School of Information Systems

User Interface, User Experience, dan Usability dalam Knowledge Management (Part 1)

User Interface merupakan titik masuk ke basis pengetahuan yang menyediakan navigasi, pencarian, komunikasi, bantuan, berita, indeks situs, peta situs, dan tautan ke semua alat Untuk memudahkan pengguna mengakses komponen orang, proses, dan teknologi yang ditawarkan oleh program KM Anda, sediakan situs intranet atau portal dengan tautan yang jelas ke sumber daya yang tersedia. Memungkinkan pengguna dengan cepat menavigasi ke situs yang sesuai berdasarkan peran mereka, tahap proses bisnis, dan persyaratan saat ini.

Prinsip-prinsip kegunaan yang baik harus dimasukkan ke dalam antarmuka pengguna. Berikut adalah beberapa saran khusus untuk melakukannya.

  1. Pertahankan ukuran halaman beranda menjadi satu halaman tanpa perlu menggulir horizontal atau vertikal. Halaman harus dimuat dengan cepat, menarik secara visual, dan sesederhana mungkin.
  2. Berikan tautan langsung ke situs yang paling penting sehingga banyak klik melalui situs perantara tidak diperlukan. Jangan membuat pengguna mengunjungi beberapa situs untuk mendapatkan yang mereka butuhkan.
  3. Hapus semua informasi statis seperti pernyataan misi sehingga hanya berita dinamis dan tautan bermanfaat yang muncul. Menekankan praktis daripada konten politik.
  4. Hindari membanjiri pengguna dengan menu link yang panjang yang muncul di halaman. Sediakan menu tarik-turun bersarang di bilah navigasi horizontal yang direplikasi pada setiap halaman dalam situs.
  5. Pada setiap halaman dalam situs, sertakan elemen standar di lokasi yang sama. Ini termasuk spanduk standar, footer, dan bilah navigasi. Spanduk harus menyertakan kotak pencarian, kotak pencarian orang, dan satu atau dua tautan dan kotak penting lainnya yang sering digunakan sehingga termasuk dalam spanduk. Footer harus menyertakan tanggal terakhir diubah, pemilik halaman, dan tautan untuk umpan balik dan dukungan. Elemen navigasi standar mencakup bilah navigasi horizontal dengan menu tarik-turun dan remah roti yang menunjukkan di mana Anda berada dalam hierarki web dan memungkinkan navigasi langsung ke tingkat yang lebih tinggi dalam hierarki.
  6. Menawarkan navigasi faceted, browsing, dan mencari untuk memandu pengguna berdasarkan taksonomi standar. Lihat Penggunaan Klasifikasi Segi oleh Heidi Adkisson dan Implementasi Antarmuka Pengguna dari Penjelajahan Segi oleh Mike Padilla untuk informasi lebih lanjut.
  7. Gunakan peta situs untuk menampilkan keseluruhan struktur web dan semua halaman yang tersedia dalam satu tampilan. Lihat Kegunaan Peta Situs oleh Jakob Nielsen untuk tip desain.
  8. Berikan indeks untuk memungkinkan pengguna mencari topik yang diinginkan menurut abjad. Sertakan sinonim seperti dalam tesaurus sehingga terlepas dari istilah mana yang dipilih pengguna, mereka akan dipandu ke tempat yang tepat. Misalnya, di bawah bagian B, Anda dapat menyertakan “Papan Buletin — lihat Diskusi Berulir.”
  9. Buat ikon unik untuk setiap sumber daya, dan gunakan untuk memberi merek pada situs terkait. Simpan semua ikon ini dalam tabel, dan setiap hari, tampilkan salah satunya di usia asal dengan tautan ke situs terkait. Ini akan berfungsi sebagai pengingat kepada pengguna tentang keberadaan sumber daya, menarik mereka melalui ikon, dan mengarahkan mereka ke situs.
  10. Sertakan tautan ke 10 situs teratas yang paling banyak dikunjungi, dokumen yang paling banyak diunduh, dan konten yang paling banyak dicari. Ini dapat diperbarui secara otomatis atau melalui proses penyegaran bulanan berdasarkan statistik web dalam laporan penggunaan bulanan.
  11. Sediakan sebagian halaman untuk mengenali orang-orang yang menunjukkan perilaku berbagi pengetahuan yang diinginkan. Ini bisa berupa daftar sepuluh pemegang poin insentif teratas, foto anggota komunitas yang aktif, atau kisah sukses para praktisi.
  12. Sertakan beberapa item berita, dan berikan tautan untuk berlangganan notifikasi, komunikasi, blog, podcast, dan video. Jaga agar berita tetap segar, dan arsipkan item secara teratur. Posting tautan ke edisi terbaru dari buletin yang relevan.
  13. Menampilkan tautan ke pelatihan, dokumentasi, bantuan, dan dukungan dengan jelas. Jika Anda menawarkan meja bantuan pengetahuan, rancang logo yang menarik untuk itu dan tampilkan tautan itu di semua halaman.
  14. Sertakan metrik utama terbaru, dan tautan ke laporan yang lebih detail. Bandingkan hasil aktual dengan target untuk merayakan kemajuan dan mengingatkan pengguna tentang tujuan yang masih harus dicapai.
  15. Buat Peta Pengetahuan yang menyertakan sumber daya utama dengan ikon untuk masing-masing sumber daya, deskripsinya, dan tautan ke masing-masing sumber daya tersebut. Petakan sumber daya ini ke peran pengguna yang berbeda, tahapan proses bisnis, dan persyaratan pengetahuan. Ini harus menjawab pertanyaan “ke mana saya pergi jika saya memainkan peran X, saya di tahap Y, dan membutuhkan Z.” Misalnya, saya seorang pengembang perangkat lunak, saya sedang menguji kode perangkat lunak, dan saya memerlukan rangkaian pengujian standar. Peta Pengetahuan harus memungkinkan pengguna dengan cepat membidik rangkaian kondisi ini dan menautkan ke komponen pengetahuan yang diperlukan.
Nuril Kusumawardani

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031