School of Information Systems

PERAN BIG DATA DAN PENERAPANNYA PADA PEMBELAJARAN ONLINE

Tingginya angka penyebaran COVID-19 memaksa pemerintah Indonesia untuk melakukan lockdown dan memberlakukan social distancing di sejumlah daerah di Indonesia. Pemberlakuan kebijakan ini berdampak hampir ke semua sektor termasuk sektor pendidikan. Sejumlah intansi pendidikan seperti sekolah maupun universitas harus ditutup sampai batas waktu yang belum ditentukan. Penutupan ini menyebabkan perubahan dalam sistem pembelajaran yang awalnya dilakukan secara tatap muka sekarang telah berubah menjadi metode daring dengan memanfaatkan aplikasi online.

Pada metode daring ini pengguna antara satu dengan yang lainnya akan saling terhubung dan data antar pengguna akan terintegrasi dengan baik. Selain itu kelebihan lain dari metode daring ini adalah efisiensi dan efektif. Pengguna dapat dengan cepat mengakses platform pembelajaran dan melakukan inovasi pada materi pembelajaran yang dapat meningkatkan tingkat keefektifan pembelajaran. Dengan banyaknya data yang ada dan volume data yang semakin bertambah tentunya membutuhkan teknologi yang mumpuni untuk mengatasinya. Big data adalah teknologi mampu membantu pelaksanaan proses kegiatan pembelajaran.

Big data dapat membantu pengguna diantaranya siswa, guru/dosen, orang tua dan pengguna lulusan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan cepat. Big data akan menjadi data pusat dimana semua data ada didalamnya, dan membantu pimpinan dari lembaga pendidikan sebagai dasar untuk menganalisis permasalahan yang ada berdasarkan data untuk pengambilan keputusan ataupun kebijakan. Orang tua wali akan mengetahui dengan cepat dan tepat informasi yang ada didalam lembaga pendidikan.

Dalam proses pembelajaran dan kegiatan yang ada didalam lembaga pendidikan tersimpan semuanya dengan baik , tanpa harus mencari dengan susah payah dengan waktu yang relatif lama. Hasil pembelajaran yang diperoleh siswa, sampai dengan prestasi setiap siswa akan tersimpan dengan baik tentunya akan membantu lembaga pendidikan, orang tua dan lulusan mudah dalam mencari data yang ada pada setiap siswanya dengan baik, dan akan memberikan informasi yang akurat kapanpun dan dimanapun tidak terbatas dengan waktu dan jarak. (Supriyanto et al., 2021)

Pemanfaatan Big Data pada pembelajaran daring akan memberikan kontribusi signifikan terhadap:

1. Pengembangan peserta siswa agar menjadi seseorang yang memiliki karakter dan kecerdasan intelektual.

2. Pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan terkait hendaknya diterapkan prinsip- prinsip berikut:

a. Penggunaan Big Data dalam pendidikan sebaiknya mempertimbangkan karaktersitik peserta siswa, guru/dosen, dan tenaga kependidikan.

b. Penggunaan Big Data sebaiknya dirancang untuk memperkuat minat dan bakat siswa dan tentnya juga seluruh pengguna untuk menggunakannya semata untuk meningkatkan pengetahuan, baik dari segi intelektual, segi spiritual (rohani), sosial, maupun jasmani.

c. Penggunaan Big Data sebaiknya memunculkan kesadaran dan keyakinan akan sangat penting juga kegiatan berinteraksi langsung.

d. Penggunaan Big Data sebaiknya menjaga tujuan dapat mengapresiasi teknologi yang sederhana dan kegiatan-kegiatan pembelajaran dengan tuntutan penguasaan kompetensi sesuai dengan tjuan pembelajaran terkait dalam rangka pengembangan seluruh potensi siswa.

e. Penggunaan Big Data sebaiknya menjadikan pengguna lebih kreatif dan inovatif tidak hanya puas menjadi konsumen yang mendapatkan dengan mudah.

 

Sumber:

Supriyanto, E. E., Bakti, I. S., & Furqon, M. (2021). The Role Of Big Data In The Implementation Of Distance. 6356(4), 61–68.

Adam, Khalid. (2018). Big Data and Learning Analytics: A Big Potential to Improve e- Learning. Advanced Science Letters. 24. pp. 7838-7843(6). 10.1166/asl.2018.13028.

Suma Anio Lui Alamsyah