School of Information Systems

Proteksi Gadget untuk Bisnis secara Mandiri

Tentunya kita pernah mendapatkan sebuah ancaman dalam sistem komputer atau smartphone dalam sebuah virus/malware yang mengganggu, hal ini merupakan sebuah ancaman yang cukup besar dalam kegiatan dunia maya. Oleh karena itu sebaiknya kita dapat membentengi dan melindungi data-data dalam gadget kita sehingga tidak ada ancaman seperti ini yang dapat masuk ke dalam sistem. Pada kasus bisnis online, dimana zaman sekarang sudah hampir semua orang melakukan kegiatan e-bisnis yang dipercepat dengan adanya pandemi covid-19 ternyata juga memiliki resiko kerusakan data yang jauh lebih besar dampaknya dibandingan dengan  data pribadi karena bisnis kita adalah sumber penghasilan kita juga. Dengan demikian, mari kita bahas apa saja mengenai keamanan sistem digital demi keamanan bisnis kita.

Sebelum kita masuk kepada beberapa pembahasan mengenai cara mengamankan sistem informasi pada bisnis kita, kita harus dapat mengklasifikasikan beberapa hal tentang data-data yang dimiliki. Tipe data yang paling umum dan penting pada bisnis adalah database, dimana database memiliki informasi tentang informasi bisnis, keuangan, data login, dan data-data mengenai konsumen. Selain daripada database, kita juga memiliki sebuah operating system dimana operating system tersebut berupa platform untuk menyimpan dan mengakses database. Operating system adalah pintu dimana ancaman siber dimana 90% kesalahannya terletak pada pengguna sistem itu sendiri, baik berupa kelalaian ataupun ketidaktahuan tentang pengoperasian yang baik dan aman. Terdapat juga yang terakhir adalah hardware, biasanya hardware ini hanya memiliki ancaman dari dunia nyata seperti kerusakan fisik, overheating, pencurian, dan ancaman lainnya.

Kita dapat mengamankan data-data bisnis kita dengan cara fundamental yaitu kita harus berhati-hati dan teliti terhadap penggunaan sistem dimana terdapat database bisnis. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan seperti :

  • Memisahkan penggunaan sistem bisnis dengan pribadi

Pemisahan penggunaan yang dimaksud adalah kita sebisa mungkin tidak menggunakan sistem operasi yang digunakan untuk aktivitas bisnis bersamaan dengan penggunaan pribadi. Dengan cara ini, kita dapat mengurangi paparan sistem bisnis dengan drastis terhadap virus, ransomware, carding, dan lainnya.

  • Menggunakan sistem cloud backup

Cloud backup adalah produk informasi sistem yang mulai terkenal pada sekitar tahun 2015 dimana kita dapat secara otomatis melakukan backup data kita. Beberapa cloud backup yang paling umum tersedia diantara lain ada Google Drive, Onedrive, Dropbox, dan lain-lain. Dengan kita melakukan backup ini, apabila sistem kita terserang maka kita dapat tenang karena data kita juga telah tersimpan secara aman di sistem cloud.

  • Memastikan komponen hardware berkualitas dan aman

Kerusakan hardware juga merupakan salah satu ancaman dalam sistem informasi bisnis, dimana kerusakan hardware tak hanya membuat data kita hilang juga harus mengeluarkan biaya lebih untuk membeli kembali hardware yang rusak.

Mengamankan sistem dan data bisnis kita merupakan hal yang sangat penting. Oleh sebab itu, mari kita dapat belajar untuk menjaga dan mengolah sistem bisnis kita dengan baik dan bijak sebab lebih baik mencegah daripada mengobati. Perlu juga kita melihat kemampuan baik dari segi pengetahuan maupun keuangan, dimana ketika kita ingin menyimpan informasi yang banyak dan sensitif namun kita belum dapat memenuhi syarat untuk melindungi informasi tersebut lebih baik tidak dilakukan terlebih dahulu karena kegagalan dalam hal ini dapat berakibat fatal.

 

Sumber referensi :

  • https://www.entrepreneur.com/article/219954
  • https://www.cio.com/article/238211/best-practices-in-hardware-asset-management.html
Steven Chong, Marisa Karsen