School of Information Systems

Google Ads dan Keunggulannya

Apa itu Google Ads?

Google Ads (Dulunya Google AdWords) adalah solusi dan program periklanan Google bagi bisnis untuk beriklan di banyak produk dan jaringan pencarian yang lebih luas. Melalui platform iklan, pengguna dapat beriklan ke dua mesin pencari terbesar di dunia: Google dan YouTube. Jika kamu ingin beriklan di produk Google lainnya seperti Gmail, Google Ads adalah satu-satunya cara untuk memasang iklan disana. Saat ini ada begitu banyak iklan di Google Search dan properti lainnya  dalam berbagai bentuk, yang berarti jika kamu tidak menggunakan iklan pada Google Search dan jenis iklan lain dalam bisnismu, bisnismu akan merasakan dampaknya. Bagi banyak bisnis, beriklan di Google telah menjadi keharusan untuk tetap kompetitif, bukan sekadar cara untuk meningkatkan pendapatan dan jangkauan.

Bagaimana cara kerja Google Ads?

Pada Search Ads, tujuannya adalah untuk menempatkan iklanmu di posisi hasil penelusuran setinggi mungkin namun tetap berhubungan dengan apa yang dicari oleh pengguna. Sasaran Display Ads adalah untuk menggabungkan minat pengguna dengan iklan yang mungkin ingin mereka terima. Sederhananya di Google Ads, pengiklan menawar kata kunci untuk memiliki kesempatan menempatkan iklan mereka di halaman hasil pencarian atau situs web lain. Lelang iklan terjadi setiap kali pengguna menelusuri apa pun di Google Search atau mengunjungi situs web di jaringan yang lebih luas. Di setiap lelang, Google menghitung Ad Rank untuk setiap iklan yang di lelang, inilah yang menentukan apakah pengguna melihat iklanmu terlebih dahulu.

Faktor – faktor yang mempengaruhi Ad Rank

  • Max Bid iklanmu
  • Kualitas iklan dan landing page
  • Peringkat iklan harus lebih tinggi dari batas yang ditentukan
  • Daya saing
  • Konteks penelusuran pengguna (Misalnya, perangkat, lokasi, waktu, dan maksud penelusuran)
  • Dampak yang diharapkan dari format dan ekstensi iklan

Kelebihan menggunakan Google Ads

  1. Biaya iklan bisa disesuaikan

Dengan banyaknya pilihan campaign dan opsi penawaran, perusahaan yang menggunakan Google Ads dapat mencapai hasil dengan anggaran yang bervariasi, tinggi dan rendah. Untuk bisnis kecil, pengiklan dapat mulai beriklan hanya dengan beberapa dolar sebulan, tetapi hasilnya mungkin tidak memberikan dampak yang kamu inginkan, tetapi kamu dapat melakukannya. Ini membuat platform iklan menjadi fleksibel untuk bisnis dari segala bentuk di semua kebutuhan iklan online. Untuk perusahaan besar, manfaatnya berlipat ganda karena perusahaan dapat mengaktifkan penskalaan pengeluaran iklan secara menguntungkan, dan jika dibandingkan dengan iklan tradisional, Google Ads lebih hemat biaya. Biaya iklan bergantung pada:

  • Competition
  • Bids
  • Quality Score

Cost per click (CPC) individual sangat bervariasi di berbagai industri, ceruk, dan maksud pencarian pengguna.

  1. Kontrol dan manajemen iklan yang baik

Secara keseluruhan, Google Ads menawarkan banyak peluang kepada penggunanya untuk mengontrol dan mengelola kampanye mereka secara efektif. Sebagai contoh, pengiklan dapat mengambil kendali penuh atas:

  • Berapa banyak yang budget yang disediakan dan seberapa besar bidmu.
  • Menghentikan iklan hanya dengan menekan tombol
  • Tujuan campaign
  • Kontrol atas konversi
  • Kontrol atas kata kunci individual dan target audiens
  • Bagaimana tampilan iklan (Selama tidak melanggar kebijakan apapun)

Pastikan iklan mewakili brandmu dengan baik. Maka, dengan tingkat kontrol ini, pengiklan dapat mengelola dan mengoptimalkan iklan dan kampanye untuk mendapatkan hasil maksimal.

  1. Memberikan hasil yang cepat

Seperti kebanyakan metode periklanan online berbayar, Google Ads merupakan iklan yang cepat. Untuk membuat akun yang diperlukan dan menyiapkan kampanye pertama terjadi hanya dalam beberapa jam. Jika pengiklan telah mengikuti kebijakan dengan benar, maka seharusnya kampanye bisa jadi dengan cepat. Dalam hitungan hari, pengiklan dapat menganalisis bagaimana kinerja iklan untuk melakukan upaya pengeditan dan pengoptimalan yang diperlukan. Sebelum mengubah pengaturan apa pun, Google merekomendasikan untuk membiarkan kampanye berjalan sendiri saat dalam tahap pembelajaran. Kampanye di Google Ads memiliki fase pembelajaran yang mengumpulkan data performa untuk mengoptimalkan iklanmu. Bahkan pada fase belajar, seluruh proses memunculkan hasil dengan cepat. Dan pengiklan dapat segera mengetahui apa yang berhasil dan apa yang tidak sesuai dengan tujuan bisnis.

Referensi

https://support.google.com/google-ads/answer/6123875?hl=en

https://instapage.com/blog/why-use-google-ads

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200629172120-185-518739/panduan-menggunakan-google-ads-dari-a-z-untuk-pemula

Felicia Evan