School of Information Systems

Inovasi Sistem Manajemen Kinerja SDM Terintegrasi dengan Big Data di BPJS Kesehatan

Pembentukan sistem manajemen kinerja SDM yang terintegrasi dengan menggunakan Big Data merupakan strategi untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas kerja dengan mengubah teknik dan mekanisme kerja berdasarkan pemanfaatan data dan teknologi informasi.

Tujuan dari implementasi manajemen talenta terintegrasi melalui proses manajemen sumber daya manusia yang kompleks adalah untuk mengurus aset terbaik organisasi, dan harus disinkronkan dengan data yang dipunyai oleh organisasi tersebut. Sistem manajemen talenta BPJS Kesehatan perlu disempurnakan untuk memenuhi tujuan di atas dan tujuan strategis BPJS Kesehatan yaitu terwujudnya organisasi yang dapat diandalkan, dipercaya, dan unggul melalui optimalisasi kapasitas dan tata kelola organisasi yang didorong oleh sumber daya manusia yang profesional. Lebih lanjut, hal tersebut dilakukan agar organisasi dapat terus menjamin ketersediaan sumber daya manusia yang berkualitas untuk memegang bagian penting dalam keberhasilan dan kelangsungan jangka panjang organisasi.

Sebagai salah satu badan milik pemerintah, BPJS Kesehatan menunjukkan bahwa sistem kerja birokrasi pemerintahan juga telah memiliki agenda inovasi. Apabila ditelaah dari strategi inovasi proses dan inovasi pelayanan, sistem manajemen kinerja SDM terintegrasi dengan menggunakan Big Data di BPJS Kesehatan adalah termasuk bagian inovasi proses dikarenakan adanya sebuah metode, cara, dan mekanisme yang baru dalam melaksanakan kelola terhadap talenta BPJS Kesehatan untuk waktu kedepannya. Penulis menggunakan Big Data kepegawaian untuk analisa strategi model inovasi sistem manajemen kinerja di BPJS Kesehatan.

Di lain sisi, dapat dilihat bahwa terdapat perbedaan pada proses inovasi yang dilaksanakan BPJS Kesehatan pada sistem manajemen kinerja SDM dengan sejumlah proses inovasi lainnya, secara khusus dalam upaya pembangunan sistem keberlanjutan. Apabila beberapa penelitian sebelumnya memperlihatkan proses inovasi berakhir pada eksekusi program, agenda inovasi sistem manajemen kinerja SDM terintegrasi dengan menggunakan Big Data di BPJS Kesehatan tidak berhenti pada tataran impelmentasi melainkan bagaimana proses inovasi yang dihasilkan dapat diakui dan bertahan menjadi satu tahapan yang perlu dilakukan.

Ditandai dengan adanya pendekatan, metode, dan mekanisme yang baru dalam proses peningkatan talenta untuk mempersiapkan pemimpin masa depan berbasis teknologi informasi, BPJS Kesehatan telah melaksanakan proses inovasi melalui sistem manajemen kinerja SDM terintegrasi dengan mempergunakan Big Data. Dalam proses membangun sistem manajemen kinerja SDM yang terintegrasi, ada tiga dimensi utama yang perlu dipertimbangkan, antara lain membentuk data terpadu dari sistem kepegawaian yang sudah ada saat ini, membangun sebuah sistem yang dapat membuat modul untuk kinerja, talenta, karir, dan pengembangan sistem menjadi terintegrasi. Dengan adanya kehadiran mekanisme dan proses yang baru dalam menjawab tuntutan organisasi terkait proses pengembangan talenta pada masa yang akan datang dengan basis teknologi, maka inovasi sistem manajemen kinerja SDM terintegrasi menggunakan Big Data di BPJS Kesehatan secara karakteristik termasuk ke dalam inovasi proses dan tipologi total.

Sumber: http://www.journal.starki.id/index.php/JIK/article/view/194/pdf

Mega Ariesta

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031