School of Information Systems

Biaya Relevan

Di abad 21 ini, perusahaan umumnya harus selalu bersaing dengan pesaingnya dengan banyaknya produk baru yang selalu muncul di pasaran. Perusahaan dituntut untuk beradaptasi terhadap perkembangan pasar, yang menjadikan manajer selalu dihadapkan oleh pengambilan keputusan agar perusahaan tidak tertinggal dari pesaingnya dan sesuai dengan perkembangan produk di pasaran. Pengambilan keputusan merupakan salah satu fungsi manajemen yang paling penting didalam semua organisasi, baik organisasi kecil maupun organisasi yang besar. Pengambilan keputusan dibagi menjadi dua, yaitu:

  1. Pengambilan keputusan jangka pendek, merupakan pengambilan keputusan yang dilakukan manajer jika terjadi kondisi khusus dan hasilnya tidak terlalu berpengaruh terhadap kondisi
  2. Pengambilan keputusan jangka panjang, merupakan pangambilan keputusan yang dilakukan manajer dan akan berpengaruh besar terhadap kondisi perusahaan di masa

Dalam proses pengambilan keputusan, biaya dan manfaat dari suatu alternatif harus dibandingkan dengan biaya dan manfaat dari alternatif lain. Pengambilan keputusan dapat dikatakan benar dan tepat apabila dapat dipertanggungjawabkan. Garrison Norren (2016) mendefinisikan relevant cost sebagai berikut:

“Relevant cost merupakan biaya yang diharapkan pada masa mendatang  yang berbeda diantara berbagai alternatif yang tersedia.”

Dalam pengertian yang lebih luas, biaya relevan mencangkup perubahan beban maupun pendapatan yang akan mempengaruhi keputusan manajer. Oleh karena itu, data-data histori tidak mempunyai pengaruh langsung dengan keputusan. Data histori dapat membantu didalam merumuskan ramalan tapi angka-angka tersebut sama sekali tidak relevan dengan keputusan itu sendiri sehingga tidak dapat digunakan untuk manajer dalam membuat keputusan.  Sehingga dapat dikatakan bahwa data histori tidak relevan dengan keputusan yang akan dibuat dimasa mendatang. Biaya yang tidak relevan adalah sebagai berikut:

  1. Sunk Cost, yaitu biaya yang dikeluarkan dalam periode akuntansi sebelumnya yang tidak dapat diubah lagi. Contoh sunk cost adalah nilai buku perlengkapan
  2. Future cost, atau biaya masa mendatang yang tidak berbeda di antara alternatif-alternatif yang tersedia.

Sedangkan biaya yang dianggap sebagai relevant cost adalah:

  1. Biaya tersebut mestilah berbeda pada waktu dilakukan perbandingan- perbandingan pilihan
  2. Biaya tersebut mestilah bernilai kini (current) atau masa yang akan

Biaya relevan dijadikan sebagai dasar untuk pengambilan keputusan, beberapa contoh pengambilan keputusan terkait biaya relevan, antara lain: make or buy (apakah perusahaan akan memproduksi sendiri atau membeli dari pihak luar), accept or reject special price (apakah perusahaan akan menerima spesial harga atau menolaknya), sell or process further (apakah perusahaan akan menjual langsung atau memproses lebih lanjut), retain or replace fixed asset (apakah perusahaan akan mempertahankan aktiva tetap seperti mesin atau kah mengganti dengan mesin baru), menghentikan divisi yang kurang merugi atau mempertahankannya.

Anderes Gui