School of Information Systems

7 Tantangan Dalam pengembangan Mobile Application

  1. Mengembangkan aplikasi kelas dunia

Tantangan pertama adalah mengembangkan aplikasi yang menonjol dan dapat bersaing dengan aplikasi yang lain sampai ke ranah Internasional. Seperti yang kita ketahui sangat banyak aplikasi yang tersedia sekarang. jika ingin membuat aplikasi dan berhasil melewati tantangan pengembangan aplikasi seluler, ada kebutuhan untuk menyertakan desain intuitif, fitur yang dapat digunakan, dan grafik untuk pengalaman yang luar biasa. 

  1. Aplikasi lintas platform

Tantangan yang kedua adalah, bagaimana membuat sebuah mobile aplikasi dapat menjadi desain yang responsif karena pengguna menggunakan perangkat dengan berbagai dimensi layar. 

  1. Aplikasi interaktif

Tantangan selanjutnya adalah bagaimana menciptakan aplikasi yang interaktif. Di era sekarang banyak sekali aplikasi yang sudah ada tetapi tetap saja aplikasi seluler interaktif adalah cara yang bagus untuk menarik pelanggan. Dengan sensor bawaan, aplikasi dapat menjadi lebih berguna dan juga interaktif. Ini bisa sangat menantang, tetapi untuk membuat prosesnya lebih mudah, interaksi harus ada selama fase desain. 

  1. Konsumsi dan kinerja baterai

Tantangan selanjutnya dalam pengembangkan aplikasi adalah dan termasuk faktor terpenting adalah bagaimana aplikasi menngkonsumsi baterai lebih sedikit atau seminimal mungkin tanpa mengurangi kinerja dari aplikasi tersebut. Karena konsumsi baterai menjadi salah satu faktor yang akan menjadi pertimbangan pengguna dalam menggunakan aplikasi dalam jangka panjang. 

  1. Memilih teknologi pengembangan

Tantangan selanjutnya adalah bagaimana kita sebagai pengembang memilih teknologi yang akan digunakan. Pemilihan teknologi pengembangan harus tepat untuk suatu aplikasi. Hal Ini memberi pemikiran apakah akan membuat aplikasi asli, hibrida, atau lintas platform. Mengembangkan aplikasi yang dapat beradaptasi dan serbaguna sesuai kebutuhan pelanggan benar-benar tugas yang sulit. 

  1. Keamanan

Tantangan selanjutnya pasti selalu menjadi tantangan baik saat merencanakan pengembangan aplikasi maupun setelah aplikasi itu sudah launch. Keamanan adalah sebuah tantangan yang tidak boleh dianggap remeh apalagi menyangkut banyak orang. Aplikasi harus bebas dari masalah malware, atau yang lain, dapat membuat perangkat lunak atau perangkat keras hancur yang akan membutuhkan waktu dan biaya tambahan untuk menyelesaikan masalah tersebut. 

  1. Fitur Aplikasi

Tantangan Terakhir dalam artikel ini adalah mempertimbangkan fitur di aplikasi dengan kemajuan teknologi, kemajuan, dan inovasi, telah ada. Tentunya ini sangat menjadi tantangan untuk membuat fitur yang dapat menarik perhatian pengguna, fitur yang berbeda dengan yang lain. Aplikasi harus dapat menarik perhatian pengguna secara efektif dengan fitur-fitur yang berharga. 

 

Reference: 

https://appinventiv.com/blog/mobile-app-development-challenges/ 

https://www.rswebsols.com/tutorials/software-tutorials/mobile-application-development-challenges 

Muhammad Wildan

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031