School of Information Systems

Kelebihan dan Kekurangan dari Push Notification

Push notification adalah pesan singkat atau notifikasi yang dikirim oleh aplikasi smartphone ke semua orang yang telah menginstal aplikasi dan yang telah mengaktifkan mode penerimaan pesan ini. Penerimaan ini juga tidak dibatasi oleh operating system, sehingga android, iOS, dan operating system lainnya dapat menerima notification.

Push notification juga memiliki mengambil peran penting dalam menyebarkan informasi penting ke pengguna smartphone. Salah satu fungsi penting lainnya untuk pebisnis adalah menjadi alat pemasaran yang untuk mengumpulkan audience yang tepat untuk suatu event / pengguna mereka. Oleh karena itu push notification dapat disesuaikan berdasarkan pada tahap siklus pengguna tergantung terhadap tujuan kampanye pemasaran Anda.

Penyesuaian ini menghasilkan beberapa jenis yang dapat kita bedakan dalam menggunakan push notification. Pertama push notification Transaksional, mengirim status dari transaksi yang dilakukan oleh user dengan tujuan menginformasikan user bahwa aksi dibutuhkan untuk menyelesaikan atau bahkan menginformasikan bahwa transaksi tersebut sudah selesai.

Kedua Educational, mengirimkan pesan mengenai informasi seputar pendidikan seperti tambahan kursus, pengingat untuk mengikuti ujian, pengingat progress user, promosi untuk course yang sedang mengalami potongan harga, dan lain-lain.

Ketiga Lifecycle, merupakan cara paling ampuh untuk membuat user anda tetap terlibat di setiap tahap siklus pelanggan anda. Notification disini dapat mengirimkan informasi yang dibutuhkan sesuai dengan keadaan user anda. Tujuannya adalah meminta user untuk membuka aplikasi yang telah disediakan dan menggunakan fitur yang terdapat di dalamnya. Sementara, anda dapat mengirimkan penawaran promosi khusus seperti subscription dengan menawarkan fitur eksklusif sehingga mereka terlibat kembali kedalam aplikasi anda.

Dalam operating system Android notifikasi terdapat notification channel. Notification channel ini berguna agar user bisa memilih notifikasi mana yang mereka ingin dapatkan. Misalkan pengguna hanya ingin notifikasi promo, maka mereka bisa menyalakan hanya notifikasi tersebut.

Aplikasi yang kami pilih adalah aplikasi ojek online. Sama seperti ojek online pada umumnya, aplikasi ini memiliki fitur seperti chat, call, reminder untuk booking dan juga promo. Notifikasi yang wajib untuk ditampilkan ke pengguna adalah notifikasi chat, call dan juga reminder booking.

Action yang dilakukan ketika pengguna menekan notifikasi tersebut bervariasi berdasarkan jenis notifikasi. Untuk notifikasi chat, user bisa langsung membalas chat melalui notifikasi atau sistem akan membuka langsung halaman chat. Untuk notifikasi call, user bisa menjawab ataupun mematikan panggilan tersebut, notifikasi ini penting karena terkadang ada beberapa operating system yang melarang display on top. Untuk reminder booking, user akan diarahkan ke detail booking ketika mereka menekan notifikasi.

Selain itu, notifikasi juga diberikan kepada user ketika sebuah proses telah mencapai progress tertentu, seperti aplikasi akan memberitahu user jika driver sudah berada di dekat titik yang telah ditentukan oleh user. Atau ketika jalanan sedang macet, maka akan muncul notifikasi kemungkinan driver akan terlambat. Untuk notifikasi ini, progress driver akan dimunculkan ketika user menekan notifikasi tersebut.

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari push notification, yang diantaranya :

Kelebihan

● Efektif dan Mudah

Push notification sangat mudah untuk dipakai oleh pengguna, mereka hanya perlu menekan notifikasi tersebut, tidak seperti email, chat, ataupun metode lainnya.

● Visibilitas Tinggi.

Pesan yang muncul dalam bentuk notifikasi bisa muncul tanpa harus membuka browser atau aplikasi terlebih dahulu. Beda dengan iklan yang harus bukan browser atau aplikasi tertentu baru bisa terlihat iklannya.

● Statistik

Push notification dapat dijadikan alat untuk mengukur. Kita bisa mengetahui apakah pengguna menekan notifikasi tersebut atau hanya melihatnya. Dari data ini kita bisa membuat notifikasi yang lebih efektif.

● Timed

Push notification dapat diberikan dalam waktu tertentu, misalkan ketika ada flash sale, aplikasi dapat memunculkan notifikasi tentang adanya flash sale tersebut

Kekurangan

● Mengganggu

Bagi sebagian orang keberadaan notification sangatlah mengganggu. Banyak orang yang mematikan notifikasi agar mereka dapat fokus dalam hal yang sedang mereka lakukan.

● Spam

Jika aplikasi terlalu banyak mengirimkan notifikasi, user akan merasa terganggu, hal ini dapat berakhir dengan user meng-uninstall aplikasi.

● Do not Disturb

Do not Disturb adalah fitu dimana smartphone menghalang semua notifikasi untuk muncul kecuali notifikasi yang dipilih oleh pengguna. Fitur DND ini dapat menghalang notifikasi untuk muncul pada waktu yang tepat.

Yakob Utama Chandra

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031