School of Information Systems

Mengenal Mixed Reality

            Perkembangan teknologi yang berkembang semakin pesat membuat banyak sekali perubahan di lingkungan kita. Sudah banyak contoh rancangan-rancangan yang memang sengaja diciptakan untuk memudahkan manusia dalam pekerjaan mereka dan salah satunya adalah Mixed Reality.

            Mixed reality (MR) adalah lingkungan pengguna di mana realitas fisik dan konten digital digabungkan dengan cara yang memungkinkan interaksi dengan dan di antara dunia nyata dan objek virtual. Tidak seperti Virtual Reality (VR) yang membenamkan pengguna akhir dalam lingkungan yang sepenuhnya digital, atau Augmented Reality (AR) yang melapisi konten digital di atas lingkungan fisik, Mixed reality memadukan pengaturan dunia digital dan dunia nyata. Mixed reality kadang-kadang dianggap sebagai jenis Augmented Reality (AR), tetapi kapasitasnya untuk interaktivitas antara dunia nyata dan elemen digital menempatkannya lebih jauh di sepanjang kontinum virtualitas, yang memiliki realitas fisik di satu ekstrem dan realitas virtual imersif di sisi lain.

Teknologi Mixed Reality Meliputi:

  • Environmental understanding: Kemampuan untuk memetakan ruang dan menempatkan informasi ke dalam ruang tersebut dengan cara menggabungkan konten dunia maya dan dunia nyata.
  • Human understanding: Teknologi MR diaktifkan oleh sensor dan kamera, yang melacak gerakan, ucapan, dan input dari pengguna manusia.
  • Spatial sound: Pengalaman audio 360 derajat yang dirancang untuk membuat pengalaman digital terasa lebih mendalam dan realistis.
  • Locations and positioning: Kemampuan teknologi Extended Reality (XR) untuk memahami posisinya sendiri dan posisi pengguna pada saat tertentu.
  • 3D assets: Konten tiga dimensi sepenuhnya yang dapat diakses di dunia nyata. Seringkali, aset ini disebut sebagai “hologram“.

Manfaat Mixed Reality

Pemrograman Mixed Reality memungkinkan objek digital untuk berinteraksi dengan lingkungan fisik dan orang-orang untuk berinteraksi dengan elemen virtual yang seolah-olah nyata. Singkatnya, prinsip dasar dari mixed reality adalah dapat meningkatkan setiap aspek dunia kita.

Dengan Mixed Reality, kita dapat:

  • Berinovasi lebih cepat: Tim konstruksi dan desain dapat menggunakan realitas campuran untuk dengan mudah membuat produk digital twins dan mengeksplorasi ide-ide kreatif dengan lebih sedikit waktu dan biaya. Dengan MR, Anda dapat dengan mudah bereksperimen dengan berbagai bahan dan ide dalam hitungan detik.
  • Berkolaborasi: Bayangkan Anda dapat membangun versi holografik dari mobil baru bersama dengan rekan kerja di dalam ruang digital yang sama, walau terpisah jarak yang sangat jauh di dunia fisik. Mixed Reality memungkinkan terciptanya pengalaman kolaboratif yang lebih mendalam.
  • Dukungan kerja: Berbicara tentang kolaborasi, kamera pada headset mixed reality dapat mengirimkan konten ke rekan kerja secara real-time, sehingga spesialis dapat menambahkan keterangan tentang apa yang mereka lihat (seperti gambar mesin di depan karyawan lain) dan memberikan panduan secara real-time.
  • Meningkatkan pelatihan: Mixed Reality (MR) memiliki potensi luar biasa sebagai alat pelatihan dan pengembangan. Dengan realitas campuran, perusahaan dapat menciptakan pengalaman pelatihan yang mendalam bagi karyawan di semua lingkungan. Ini tidak hanya membantu membangun otot memori, tetapi juga dapat mengurangi risiko kecelakaan hingga kematian yang sering kali disebabkan oleh lingkungan di tempat pelatihan kerja.

Referensi:

https://www.xrtoday.com/mixed-reality/how-does-mixed-reality-work/

https://glints.com/id/lowongan/mixed-reality-adalah/#.YrUr6XZBy00

https://www.techtarget.com/whatis/definition/mixed-reality

Muhammad Thaha Rizieq Hentihu