School of Information Systems

7 Praktik UX terbaik untuk situs web Optimal

  1. Map Out Your Customer’s Journeys 

Yang direkomendasikan pertama adalah memahami secara mendalam perjalanan pelanggan Anda dan memetakannya. mengetahui bagaimana pelanggan Anda berinteraksi dengan situs web di berbagai tahap sangat penting untuk menciptakan pengalaman keseluruhan yang lebih baik yang dapat meningkatkan banyak aspek. 

2. Consider The End-To-End Experience 

Yang kedua adalah mempertimbangkan pengalaman ujung ke ujung, bukan hanya bagian dari perjalanan pelanggan saat mendesain situs. Memberikan informasi itu dengan cara yang mudah dicerna menciptakan pengalaman pribadi antara Anda dan pelanggan Anda 

3. Websites Are Scanned, Not Read 

Selanjutnya web Anda harus dapat dipindai karena orang tidak membaca situs web, mereka memindainya. Infografis dan visual telah menjadi cara bagi siapa saja yang mencoba menyampaikan instruksi atau data. Membuat halaman Anda dapat dipindai akan menarik bagi audiens Anda. Sebagian besar akan memindai konten untuk mencari sesuatu yang mengejutkan mereka dan kemudian mereka beralih ke membaca ketika mereka ingin mengetahui lebih lanjut. 

4. Visual Hierarchy 

Selanjutnya harus diperhatikan Saat menempatkan elemen terpenting pada Interface, sorotlah yang terpenting agar pengguna fokus pada elemen tersebut. Untuk meningkatkan pengguna dapat melakukan seperti yang kita inginkan. 

5. Run Test Groups With Real Clients 

Jalankan pengujian dengan klien secara nyata dan ideal jadikan pengambilan keputusan berdasarkan setidaknya sebagian besar dari perjalanan pelanggan. Tanpa mengetahui apa yang diinginkan klien dan bagaimana mereka ingin menemukan dan mengkonsumsinya, akan meninggalkan terlalu banyak titik kegagalan yang tidak diketahui. 

6. Think Of The End Goal 

Jangan lupa untuk selalu memikirkan tentang tujuan akhir dan rekayasa balik setiap bagian dari perjalanan pengguna dengan mempertimbangkan hal-hal yang penting. Mengembangkan persona pengguna dan memetakan perjalanan mereka dengan tujuan akhir dalam pikiran adalah hal yang bermanfaat. 

7. Keep The UX Very Accessible 

Dan Pastikanlah dengan menjaga UX situs web sangat mudah diakses dan mudah digunakan. perlu diingat pengalaman pengguna agar saat merancang situs web dapat membuat seluruh proses ini sesederhana mungkin. Optimalkan kecepatan situs, tambahkan ajakan bertindak yang menarik, gunakan ruang kosong, dll. Tujuan utama adalah mempertahankan pengguna di web kita, makaperlu membuat seluruh proses berfungsi dengan baik. 

 

Reference: 

https://www.forbes.com/sites/forbesbusinesscouncil/2021/09/28/12-best-practices-for-great-ux-features-on-a-website/?sh=36edb0d01672 

https://www.webdesignerdepot.com/2018/05/7-ux-principles-for-creating-a-great-website/ 

Muhammad Wildan