School of Information Systems

Penerapan Digital Marketing pada Bisnis serta Keuntungan dan Tantangannya

Digital marketing atau pemasaran digital saat ini menjadi salah satu alternatif bagi banyak pelaku usaha untuk mendapatkan perkembangan bisnis. Digital marketing merupakan bentuk kegiatan pemasaran menggunakan media digital seperti internet untuk dapat menarik perhatian minat calon konsumen dengan benar, tepat, dan cepat.

Hal yang harus dipertimbangkan agar implementasi digital marketing berhasil adalah pelaku bisnis memerlukan pendekatan marketing berdasarkan pemahaman yang mendalam tentang perilaku konsumen. Dengan begitu, pelaku bisnis dapat menentukan channel digital marketing yang sesuai untuk bisnis yang dijalankannya. Ada beberapa cara dalam pendekatan digital marketing.

Secara umum digital marketing melibatkan beberapa langkah, seperti:

  • Tentukan tujuan marketing.
  • Identifikasi target audiens.
  • Identifikasi marketing channel dan taktik marketing yang tepat.
  • Mengembangkan dan mengoptimalkan konten serta pesan untuk setiap channel.
  • Pengukuran kampanye di seluruh metrik utama.

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan dan diperhatikan untuk memulai digital marketing, yaitu:

  • Persiapkan website, account media sosial, brand dan produk untuk memulai marketing, artikel blog, serta jejak digital seperti review dan video testimoni agar dapat membantu meningkatkan brand.
  • Membuat konten yang dapat menarik perhatian calon konsumen misalnya foto, gambar, video company profile, tulisan, artikel review, maupun bentuk lainnya.
  • Posting konten dan melampirkannya di setiap sosial media yang dimiliki.
  • Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah masuk dan bergabung dengan forum marketplace Usahakan profil bisnis bagus karena akan berpengaruh terhadap citra brand.

Beberapa keuntungan dari diterapkannya digital marketing pada suatu bisnis, yaitu:

  • Menjangkau lebih banyak audiens yang ditargetkan.
  • Meningkatkan loyalitas brand.
  • Suatu brand memiliki kesempatan untuk lebih berkembang dengan menemukan pasar baru dan memperkenalkannya secara global.
  • Menciptakan citra brand dan memudahkan interaksi langsung dengan para konsumen secara terbuka.
  • Memungkinkan para pemilik bisnis untuk membuat kampanye yang menarik dan memperoleh social currency yang kemudian diteruskan dari pengguna ke pengguna dan menjadi viral.
  • Menawarkan kemudahan evaluasi data konversi dari strategi-strategi yang telah diterapkan.
  • Biaya digital marketing relatif lebih murah daripada cara tradisional.

Perlu diketahui bahwa tidak semua digital marketing berhasil diterapkan. Hal-hal yang mungkin terjadi dan menjadi tantangannya, yaitu:

  • Pelaku bisnis mungkin mengalami kesulitan untuk memulai atau menemukan channel yang tepat untuk digital marketing
  • Menjadi lebih sulit untuk menarik perhatian audiens karena semakin banyak iklan pesaing.
  • Merasa sulit untuk menganalisis kumpulan besar data yang didapat dan kemudian mengeksploitasi informasi tersebut dalam upaya marketing

Sumber:

https://www.dreambox.id/blog/digital-marketing/yang-harus-dipersiapkan-sebelum-menjalankan-bisnis-digital-marketing/

https://www.investopedia.com/terms/d/digital-marketing.asp#toc-types-of-digital-marketing-channels

https://www.oracle.com/ke/cx/marketing/digital-marketing/#digital-marketing-channels

Layla Nurul Af'idati

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031