School of Information Systems

Rekomendasi Digital Marketing Channel untuk Pelaku Bisnis

Pelaku bisnis mungkin mengalami kesulitan untuk memulai atau menemukan channel yang tepat untuk digital marketing mereka. Perlu diketahui, tidak semua digital marketing channel cocok untuk diterapkan di suatu bisnis. Oleh karena itu, pelaku bisnis harus mempertimbangkan dalam menentukan digital marketing channel yang sesuai untuk bisnis yang dijalankannya.

Berikut ini adalah beberapa digital marketing channel yang dapat diterapkan pada suatu bisnis:

  1. Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization (SEO) merupakan teknik yang dilakukan untuk mengoptimalkan website dengan menggunakan kata kunci tertentu. SEO bersifat organik dan gratis. Tujuan dari penggunaan SEO yaitu menempatkan website di urutan teratas dalam search engine sehingga memungkinkan website mendapatkan traffic yang tinggi tanpa perlu mengeluarkan biaya secara terus-menerus dan menjadi pilihan pertama calon konsumen.

  1. Search Engine Marketing (SEM)

Search Engine Marketing (SEM) merupakan teknik yang dilakukan untuk meningkatkan visibilitas website dengan menggunakan fitur berbayar. Berbeda dengan SEO yang berfokus menempatkan website pada hasil pencarian teratas pada pencarian organik saja, SEM menargetkan hasil pencarian teratas baik pada pencarian organik maupun pada pencarian yang berbayar. Website yang menggunakan SEM akan mudah dikenali dengan adanya tag “iklan” atau “ads” yang muncul di samping alamat website dalam search engine. Cara kerja pembayaran iklan ini dikenal sebagai cost per click (CPC) yaitu membayar iklan ketika ada user yang mengklik iklan atau website. Peringkat iklan tersebut diukur berdasarkan seberapa banyak biaya yang pelaku bisnis tawarkan.

  1. Email marketing

Email marketing masih menjadi salah satu digital marketing channel yang paling efektif. Email marketing memungkinkan pelaku bisnis untuk berhubungan dengan konsumen potensial dan siapa saja yang tertarik dengan brand mereka. Email marketing biasanya digunakan untuk marketing yang sifatnya langsung seperti menyampaikan informasi, penawaran, promo, dan sebagainya. Email marketing juga bisa digunakan untuk berinteraksi dengan konsumen. Pelaku bisnis perlu menerapkan sejumlah strategi dalam melakukan email marketing agar email dibaca dan tidak masuk ke kotak spam.

  1. Social media marketing

Social media marketing adalah salah satu digital marketing channel yang hampir digunakan oleh seluruh bisnis. Social media marketing dapat menjadi alat yang efektif untuk marketing bahkan sebagai channel penjualan langsung karena dapat menjangkau berbagai kalangan usia dan latar belakang. Fitur-fitur marketing yang kini melekat di berbagai media sosial juga menjadi salah satu daya tarik besar untuk dimanfaatkan pelaku bisnis. Platform yang biasa digunakan untuk social media marketing adalah Instagram, Tiktok, Twitter, Facebook, dan lain sebagainya.

  1. Affiliate marketing

Affiliate marketing adalah digital marketing channel di mana pelaku bisnis memberi kompensasi kepada pihak ketiga, misalnya influencer, untuk menghasilkan traffic atau mengarah ke produk dan layanan bisnisnya. Dengan affiliate marketing, pihak ketiga akan mempromosikan bisnis dan mendapatkan komisi setiap kali terjadi penjualan. Ada tiga jenis utama affiliate marketing, yaitu unattached affiliate marketing, related affiliate marketing, dan involved affiliate marketing.

  1. Content marketing

Content marketing berfokus pada proses pembuatan dan pendistribusian konten kepada target konsumen dari suatu bisnis. Saat ini rata-rata bisnis menerapkan content marketing, baik melalui blog, artikel, video, podcast, e-book, online course, infografis, webinar, dan lain sebagainya.

  1. Video marketing

Video marketing adalah salah satu digital marketing channel paling kuat yang tersedia. Ada beberapa platform yang bisa digunakan untuk menjalankan kampanye video marketing, seperti Facebook, Instagram, dan TikTok. Strategi video marketing yang bisa diterapkan yaitu dengan membuat video yang singkat dan to the point, menyediakan konten yang bagus dengan cara yang menarik, memanfaatkan situs pihak ketiga, mempromosikan video di website dan channel media sosial, dan mendorong orang lain untuk membagikan video.

  1. SMS messaging

Seiring dengan perkembangan teknologi, banyak kampanye text-to-give juga memungkinkan konsumen untuk langsung membayar atau memberi melalui pesan teks sederhana. Pesan teks adalah cara paling langsung untuk menjangkau konsumen, tetapi seperti media sosial, pesan harus singkat dan jelas agar efektif. Tim marketing dapat memanfaatkan layanan pesan singkat (SMS) yang hanya berupa teks atau pesan multimedia (MMS) yang dapat menyertakan video dan gif.

Sumber:

www.investopedia.com/terms/d/digital-marketing.asp#toc-types-of-digital-marketing-channels

jala.ai/blog/7-channel-digital-marketing-terbaik-untuk-bisnis/

www.sirclo.com/blog/7-jenis-digital-marketing-yang-bisa-diterapkan-untuk-bisnis-ukm/

store.sirclo.com/blog/beda-seo-dan-sem/

www.oracle.com/ke/cx/marketing/digital-marketing/#digital-marketing-channels

Layla Nurul Af’idati

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031