bahasa ini lebih mudah dibaca apabila dibandingkan dengan programming languages.

Contoh markup languages, yaitu:

  • HTML
  • CSS
  • XML, dan lain sebagainya.

Sumber:

https://www.geeksforgeeks.org/difference-between-programming-scripting-and-markup-languages/

https://www.geeksforgeeks.org/whats-the-difference-between-scripting-and-programming-languages/

https://www.geeksforgeeks.org/explain-different-markup-languages-other-than-html/

Layla Nurul Af’idati

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031