School of Information Systems

Perbedaan dari UML dan ERD

Sering kali kita mendengar istilah UML dan ERD, lalu apa itu UML dan ERD? UML memiliki kepanjangan, yaitu Unified Modelling Language sedangkan ERD memiliki kepanjangan, yaitu Entity Relationship Diagram. Kedua hal ini merupakan sesuatu yang berbeda satu sama lainnya, perbedaan mereka yang utama adalah untuk Unified Modelling Language (UML) merupakan sebuah bahasa pemodelan yang akan digunakan untuk membangun suatu aplikasi yang berorientasi kepada objek. Tujuan utama dari UML ini adalah untuk memvisualisasikan perilaku dan struktur dari suatu sistem. Sedangkan, Entity Relationship Diagram adalah diagram memvisualisaikan hubungan antara entitas di dalam suatu database. ERD ini memiliki tiga komponen, antara lain adalah entitas, atribut, dan hubungan. Dimana hubungan ini juga di bagi menjadi dua, yaitu optional dan wajib. Biasanya, untuk dapat menggambarkan struktur logis suatu basis data, akan digunakannya ERD.

Lalu apa perbedaan lainnya dari UML dan ERD? Berikut merupakan beberapa perbedaan lainnya dari UML dan ERD:

  1. Kegunaan

Kedua hal ini memiliki kegunaan yang berbeda satu sama lainnya, dimana UML memiliki kegunaan unutk dapat merancang seluruh sistem software sedangkan ERD memiliki kegunaan untuk merancang hanya database saja.

  1. Key attributes

Keduanya tentu memiliki key attribute yang berbeda. UML memiliki key attributes seperti class diagram, object diagram, sequence diagram, activity diagram, dan communication diagram. Sedangkan untuk ERD memiliki keyattribute yang berbeda, yaitu entitas, atribut, cardinality, ordinality, dan jumlah instansi hubungan. Hal ini menunjukkan bahwa ERD ini berbeda dengan UML dimana ERD ini merupakan diagram itu sendiri sedangakn UML terdiri dari banyak diagram.

  1. Skala

Untuk UML lebih sering digunakan untuk penembangan software dalam skala yang besar, sedangkan untuk ERD, dapat digunakan untuk pengembangan database dalam semua skala.

  1. Komponen

Keduanya memiliki komponen yang berbeda, dimana UML memiliki komponen seperti use case dan juga workflow. Sedangkan untuk ERD, ia memiliki kompenen anatar lain entitas, atribut, dan relationship.

  1. Pengguna Utama

Biasanya, UML ini akan digunakan oleh pengembang/developer dari aplikasi yang akan dirancang dengan tujuan agar mereka dapat memahami aliran dari program tersebut, sedangkan untuk ERD akan digunakan oleh pemangku kepentingan dan juga pemilik dari perusahaan dengan tujuan untuk memahami bahwa persyaratan yang mereka inginkan telah dipenuhi dan sudah benar.

  1. Bentuk yang Digunakan

Dalam visualiasai UML maupun ERD, mereka memiliki bentuk-bentuk yang digunakan. UML menggunakan bentuk lingkaran, persegi panjang dengan sisi sudut yang bulat, kepala panah, berlian, persegi panjang, dan lainnya. Sedangkan untuk ERD, lebih sederhana karena hanya menggunakan 3 bentuk, yaitu oval, persegi panjang, dan berlian.

  1. Swimlanes

Dalam penggunaan swimlanes, UML menggunakannya dalam activity diagram sedangkan untuk ERD tidak.

  1. Waktu

UML dapat mewakili waktu yang diambol selama kegiatan sedangkan ERD tidak menggambarkan waktu.

  1. Jenis

Untuk jenis, UML terdiri dari 2 jenis, yaitu structural UML diagrams dan behavioral UML diagram. Sedangkan untuk ERD tidak memiliki jenis, akan tetapi ERD ini berisikan entitas, hubungan, dan juga atribut yang dimana masing-masingnya memiliki beberapa jenis.

  1. States

State dari UML ini meliputi state awal atau initial state dan state akhir atau final state. Sedangakn unutk ERD tidak merepresentasikan state apapun.

Sumber:

https://id.spot-the-difference.info/difference-between-uml

https://www.geeksforgeeks.org/difference-between-uml-and-er-diagram/

Anastasya Anirudha

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031