School of Information Systems

Cloud Computing

Cloud computing adalah pengiriman data atau sumber daya dalam bentuk data melalui internet seperti servers, storage, database, networking, software, analytics, dan inteligence untuk mempermudah dan mempercepat transfer data. Biasanya orang hanya membayar jasa cloud computing yang akan dia gunakan saja, misalkan hanya ingin menggunakan cloud storage, maka hanya membayar cloud storage saja, tidak perlu membayar yang lainnya yang membuat cloud computing sangatlah cost efficient. Banyak orang yang menggunakan cloud computing pada zaman teknologi yang perkembangannya pesat sekarang, contohnya adalah perusahaan layanan finansial menggunakan cloud computing untuk melakukan prevensi penipuan serta penanganan penipuan, video game developer untuk menyediakan server untuk berjuta-juta player di seluruh dunia, dll.

Mudahnya menggunakan cloud computing membuat cloud computing sangatlah flexible dan elastis. Jika suatu bisnis ingin melakukan startup, dengan cloud computing mereka bisa dengan mudah memulai startup dan membuat bisnisnya menjadi bisnis digital yang terus muncul seiring berjalannya waktu. Bisnis digital semakin banyak saat ini karena banyak faktor, Covid-19 memaksa semua bisnis untuk mencoba mengubah bisnisnya menjadi bisnis digital, kemudian bisnis digital sangatlah cost efficient, bisnis digital tidak diharuskan untuk memiliki toko offline, mungkin hanya membutuhkan storage warehouse, atau yang lainnya. Dengan begini ongkos sumber daya manusia, maintenace, sewa ,dll turun drastis.

Servers yang termasuk cloud computing sangatlah banyak digunakan pada zaman sekarang, contohnya adalah servers video game. Tidak mungkin game online setiap negara akan membangun server sendiri di tiap daerahnnya untuk dapat diakses worldwide, oleh karena itu servers digunakan jadi misalkan server dibangun di Amerika dan dengan menggunakan server tersebut yang termasuk dari cloud computing, orang dari Indonesia dapat mengakses game tersebut tanpa adanya server fisik yang berada di Indonesia. Tentu saja ada kekurangannya, jika jarak server dengan yang mengakses jauh latency atau ping akan tinggi sehingga koneksi akan kurang baik dan nge lag.

Cloud computing tanpa kita sadari sudah berada dalam kehidupan sehari-hari kita, contohnya adalah layanan email seperti gmail yang digunakan oleh hampir semua orang mau casual atau profesional. Tanpa email akan repot menyebarkan informasi dalam perusahaan atau yang lainnya. Google drive atau dropbox yang termasuk dalam cloud storage yang membuat kita tidak perlu membeli hard drive untuk menyimpan data melainkan hanya membayar bulanan atau tahunan untuk menggunakan jasa tersebut yang bisa kapan saja diakses dan mendownload file tersebut untuk memindahkan data didalamnya. Sosial media juga termasuk cloud computing, streaming musik. Video, dan lain lain.

Bisa dilihat bahwa cloud computing sudah ada di dalam kehidupan kita sehari-hari dan akan sulut dan repot tanpa cloud computing jika tidak ada. Tidak ada salahnya mengetahui lebih dalam mengenai cloud computing dan bagaimana cara dia bekerja. Dengan mengetahui cloud computing itu apa, kita bisa menghargai hal hal kecil yang ada di kehidupan kita seperti whatsapp yang digunakan untuk komunikasi dengan saudara yang jauh mungkin. Mengetahui dan menghargai hal hal kecil adalah kunci dari kebahagiaan diri.

Javas Triputra, Marisa Karsen