School of Information Systems

Big Data: Mengembangkan Bakat Pengambilan Keputusan

Mu Sigma, perusahaan terbesar ilmu keputusan di dunia, mengambil banyak pendekatan yang berbeda untuk memperoleh bakat. Sementara perusahaan lain berjuang untuk menemukan, merekrut, dan mempertahankan bakat, Mu Sigma menciptakan sebuah universitas yang memakai bisnis mereka secara keseluruhan dengan bakat yang mereka butuhkan. Bakat analitis yang harus “diciptakan” oleh perusahaan tidak dapat “diperoleh” dari luar, karena mereka tidak ada dalam kelimpahan di pasar. Dhiraj Rajaram, CEO Mu Sigma, menjelaskan:

“Kami mewawancarai Ph.D. dalam matematika terapan, jurusan bisnis dengan pengalaman bertahun-tahun di daerah domain yang spesifik, teknologi dengan tahun pengalaman dalam berbagai bidang teknis. Tapi entah kenapa, tidak banyak bisa internalisasi visi yang kami miliki untuk industri dan untuk Mu Sigma. keyakinan kita yang sangat berbeda dari negara industri pada waktu itu. Setelah banyak usaha, kami mengangkat tangan anggota tim awal kami. Ini anggota awal telah memainkan peran utama dalam mengambil kita dari kecil start-up dengan 2.000 orang organisasi yang kuat bahwa hidup dan ilmu keputusan bernapas setiap hari.”

Membangun sebuah organisasi analitis yang kuat yang difokuskan pada membantu orang membuat lebih baik, lebih cepat, keputusan berdasarkan data, tidak akan mungkin terjadi tanpa pandangan holistik ilmu keputusan. Salah satu pembelajaran kunci yang kami punya di hari-hari awal Mu Sigma adalah bahwa analisis telah dibuat menjadi sebuah ilmu gaib [pengetahuan tersembunyi] di pasar dan kami harus istirahat pertama bahwa mitos jika kita ingin membangun sebuah industri yang akan membuat data-driven pengambilan keputusan lumrah dalam organisasi apapun.

Hal itu dianggap sebagai ilmu gaib, adopsi analisis untuk pengambilan keputusan sehari-hari dalam organisasi akan terbatas. Jika kita menambahkan bahwa masalah kenaikan eksponensial dalam data, akan menjadi jelas bagi kita bahwa visi kami untuk analisis melembagakan tidak akan terpenuhi jika kita tidak membuat pandangan holistik analisis, mencari cara untuk “membuat” bakat analitis, berpikir tentang konsumsi analisis, mengembangkan proses yang akan terukur dan berkelanjutan, dan berinovasi sepanjang jalan seperti yang kita mencapai tonggak baru dalam perjalanan kita untuk membangun industri ini.

Mereka membangun program Mu Sigma University untuk menciptakan bakat analitis dengan peran tertentu untuk memastikan keberhasilan proyek-proyek analitik.

Pendidikan Analisis telah dimulai dan akan terus berkembang menjadi pasar yang lebih formal di masa depan. University of Ottawa, North Carolina State University, dan Universitas DePaul sudah mulai menawarkan program gelar formal dalam analisis. Sebagai perusahaan yang memulai analisis pengaruh yang lebih dan lebih, mereka akan menyadari kebutuhan untuk menciptakan dan mengembangkan bakat di ruang ini, memberikan dukungan kepada perguruan tinggi untuk membangun program gelar formal dalam analisis. Organisasi yang matang akan menambah pendidikan formal dengan program analisis perusahaan mereka sendiri. Hal ini akan membawa pengetahuan domain dan konteks bisnis untuk secara efektif menggunakan analisis dalam organisasi mereka.

Salah satu kekurangan dari analisis program pendidikan adalah bahwa mereka cenderung hanya fokus pada teknik analisis, aplikasi, teknologi, dan data; dasarnya, aspek ilmu data keputusan. Idealnya, program pendidikan yang lebih holistik harus mengakui imperatif kunci dan tantangan untuk membuat ilmu keputusan sukses dalam konteks organisasi, dan akan membuat program untuk peran yang berbeda yang datang bersama-sama untuk memungkinkan pengambilan keputusan berbasis data.

Pengambilan keputusan berbasis data adalah sebuah perjalanan dan tanpa bakat tepat di seberang tingkat organisasi, manfaat ilmu keputusan tidak dapat benar-benar terwujud. Kami percaya bahwa pendidikan ilmu keputusan adalah dalam tahap baru lahir dan perlu berevolusi untuk pendekatan holistik untuk membuat apa yang tepat pada bakatnya. Apa yang dibutuhkan adalah pendekatan interdisipliner yang menggambar berdirinya dari matematika, bisnis, teknologi, dan ilmu perilaku.

Evaristus Didik Madyatmadja