School of Information Systems

Selamat! Tim Ganeshagata Berhasil Menjadi Juara 1 Lomba Logiplan 2022

School of Information Systems berhasil menjadi pemenang dalam lomba Logiplan 2022 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Bisnis Logistik Universitas Padjadjaran. Logiplan sendiri merupakan program yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan mahasiswa/i dalam merencanakan usaha agar dapat menghasilkan produk yang kreatif dan inovatif sehingga dapat mencetak para wirausahawan muda yang baru dan dapat menciptakan lapangan kerja di kemudian hari sehingga dapat meningkatkan lapangan pekerjaan di Indonesia dan dapat menghadapi persaingan ekonomi global. Logiplan 2022 mengadakan kompetisi Bisnis Plan Se-Nasional yang mengambil tema “Building Young Entrepreneurs who are Creative and Innovative in the Digital Age”.

Kesempatan ini dimanfaatkan dengan baik oleh Tim Ganeshagata yang beranggotakan Wilhelmus Billion Pius Purba, Theresa Karyn Wijaya dan Maheswara Rabbani. Dengan penuh semangat dan tekad yang kuat Tim Ganeshagata berhasil menduduki Juara 1 pada lomba Logiplan 2022. Sungguh sebuah prestasi yang luar biasa!

Pada tahap seleksi pertama para peserta melakukan pendaftaran dan mengumpulan business model canvas (BMC) terlebih dahulu. BMC sendiri berisikan ide bisnis apa yang ingin dibawakan oleh setiap tim sesuai dengan tema dan subtema yang diambil. Tim Ganeshagata membuat ide konsep bernama Fasih, apa itu Fasih? Fasih merupakan aplikasi berbasis mobile yang berfokus pada industri Pendidikan. Aplikasi Fasih dibentuk sebagai platform pelatihan bahasa asing untuk berbagi kalangan yang ingin melatih, mengasah suatu bahasa dan mendapatkan sertifikasi yang diakui di dunia industri secara local ataupun internasional.

Pengumuman tahap pertama diumukan pada tanggal 12 Juli 2022 melalui chat personal ke masing-masing ketua tim dan diarahkan untuk melakukan pendaftaran ulang. Sebelum ke seleksi tahap dua, para peserta akan melakukan pembayaran terlebih dahulu dan melakukan konfirmasi pembayaran dengan men-submit bukti pembayaran ke gform yang telah disediakan oleh pihak lomba. Selanjutnya para peserta akan membuat proposal bisnis sesuai dengan BMC yang telah dikumpulkan. Proposal bisnis yang dibuat harus mengikuti ketentuan dan petunjuk penulisan yang telah ditentukan oleh pihak panitia (guidebook).

Tim Ganeshagata sangat antusias dalam berdiskusi untuk dapat menghasilkan proposal yang baik. Mentor dan Dosen pembimbing pun giat memberikan arahan serta masukkan agar Tim Ganeshagata dapat lolos ke tahap selanjutnya. Usaha tidak mengkhianati hasil! Tim Ganeshagata berhasil lolos ke tahap final.

Pada tahap final, para peserta akan membuat pitchdeck dan dikumpulkan pada H-1 lomba yaitu 1 Agustus 2022. Pitchdeck sendiri digunakan sebagai bahan presentasi untuk nantinya di presentasikan pada saat lomba berlangsung. Persiapan demi persiapan pun dilakukan oleh Tim Ganeshagata untuk memberikan yang terbaik salah satunya dengan melakukan latihan presentasi bersama mentor serta dosen pembimbing. Pada tanggal 2 Agustus 2022 merupakan hari dimana setiap tim akan melakukan presentasi dihadapan juri. Ada 10 tim terbaik yang telah berhasil lolos ke tahap final untuk bersaing memperebutkan juara. Setiap tim diberikan waktu 10 menit untuk melakukan sesi presentasi dan 10 menit sesi QnA oleh juri. Keputusan hasil lomba diumumkan pada tanggal 3 Agustus 2022, berdasarkan hasil pengumuman lomba Logiplan 2022 bahwa Tim Ganeshagata telah berhasil menjadi Juara 1. Sekali lagi Selamat kepada Tim Ganeshagata!

Kesan dan Pesan dari Tim Ganeshagata:

  • Wilhelmus Billion Pius Purba : “Lomba business plan di Logiplan yang begitu kompetitif, menjadikan saya untuk lebih terpacu dan bersemangat untuk memberikan hasil yang terbaik dan maksimal, tentu dengan dukungan dari pembimbing yang terus mengevaluasi hasil kerja kami”.
  • Theresa Karyn Wijaya : “Melalui lomba Business Plan Logiplan ini saya mendapat banyak insight baru dari seluruh pihak yang membantu dan mendukung kelompok kami, melalui masukan dan ilmu baru yang didapat kami berupaya untuk meningkatkan kinerja kami kedepannya”.
  • Maheswara Rabbani : “Dengan mengikuti lomba Logiplan ini, aku mempelajari banyak hal baik itu soft skill ataupun hard skill seperti teamwork, public speaking, critical thinking, kemampuan membuat prototype, dll. Aku juga mau mau berterima kasih untuk Binus karena sudah memberi kesempatan dan bantuan bimbingannya selama proses pengerjaan lomba. Semoga ilmu-ilmu yang kami dapatkan di acara ini bisa bermanfaat kedepannya”.
Monica Putri Mutiara