School of Information Systems

Pemanfaatan Big Data dalam Perumusan Kebijakan Publik pada Sektor Kesehatan

Penggunaan big data di Indonesia saat ini telah digunakan pada banyak sektor tetapi yang mendominasi yaitu pada sektor telekomunikasi, perbankan, dan juga produsen makanan ringan dan minuman. Pada sektor Kesehatan, tentunya Big Data sangat dibutuhkan agar dapat bekerja lebih efisien dan dapat menyediakan system manajemen darurat yang lengkap. Tetapi dalam hal ini dibutuhkan penelitian ataupun analisis data agar dapat mengambil keputusan yang tepat. Dalam jurnal tersebut disebutkan bahwa hal yang perlu dilakukan adalah tinjauan literatur dari beberapa paper hasil penelitian mengenai pemanfaatan big data pada sektor Kesehatan. Pada hasil analisis sebaran lokasi geografis penggunaan big data dalam prumusan kebijakan public pada sektor Kesehatan terdapat grafik sebaran wilayah studi penelitian dari beberapa paper. Hasil dari grafik tersebut menunjukan bahwa lingkup wilayah studi dari paper atau publikasi yang dikumpulkan didominasi oleh nama-nama negara. Artinya, Sebagian besar data yang digunakan dalam analisis ini mencakup data keseluruhan dari suatu negara. Sebanyak 13 penelitian atau 23% dari paper yang telah terkumpul dapat dilihat bahwa Sebagian besar penelitian terkait pemanfaatan big data dalam sektor Kesehatan dilakukan di negara Amerika. Selain itu, di Inggris dengan kontribusi sebesar 14% dan sisanya dari negara lain dengan presentasi yang sangat kecil dibanding Amerka. Dari seluruh paper yang digunakan dalam penelitian dapat diketahui bahwa paper yang mengindikasikan pemanfaatan big data dalam perumusan kebijakan pada sektor kesahatan hanya 21,7%. Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa big data dan manfaat dari big data untuk membantu perumusan suatu kebijakan public terutama dalam sektor Kesehatan belum diperhatikan lebih dalam.

Ada beberapa tantangan pada sektor Kesehatan dalam optimalisasi big data yaitu terbatasnya sumber daya Kesehatan, tuntutan penyelenggaraan pelayanan yang lebih efektif dan efisien, serta lambatnya perkembangan infrastruktur teknologi pendataan Kesehatan. Di Indonesia terdapat Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS Kesehatan). BPJS Kesehatan menawarkan berbagai pendekatan untuk membangun ekosistem big data system Kesehatan di Indonesia melalui keterbukaan informas yaitu dengan cara memeberikan kemudahan akses informasi program JKN bagi pemerintah daerah, masyarakat umum, dan yang lainnya. Dalam hal ini, big data program JKN akan dimanfaatkan untuk kebutuhan prediktif dan preskriptif sebagai dasar pengambilan kebijakan selain itu akan dimanfaarkan untuk pemantauan dan evaluasi. Untuk menciptakan tata Kelola big data Kesehatan yang terintegrasi lintas sektor perly dikembangkan ekosistem big data Kesehatan sebagai Langkah awal perbaikan system pelayanan Kesehatan pada era JKN. Pemerintah membutuhkan dukungan yang sangat besar dalam mempersiapkan big data untuk program JKN pada tahap pengembangan ekosistem. Dalam utilitas big data Kesehatan, kemitraan antara pemerintah dan kalangan swasta dapat mendukung beberapa yang masih memiliki kendala.

Jurnal Utama: https://journal.itk.ac.id/index.php/sjt/article/view/379/195

Jurnal Pendukung: https://smeru.or.id/sites/default/files/publication/ib03_jkn-id.pdf

Claudia Nethania Pattiasina

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031