School of Information Systems

Pemanfaatan Sistem Penyimpanan Cloud Untuk Bidang Pendidikan

Perkembangan jaman memberikan dampak besar terutama pada bidang teknologi. Pada jaman sebelum era globalisasi, banyak kegiatan yang manusia pikirkan tidak mungkin terjadi namun kenyataan nya sudah terjadi pada saat era sekarang. Contoh, pada jaman dahulu menyimpan data atau informasi sangatlah susah dan orang pada jaman itu berfikir bahwa tidak mungkin dapat menyimpan suatu data tanpa dituliskan keluar berbentuk tulisan fisik. Namun kenyataan nya, manusia dapat mengembangkan teknologi mulai dari penyimpanan yang sangat kecil namun fisiknya sangat besar hingga kini ada penyimpanan yang bahkan tidak terlihat rupanya atau fisiknya yaitu Cloud Storage. Di dunia ini data sangatlah banyak sehingga dibutuhkan penyimpanan yang lebih luas lagi seiring berjalan nya waktu. Cloud Storage merupakan suatu metafora dari internet yang dimana Cloud Storage merupakan salah satu media penyimpanan yang berada dalam jaringan komputer.

Cloud Storage memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan penyimpanan data tradisional. Berikut kelebihan Cloud Storage: – Dapat diakses kapan saja dan dimana saja. – Dapat dihubungkan atau diintegrasikan dengan banyak perangkat bahwa dalam 1 waktu. – Terdapat fitur file sharing. File sharing yang dimaksud adalah fitur ini dapat membuat pengguna nya mudah untuk berbagi data dengan siapapun. – Tingkat keamanan cloud storage yang baik. Menurut penelitian terhadap 79 responden pengguna internet, 84,8% responden merupakan pengguna Cloud Storage (Journal “Awareness Penggunaan dan Pemanfaatan Public Cloud Storage di Indonesia” oleh David Sundoro, Universitas Matana). Menurut penelitian nya, keamaanan dari cloud storage merupakan hal yang paling diprioritaskan dari para pengguna cloud storage. Dari penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa masyarakat di Indonesia sudah cukup aware dengan cloud storage ini. Penggunaan Cloud Storage ini sangatlah banyak.

Cloud storage memberikan dampak baik serta sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu pemanfaatan nya adalah pada dunia pendidikan. Sekarang ini pendidikan bukan hanya dapat didapatkan jika murid masuk ke sekolah. Namun, pendidikan dapat didapat juga dari internet atau disebut dengan e-learning. E-learning adalah sebuah sistem yang dimana pembelajaran memanfaatkan teknologi (bisa berbentuk website, aplikasi dsb). Dalam sistem ini atau server e-learning memiliki kendala pada sistem penyimpanan yang besar sehingga akan memakan biaya yang sangat tinggi dikarenakan penyimpanan data ini sehingga pada akhirnya e-learning tidak dapat berjalan atau berproses maksimal. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk menanggulangi masalah penyimpanan yang besar dapat dirancang dan dibangun dengan menggunakan model incremental yang dimana model ini merupakan model yang sederhana yang terbentuk dari beberapa tahapan yaitu, requirement, spesification, architectur design, code dan test.

Cloud storage akan terbentuk dengan melalui 4 tahapan: dilakukan pengecekan kesediaan sumber daya, pengecekan ketersediaan gambar, running instance dan terminate instance. Cloud storage baik private ataupun public merupakan inovasi yang sangat baik dan membawa dampak sangat baik diberbagai bidang bukan hanya di pendidikan. Dengan memanfaatkan cloud storage dengan baik maka akan sangat membantu dalam setiap bidang.

Referensi:

PEMANFAATAN PRIVATE CLOUD STORAGE SEBAGAI MEDIA PENYIMPANAN DATA E-LEARNING PADA LEMBAGA PENDIDIKAN | Santiko | JURNAL TEKNIK INFORMATIKA (uinjkt.ac.id)

View of Awareness Penggunaan dan Pemanfaatan Public Cloud Storage di Indonesia (ikado.ac.id)

Shinta Putri, Edi Purnomo Putra

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031