School of Information Systems

Data Analytic untuk Sepakbola

Dalam hal teknologi,apalagi jika sedang membahas tentang olahraga,Negara Amerika Serikat lah yang menjadi ahlinya.Meskipun AS tidak memiliki liga sepak bola semenarik liga pada Negara Inggris atau pada Negara Eropa namun AS memiliki liga yang disebut MLS.MLS ini merupakan liga sepak bola milik AS yang menggunakan teknologi data analitik yang paling canggih.

Mereka menggunakan sebuah sistem disebut dengan “K2 Panoramic Video”.Sistem ini dapat melakukan pelacakan pergerakan pemain serta melakukan analisis teknik yang digunakan para pemain.Dalam pengambilan gambar atau video,MLS memasang banyak kamera diberbagai sudut dalam suatu stadion,hal ini dilakukan agar pengambilan data dari video nantinya akan lebih akurat.Dengan begitu,MLS dapat melacak posisi para pemain setiap menit dalam setiap pertandingan.Selain itu,mereka juga menggunakan software ini untuk mencari,melacak,dan menganalisis data serta video.

Ada tiga kamera yang mereka gunakan,kamera-kamera ini  dapat merekam dan menghasilkan video dengan resolusi yang sangat tinggi yang meliputi seluruh bagian lapangan.Software ini dapat melacak 22 pemain ditambah dengan para wasit dengan sangat akurat.Data yang dihasilkan tersebut kemudian akan dikumpulkan di fasilitas pengumpulan data yang pada akhirnya akan menghasilkan sebuah laporan serta analisis video dengan statistik yang mendalam.

Mereka masih menambahkan visualisasi dari software dengan sebutan TruView yang memungkinkan mereka untuk mendapatkan gambaran grafik yang dinamis dalam sebuah data video secara langsung dan interaktif. Contohnya yaitu sebagai berikut.

Dalam contoh diatas,jika kita menyentuh salah satu pemain dalam video tersebut,maka nama lengkap pemain dan nomor punggung pemain akan langsung muncul.Lalu,jika kita menyentuh empat pemain pada garis belakang,maka garis akan muncul pada lapangan di antara para pemain tersebut.

Dengan satu klikan,sebuah garis offside akan muncul dalam data video tersebut. Lalu dengan mengklik “Team Shape” kita dapat melihat apakah para pemain sedang kompak atau sedang tidak kompak pada suatu pertandingan.

Dalam kasus lain,Federasi Sepak Bola Jerman bekerja sama dengan sebuah perusahaan software bernama SAP,mereka mengembangkan sebuah aplikasi bernama “Match Insights”.Perbedaan aplikasi ini dengan aplikasi sebelumnya yang dimiliki oleh AS yaitu,aplikasi ini memiliki kelebihan pada hal data dapat dikonversi menjadi sebuah simulasi dan grafis.Kemudian data ini dapat dilihat menggunakan tablet maupun smartphone.Hal ini akan dapat memudahkan para pelatih serta para pemain untuk melakukan identifikasi terhadap situasi dan juga kemungkinan-kemungkinan apa saja yang dapat terjadi.Selain itu,para pelatih juga dapat menyesuaikan program latihan yang sesuai dengan cara bermain tim lawan.

Dalam hal untuk mendapatkan data video serta memonitor pergerakan para pemain di lapangan,mereka juga menggunakan kamera beresolusi tinggi.Data yang mereka peroleh akan diolah lagi sehingga dapat diperoleh laporan mengenai sejumlah pergerakan seperti, sentuhan, penguasaan bola, lama berlari di lapangan, kecepatan pergerakan, dan perubahan posisi pemain.Selain itu,aplikasi ini juga dapat mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh tim lawan serta dapat juga menganalisa bentuk pertahanan tim lawan. Contohnya adalah seperti berikut.

Selain dapat menganalisa taktik-taktik,aplikasi ini juga dapat membantu dalam menentukan pola makan para pemain,kondisi kesahatan para pemain,hingga pola latihan apa saja yang harus dilakukan para pemain untuk meningkatkan performa mereka di lapangan.

 

Referensi

https://www.panditfootball.com/sains-bola/159400/RDK/140716/software-yang-jadi-kunci-keberhasilan-taktik-jerman-di-piala-dunia

https://www.panditfootball.com/sains-bola/169495/DGA/150122/analisis-pertandingan-dengan-teknologi-paling-canggih-di-dunia

Kevin Surya Likadinata, Marisa Karsen