School of Information Systems

PERAN VISI DAN TUJUAN DALAM DIGITAL TRANSFORMATION ORGANIZATION

Visi dan tujuan sangat penting sebagai identitas perusahaan karena dengan adanya visi, perusahaan dapat menanamkan rasa memiliki kepada para anggota tim dan menjadikan motivasi mereka sebagai bagian dari berorganisasi untuk bekerja lebih keras dalam mencapai visi dari perusahaan tersebut.

Adanya visi dan tujuan membuat para anggota memiliki panduan yang harus dilalui dan dilakukan untuk mencapai tujuan bersama, selain itu visi juga bisa dijadikan landasan dalam pengambilan keputusan yang dipastikan selaras dengan apa yang ingin diraih oleh perusahaan.

Transformasi digital seringkali dianggap sebagai hal yang tidak penting untuk dilakukan karena perubahannya terjadi secara menyeluruh bahkan sampai pada cara kerja perusahaan. Tujuan bisa didefinisikan sebagai apa yang dipercayai oleh perusahaan. Analogi yang bisa digunakan adalah “mengapa Anda memilih untuk hidup bersama (bersama teknologi)?”. Dalam mencapai sebuah visi, tentu akan ada misi-misi yang harus dilakukan untuk mencapai visi. Misi mewakili posisi ambisius (yang masuk akal) yang dapat dicapai di pasar. Visi harus menarik bagi mereka baik itu yang berada dalam perusahaan maupun diluar perusahaan. Visi biasanya dimulai dengan frasa: “kami akan…”. Value perusahaan adalah prinsip dan nilai yang akan mempercepat kemajuan bersama dalam perusahaan. Tindakan, seringkali tidak disertakan dalam pernyataan tujuan. “Hal yang dapat Anda amati yang menunjukkan kemajuan bisa itu maju atau mundur dan tindakan adalah hal terpenting untuk mewujudkan tujuan, visi, misi, dan nilai.

“Visi yang paling menarik tidak hanya memberikan arah yang kuat, tetapi panggilan yang jelas dan memotivasi untuk bakat terbaik, harapan untuk membentuk perilaku, dan dengan demikian memungkinkan dasar untuk bergerak cepat. Dan mereka harus datang dari atas”.

Peran Pemimpin juga sama pentingnya dalam transformasi digital. Dalam melakukan perubahan, orang pertama yang harus yakin dan percaya bahwa perubahannya membawa hasil adalah sang pemimpin itu sendiri lalu diikuti oleh para anggota tim lainnya.

REINALDO WILLY

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031