School of Information Systems

Implementasi ERP di Mayo Clinic Part 3

Pembelajaran Multi-Arah

Seperti dalam sebagian besar proses perbaikan berkelanjutan, ada manfaat dan pelajaran yang tidak dapat diantisipasi. Ini termasuk perubahan budaya, masalah proses, kebutuhan TI, dan tantangan pengukuran manajemen, serta peluang untuk berinovasi dan menyesuaikan ERP dengan kondisi lokal. Klinik Billings di Billings, Montana, misalnya, memimpin posisi navigator perawat selama program ini untuk memberikan informasi dan dukungan yang konsisten kepada pasien dari pra-operasi hingga pasca-operasi. Tim didorong untuk berbagi inovasi lokal ini saat sedang menjalani prosesnya, sehingga merkeka dapat belajar dari satu sama lain dan merayakan kesuksesan.

Pembelajaran peer-to-peer sangat penting, karena situs Mayo Clinic Care Network memiliki lebih banyak kesamaan satu sama lain dibandingkan dengan Mayo Clinic. Seorang perawat di Pensacola, Florida, dapat berbagi pengalaman yang lebih relevan dengan anggota tim di Coeur d’Alene daripada pengalaman di rumah sakit yang jauh lebih besar seperti Mayo Clinic Hospital di Rochester. Banyak tim dengan cepat menggunakan pelajaran yang didapat dari proses ERP dalam spesialisasi lain di pusat medis mereka, seperti pengurangan opioid.

Pada akhir proses, jelas bahwa pembelajaran telah multi arah. Tim di situs Mayo Clinic Care Network belajar dari Mayo Clinic tetapi juga memperoleh wawasan penting dari satu sama lain, dan ini juga berlaku untuk staf Mayo Clinic. Hasilnya nyata, terukur, dan direplikasi di area dan institusi bedah lainnya. Cara Mayo Clinic mencapai ini mungkin menawarkan jalan bagi orang lain untuk mengikutinya.

 

Situasi Terkini Terkait dengan Impelementasi ERP di Mayo Clinic

Mayo Clinic bekerja sama dengan Oracle Cloud untuk mengimplementasikan perangkat lunak untuk membantu memenuhi visi delapan tahunnya. Nirlaba perawatan kesehatan akan menggunakan Oracle Fusion Cloud Applications Suite dan Oracle Fusion Analytics untuk “menguatkan proses bisnisnya,” menurut Oracle bulan lalu. Perangkat lunak Oracle Cloud akan mendukung “Path to 2030” Mayo Clinic, sebuah strategi untuk “menyembuhkan, menghubungkan, dan mengubah perawatan kesehatan”, dengan meningkatkan pengalaman layanan administrasi dan fungsi penskalaan serta analisis bisnis untuk mendukung pertumbuhan globalnya.

Mayo Clinic “berkomitmen untuk berinovasi” dalam praktik klinis, penelitian, dan pendidikan serta mengadopsi teknologi baru. Organisasi nirlaba tersebut memilih Oracle Cloud karena kemampuannya untuk memberikan “solusi lengkap pada satu platform administratif.” Mayo Clinic akan menggunakan Oracle Fusion Cloud Applications untuk perencanaan sumber daya perusahaan (ERP), manajemen rantai pasokan, dan SDM.

Dengan aplikasi Oracle Cloud, dan PwC sebagai mitra implementasinya, Mayo Clinic berharap untuk mendapatkan “pandangan lengkap” tentang keuangannya, mengoptimalkan perencanaan dan perkiraan keuangan, menyederhanakan pengadaan dan manajemen rantai pasokan, memodernisasi proses SDM, dan meningkatkan pengalaman karyawan. Dengan Oracle Fusion Analytics, Mayo Clinic berencana untuk memproses data yang relevan, mengakses wawasan yang dapat ditindaklanjuti, dan mengevaluasi prediksi untuk membuat keputusan bisnis yang tepat waktu.

 

Profil Mayo Clinic

Mayo Clinic merupakan organisasi kesehatan nonprofit terbesar di Amerika Serikat yang telah beroperasi lebih dari 100 tahun. Organisasi ini mengelola rumah sakit swasta terbesar di Amerika yang beroperasi di Rochester-Minnesota, Jacksonville-Florida dan Scottdale-Arizona. Tiap tahun rumah sakit ini melayani lebih dari 1 juta pasien yang datang dari sekitar 140 negara di seluruh dunia. Rumah sakit ini diperkuat oleh lebih dari 3.000 dokter spesialis, 150 di antaranya merupakan subspesialis di bidang kardiologi.

Reference:

https://hbr.org/2019/10/how-mayo-clinic-got-buy-in-for-a-plan-to-reduce-hospital-stays

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-1670292/tak-perlu-ke-as-untuk-konsultasi-dengan-dokter-mayo-clinic

https://www.datamation.com/applications/mayo-clinic-taps-oracle-cloud-business-process-software/

Nuril Kusumawardani