School of Information Systems

Mengenal Config by Figma

Config merupakan sebuah konferensi desain global yang diadakan oleh Figma secara gratis. Acara ini telah berlangsung sejak tahun 2021 dan merupakan acara tahunan, sehingga telah kembali diadakan pada tahun 2022 tepatnya pada tanggal 10-11 Mei 2022. Config sendiri digelar secara online dengan tujuan mengadakan suatu konferensi dimana peserta bisa belajar langsung dari para pembicara konferensi maupun dari peserta lainnya. Acara ini digelar dalam periode 24 jam non-stop dan diadakan secara live dari San Fransisco dengan lebih dari 65 sesi dilaksanakan. Sebagai seseorang yang masih tergolong pemula dalam bidang UI/UX design, acara Config ini merupakan sebuah acara yang tepat karena mampu menyediakan segudang pembicara hebat, ruang untuk berdiskusi, serta tersedia nya kesempatan untuk bisa terhubung dengan peserta lain di seluruh dunia.

Pada tahun 2022, Config mengundang sebanyak 100 pembicara, yang berasal dari 20 negara yang berbeda, untuk membagikan pengetahuan mereka kepada para peserta. Config memfasilitasi seluruh peserta acara yang tentunya berasal dari berbagai negara, dengan menyediakan 8 bahasa yang disampaikan oleh pembicara. Acara dibuka dengan opening keynote yang dibawakan oleh Dylan Field, selaku CEO dari Figma. Pada opening keynote tersebut, juga terdapat beberapa pengumuman Terdapat 2 pembicara yang berasal dari Indonesia, yaitu Annabelle Gabriella dan Victoria Simansjah yang merupakan perwakilan dari Sixty Two. Sixty Two sendiri merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang desain produk yang mampu merancang, memvisualisasikan kebutuhan desain dengan baik. Pembicara sendiri dikategorikan ke dalam 5 topik, yaitu a look ahead, culture and connection, design and craft, design systems, and development.

Pada acara Config 2022, tak hanya terdapat sesi konferensi, namun juga terdapat pengumuman atas berbagai update fitur yang terjadi pada software Figma. Berikut adalah beberapa updates yang disampaikan:

  1. Dark Mode: Fitur dark mode merupakan salah satu fitur yang membantu designer untuk menyesuaikan tampilan aplikasi menjadi gelap sehingga mampu memberikan kenyamanan bagi pengguna. Fitur ini hadir dalam Figma versi desktop maupun website.
  2. Redesigned Auto Layout: Auto Layout yang telah menjadi fitur unggulan Figma, diperbaharui sehingga semakin fleksibel untuk digunakan. Dimana pembaruannya terdapat dari adanya negative spacing maupun posisi absolut.
  3. Component Properties: Memfasilitasi design system yang lebih smooth.
  4. Spotlight: Fitur ini berperan penting ketika proyek dikerjakan secara bersama-sama oleh satu orang, dimana memfasilitasi penyorotan satu kolaborator untuk seluruh orang.
  5. Widgets Jira, Asana, dan Github untuk FigJam: FigJam terhubung dengan Jira, Asana, dan Github, sehingga menyediakan suatu layanan tanpa batas.
  6. Variable Fonts: Pengguna dapat mengekspresikan desain mereka dengan melakukan kostumisasi font.
  7. Spring Animation: Pengguna dapat merancang design animasi yang lebih lancar ketika membuat prototype.
  8. Individual Strokes: Pengguna mampu melakukan kustomisasi pada masing-masing sisi border.

Apabila Anda merupakan pribadi yang tertarik dalam bidang UI/UX design, terutama software Figma, acara Config by Figma merupakan sebuah acara yang tidak bisa Anda lewatkan. Jadi, jangan lupa untuk berpartisipasi pada Config by Figma tahun 2023, untuk mendapatkan pengalaman internasional dan pengetahuan yang beragam dari berbagai pembicara terpercaya.

Referensi:

https://config.figma.com/events/figma-config-2022/home

https://sixtytwo.co/about

https://www.figma.com/blog/config-2022-thinking-big-and-acting-with-urgency/

Michelle Andriana