School of Information Systems

Mengenal SCQA Framework

SCQA merupakan salah satu framework yang dapat dipergunakan untuk membuat struktur informasi secara naratif, jelas, dan juga menarik. SCQA merupakan singkatan dari Situation (Situasi), Complication (Komplikasi), Question (Pertanyaan), dan Answer (Jawaban). Penggunaan framework ini telah dilakukan dalam berbagai sektor, seperti pada sektor bisnis, kebijakan, ataupun ilmu pengetahuan. Pada framework ini, terdapat 4 elemen yang dipergunakan. Keempat elemen tersebut mencakup: 

  • Situation (Situasi) 

Berfungsi sebagai titik awal dan penggambaran umum dasar. Oleh karena itu, pada elemen ini berisi poin-poin yang bisa dikenali dan disepakati. Pada elemen ini dapat menjawab beberapa pertanyaan, seperti: 

    • Apa konteks dari apa yang terjadi? 
    • Siapa saja yang bersangkutan? 
  • Complication (Komplikasi) 

Elemen ini akan merepresentasikan perubahan dari situasi yang telah digambarkan sebelumnya serta menjabarkan alasan untuk melakukan suatu tindakan terkait perubahan tersebut. Maka dari itu, elemen ini juga berisi ancaman, peluang, serta rintangan yang perlu diatasi.  

  • Question (Pertanyaan) 

Pada elemen ini, akan mengacu pada pernyataan masalah yang selanjutnya diikuti dengan pengembangan hipotesis atau proses pengajuan masalah. Beberapa pertanyaan yang dapat diajukan contohnya adalah: 

    • Bagaimana cara mencegah ancaman? 
    • Bagaimana cara memanfaatkan peluang? 
  • Answer (Jawaban) 

Elemen ini akan memberikan jawaban terkait hal yang harus dilakukan untuk dapat mengatasi rintangan yang sudah diidentifikasi sebelumnya. Pada elemen ini, akan dijelaskan secara rinci bagaimana cara mencegah ancaman serta memanfaatkan peluang yang dimiliki. Elemen ini juga dapat didefinisikan sebagai elemen yang akan menjabarkan proses memperbaiki dan memberikan jawaban terhadap pertanyaan yang sudah diajukan sebelumnya.  

Penggunaan SCQA framework merupakan hal yang dapat membantu komunikasi serta penyampaian informasi yang lebih baik dan mudah. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa manfaat yang diberikan oleh SCQA framework, yaitu: 

  • Dapat membantu meningkatkan proses dalam pembuatan cerita 
  • Dapat membantu memberikan hasil yang lebih baik 
Aristia Utari Putri

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031