School of Information Systems

Big Data Cloud Computing Security

Big data

Big Data adalah suatu kumpulan data yang dimana ukuranya sangat besar sehingga perangkat lunak yang ada pada saat ini tidak mampu menampungnya untuk mengelola dan memproses data dalam waktu yang ditentukan. Dengan keberagaman volume, kecepatan, dan juga jenis mulai dari data militer hingga data pemerintahan suatu negara, penjagaan big data sangatlah dibutuhkan terutama big data yang menggunakan cloud computing. Terlebih, jika kita melihat ke beberapa tahun mendatang penggunaan cloud computing sudah pasti semakin banyak.

Cloud Computing dalam Big Data

Pada masa kini sudah banyak provider-provider yang menyediakan jasa cloud computing big data seperti Amazon.com, AT&T, GoGrid, Joyent, Rackspace, IBM, and Verizon/Terremark. Untuk saat ini provider yang paling terkenal dalam provider jasa IaaS adalah Amazon web Services dengan Elastic Compute Cloud (Amazon EC2) miliknya. Cloud computing menyediakan sumber daya komputasi yang luas sesuai permintaan. Hal ini menjadi penting karena pertumbuhan big data yang seperti sudah kita ketahui adalah suatu kumpulan data besar, kompleks, yang sekarang sedang dibuat di hampir semua bidang kegiatan, dari kesehatan hingga e-commerce.

Keamanan dan Privasi dalam Big Data

Keamanan dan masalah privasi dalam big data dipengaruh oleh tiga hal utama atau tiga V besar data yaitu Kecepatan, Volume, dan Variasi. Faktor-faktor ini termasuk variabel seperti infrastruktur cloud skala besar, keragaman sumber dan format data, sifat streaming dari akuisisi data dan volume migrasi antar cloud yang semakin tinggi. Untuk menjaga keamanan big data dari cloud computing terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu:

· Enkripsi Vormetric

Melindungi Big Data dengan mulusdi dalam lingkungan di sistem file dan tingkat volume. Analisa big data ini memungkinkan organisasi untuk dapatkan manfaat dari kecerdasan yang diperoleh dari Big Data analitik sambil menjaga keamanan data mereka – tanpa perubahan pada pengoperasian aplikasi atau ke sistem operasi atau administrasi.

· Platform Keamanan Data

Keamanan Data Platform Vormetric mengamankan data-data penting dan juga menempatkan perlindungan serta kontrol akses untuk data user dengan data user. Metode ini termasuk enkripsi yang kuat dengan mempunyai kunci manajemen, kontrol akses yang halus, dan keamanan informasi intelijen yang diperlukan untuk mengidentifikasi informasi terbaru ancaman persisten tingkat lanjut serta memberikan keamanan dari serangan-serangan pada data user.

· Kontrol Akses berbutir halus

Vormetric menyediakan kontrol akses berbasis peraturan teratur yang membatasi akses ke data yang telah dienkripsi, dengan hanya memungkinkan akses data yang telah disetujui dan diproses oleh user sesuai kebutuhan untuk memenuhi persyaratan kepatuhan yang ketat. Pengguna istimewa dari semua jenis (termasuk sistem, jaringan, dan bahkan cloud administrator) hanya dapat melihat informasi teks apabila diperbolehkan untuk melihatnya. Pembaruan sistem dan proses administrasi terus bekerja dengan bebas tetapi hanya melihat data yang telah terenkripsi, bukan sumber teks biasa.

Kesimpulan

Penggunaan cloud computing dalam big data sangatlah penting pada zaman modern ini. Penggunaan yang semakin banyak menimbulkan masalah-masalah baru bagi cloud computing big data terutama dibagian keamanan dan privasi yang disebabkan oleh tiga V dari big data yaitu, Kecepatan, Volume, dan Variasi . Oleh karena itu, para ahli terus mencari cara agar para user dapat dengan tenang menggunakan jasa cloud computing dalam mengolah big data yang diinginkan.

SUMBER

https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/36320763/p3-V3I1-with-cover-page-v2.pdf?Expires=1639310379&Signature=aBoOYAp7SsNKMe5hB1h40aWBKtVMNX2QBjhT9lyU10tsLO4o9-SmB0ZIzCSLj-PONvilhV3YYLH515T6EG4xVTFURcy9jfBdaNBbjWufNPAy5ne4q8Xl9ev8yUk8IHVPsMcQjhkNzCAFSmOuZo9mo1yTfkkWaKY0dEq95B58-3NRROeWHCK6CaU46QrE2CbpJ~f5KtWEQ0gfpjAy2chQFJDAdweluNBdw-TK73LbFEaB~sCj6k8tm6ldOBuKmQzEzKOpgH7Hv6BomQ5LE2dJYLVscGdnyy~tyEV-~UyagsNUgPrV-r1UL3Jhjj0G4z8jw0DVYAnpyYVVJti0xpauOA__&Key-Pair-Id=APKAJLOHF5GGSLRBV4ZA

A Survey of Big Data Cloud Computing Security from International Journal of Computer Science and Software Engineering (IJCSSE), Volume 3, Issue 1, December 2014 ISSN (Online): 2409-4285 www.IJCSSE.org Page: 78-85.

Aaron Renjiro