School of Information Systems

Penerapan Cloud Computing sebagai Media Pembelajaran Berbasis Online Masa Pandemi Covid-19

Perkembangan teknologi yang pesat saat ini sudah menjadi bagian dari setiap kehidupan manusia. Terutama di masa pandemi Covid-19 ini semua orang dihimbau untuk tidak bertatap muka secara langsung dalam kegiataan apapun. Dengan adanya teknologi yang berkembang pesat, akhirnya lahirlah pemanfaatan teknologi dalam banyak bidang seperti pemerintah, bisnis, dan terutama pendidikan. Pemanfaatan teknologi dalam bidang pendidikan akan sangat memudahkan bagi mahasiswa dan dosen dalam menjalankan tugasnya masing-masing. Dengan meluasnya penggunaan internet di seluruh dunia maka tidak akan memberatkan sistem pembelajaran online ini. Karena hampir seluruh mahasiswa dan dosen tentu menggunakan internet dan sudah terbiasa menggunakannya setiap hari dalam kegiatan apapun. Sehingga pembelajaran online ini tidak begitu mengagetkan bagi mahasiswa dan dosen. Salah satu pemanfaatan teknologi dalam bidang pendidikan yaitu cloud computing.

Cloud computing merupakan komputasi yang terdistribusi oleh jaringan computer yang menyajikan banyak ide, teknologi, konsep, dan service oriented architecture. Cloud computing dapat menjawab masalah dan tantangan yang dihadapi oleh mahasiswa dan dosen dalam proses pembelajaran. Cloud computing menjadi sangat diminati karena adanya pandemi ini karena memaksa kita untuk mengubah sistem pembelajaran dari offline menjadi sistem pembelajran online. Cloud computing dapat diimplementasikan di berbagai bidang, termasuk bidang pendidikan. Sebenarnya cloud computing dapat diterapkan bagi siswa SMP dan SMA karena penggunaannya cuup mudah. Cloud computing ini menyediakan layanan yang tidak terbatas bagi penggunanya untuk mengakses aplikasi tanpa dibatasi oleh tempat, waktu, dan jarak. Contoh cloud computing dalam bidang pendidikan diantaranya Googledocs, Email, Google classroom, Blog, dan Dropbox yang akan membantu sistem pembelajaran. Setelah diterapkannya cloud computing ini, mahasiswa dan dosen dapat melakukan kegiatan perkuliahan secara online dengan Google classroom atau Zoom Meeting. Cloud computing sangat berguna bagi perguruan tinggi karena memiliki banyak manfaat dalam kegiatan perkuliahan, terlebih saat pandemi ini. Karena sistem pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien dengan jarak jauh. Tidak hanya sistem pembelajaran yang menjadi lebih efektif dan efisien, namun juga mahasiswa dan dosen dapat melakukan penyimpanan dokumen dan kegiatan perkuliahan.

Dalam jurnal pendukung juga memberikan penjelasan terkait kelebihan cloud computing diantaranya adalah dapat meningkatkan kapasitas penyimpanan, dapat membantu menghemat biaya, mudah diotomatisasi, memiliki keamanan data yang terjamin, dan fleksibel. Masalah dalam bidang pendidikan dapat terjawab dengan adanya cloud computing ini. Dengan teknologi yang terus berkembang secara inovatif akan berdampak baik. Sehingga lembaga pendidikan dapat mengakses segala ilmu pengetahun dan informasi pendidikan dengan mudah. Dalam perguruan tinggi akan memerlukan aplikasi atau program yang berguna untuk mengolah seluruh data yang ada seperti web portal, KRS online, dan mail server. Semakin lama data yang terkumpul menjadi sangat banyak dan membutuhkan tempat penyimpanan dengan kapasitas yang sangat besar.

Kesimpulannya, teknologi sangat berperan dalam bidang pendidikan. Pemanfaatan cloud computing dalam bidang pendidikan dapat meningkatkan aksesibilitas, skalabilitas, keamanan, menghemat biaya, dan stabilitas. Dalam penerapannya cloud computing ini dapat diakses kapanpun dan dimanapun asalkan tersambung dengan jaringan internet, memiliki kapasitas penyimpanan yang sangat banyak tanpa membutuhkan hardisk, dan data-data yang tersimpan memiliki keamanan yang terjamin. Penerapan cloud computing dalam perguruan tinggi akan menghubungkan mahasiswa, dosen, staf administrative, dan staf IT untuk mendukung proses pembelajaran yang lebih luas dan mudah.

References: http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/JOISIE/article/view/663/489

Judul jurnal pendukung:

Implementasi Sistem Basis Data Cloud Computing pada Sektor Pendidikan https://journal.ubaya.ac.id/index.php/saintek/article/view/2868/2220

Viary Audreane

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031