School of Information Systems

Desain Pengalaman Pengguna (User Experience) untuk Mobile (Part 1)

Pengguna seluler dan penggunaan seluler semakin meningkat. Dengan semakin banyak pengguna melakukan lebih banyak di seluler, sorotannya adalah pada cara meningkatkan elemen individual yang bersama-sama menciptakan pengalaman pengguna seluler. Mobile User Experience mencakup persepsi dan perasaan pengguna sebelum, selama, dan setelah interaksi mereka dengan kehadiran perangkat seluler,baik melalui browser atau aplikasi — menggunakan perangkat seluler yang dapat terletak di mana saja pada rangkaian dari ponsel berfitur kelas bawah hingga kelas atas.

Apa itu Desain Pengalaman Pengguna Seluler (UX)?

Desain UX Seluler adalah desain pengalaman pengguna untuk perangkat genggam dan perangkat yang dapat dikenakan. Desainer membuat solusi (biasanya aplikasi) untuk memenuhi persyaratan dan batasan unik pengguna seluler. Desainer berfokus pada aksesibilitas, kemampuan untuk ditemukan, dan efisiensi untuk mengoptimalkan pengalaman interaktif saat bepergian.

Menciptakan pengalaman pengguna perangkat seluler yang menyenangkan pengguna memaksa para desainer untuk memikirkan kembali banyak hal yang selama ini dianggap remeh dengan desain desktop. Ini rumit sebagian oleh pertimbangan khusus seluler yang berjalan seiring dengan layar kecil, variasi fitur perangkat yang luas, kendala dalam penggunaan dan konektivitas, dan konteks seluler yang sulit diidentifikasi tetapi selalu berubah.

Membedah pengalaman pengguna seluler ke dalam komponen utamanya memberi kerangka kerja konseptual untuk membangun dan mengevaluasi pengalaman perangkat seluler yang baik, dalam konteks pendekatan yang berpusat pada pengguna untuk mendesain untuk seluler. Komponen-komponen ini membentuk pengalaman pengguna seluler — termasuk fungsionalitas, konteks, input pengguna, konten, dan pemasaran, antara lain.

Melayani Pengguna yang Bergerak (Moving)

Pentingnya desain UX seluler tumbuh secara dramatis pada tahun 2014. Desainer telah menargetkan pengguna desktop sebagai arus utama, tetapi pengguna seluler tiba-tiba menjadi mayoritas online. Pengguna ini memiliki kebutuhan unik. Mereka tidak memiliki pengalaman desktop mini atau keuntungan apa pun yang dinikmati pengguna desktop. Jadi, kita harus membuat desain di mana kita memanfaatkan layar yang lebih kecil sebaik mungkin dan memenuhi keterbatasan fisik manusia seperti ukuran ujung jari. Kami juga menyesuaikan pengalaman agar sesuai dengan lingkungan seluler. Rentang perhatian pendek di UX seluler. Pengguna menginginkan hasil yang cepat, dengan sedikit usaha dan tanpa gesekan. Mereka sering terganggu. Kehilangan sinyal dan daya sering menjadi kekhawatiran. Pengguna ini sering berjalan sambil membolak-balik perangkat dalam pengaturan yang berpotensi berbahaya – misalnya, untuk menjelaskan bahwa mereka akan terlambat bekerja dari stasiun kereta. Biasanya, pengguna seluler menemukan diri mereka dalam tiga skenario:

  • Microtasking – mereka menggunakan perangkat secara singkat dan intens – misalnya, untuk membeli tiket.
  • Lokal – mereka menggunakan perangkat untuk melihat apa yang terjadi di sekitar mereka.
  • Bosan – misalnya, mereka menjelajahi tautan umpan berita sambil menunggu.

Cara Merampingkan Pengalaman untuk Pengguna Saat Dalam Perjalanan

Saat mendesain untuk seluler, kita harus terlebih dahulu memutuskan apakah akan membuat satu desain yang menyesuaikan untuk semua perangkat atau beberapa versi yang dibuat khusus untuk layar dengan berbagai ukuran. Tipe pertama adalah desain responsif. Yang kedua adalah desain adaptif. Kita biasanya mendesain untuk perangkat terkecil, bekerja ke atas (smartphone ke tablet, dll.). Kita harus mengikuti standar web (W3C) dan mendukung sebanyak mungkin jenis browser. Penting untuk fokus pada konteks, kenyamanan, keringkasan, dan konsistensi. Kita harus menggunakan pendekatan less-is-more. Jadiperlu untuk memilih dengan cermat fitur mana yang penting. Kemudian, kita harus memutuskan bagaimana menyajikannya dengan sebaik-baiknya. Dalam situasi apa pun, pengguna harus dapat dengan cepat menemukan apa yang mereka inginkan, dan itu termasuk jaminan bahwa brand kita adalah apa yang mereka harapkan.

Nuril Kusumawardani

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031