School of Information Systems

Data Management in The Cloud in Businesses

Data suatu perusahaan adalah sesuatu yang sangat penting, mereka berperan sebagai asset yang tidak berwujud namun bisa menjadi nilai yang besar bagi suatu perusahaan. Untuk mengelola dan mengatur data-data tersebut, perusahaan harus memiliki manajemen data yang baik. Jika perusahaan tidak bisa mangatur dengan baik data-data mereka, akan menimbulkan suatu masalah dan menjadi penghambat dalam suatu bisnis. Kebutuhan untuk menganalisis suatu data semakin lama semakin berkembang, aplikasi manajemen data analitik yang lebih cocok untuk penyebaran di cloud daripada data transaksional aplikasi manajemen. Oleh karena itu, kami menguraikan agenda penelitian untuk analisis data skala besar di cloud, hal tersebut dikarenakan sistem basis data perusahaan biasanya memiliki biaya di muka yang besar, baik dalam perangkat keras maupun perangkat lunak.

Cloud Data Management harus menjadi praktik terbaik di organisasi untuk menyimpan, mengelola, mengamankan, dan mengatur data penting misi kita. Manajemen data cloud pada dasarnya mengelola data di seluruh platform cloud dan dapat mencakup pendekatan heterogen untuk memanfaatkan data di lokasi. Layanan Manajemen Data Berbasis Cloud harus dilihat sebagai kemampuan bisnis yang penting untuk daya saing, inovasi, dan keberlanjutan. Seluruh organisasi harus mematuhi pendekatan dan strategi Manajemen Data Cloud Perusahaan secara keseluruhan. Manajemen Data di cloud masuk akal saat ini karena perusahaan beralih untuk fokus pada kompetensi inti mereka alih-alih mengelola tumpukan teknologi informasi dengan sumber daya profesional yang mendukung setiap komponen dan aset di lokasi dalam organisasi.

Berikut adalah karakteristik Cloud Computing;

  • Compute power is elastic

Komputasi awan bisa disesuaikan dengan perubahan kondisi yang terjadi karena mereka bersifat elastis. Maksudnya adalah pada saat terjadi suatu lonjakan permintaan produk suatu perusahaan, sumber daya komputasi tambahan bisa dengan cepat dialokasikan untuk menangani lonjakan permintaan tersebut, dengan komputasi awan perusahaan bisa menghemat banyak waktu dan juga bisa memaksimalkan penjualan tanpa ada masalah teknis.

  • Data is stored at an untrusted host.

Data dapat diakses oleh pihak ketiga tanpa sepengetahuan pelanggan. Walaupun para perusahaan sudah mengatakan data pelanggan akan terjaga dengan aman, namun kebocoran data tidak bisa kita pungkiri. Sudah banyak kasus perusahaan di Indonesia yang kebocoran data pelanggannya. Meskipun tampaknya tidak masuk akal secara bisnis bagi perusahaan host komputasi awan untuk melanggar privasi pelanggannya dan mengakses data tanpa izin, kemungkinan seperti itu tetap membuat beberapa calon pelanggan gelisah. Oleh karena itu harus ada tindakan tepat yang mencegah resiko kemanan tersebut, sehingga pelanggan bisa percaya.

  • Data is replicated

Ketersediaan dan ketahanan data adalah yang terpenting bagi penyedia penyimpanan cloud, karena kehilangan atau ketidaktersediaan data dapat gagal mencapai target yang ditetapkan dalam perjanjian tingkat layanan dan untuk reputasi bisnis. Ketersediaan dan ketahanan data biasanya dicapai melalui replikasi terselubung (yaitu, data direplikasi secara otomatis tanpa campur tangan atau permintaan pelanggan).

Cloud Data Management memungkinkan pengelolaan jalur data yang efektif dan efisien, termasuk integrasi data, kualitas data, dan manajemen metadata. Data diubah menjadi informasi, informasi menjadi pengetahuan, dan pengetahuan menjadi kebijaksanaan atau pendukung keputusan bagi organisasi. Ini dimulai dengan pengumpulan dan penemuan data yang cepat dan cepat dari sumber mana pun, diikuti oleh pemrosesan data, analitik, dan interpretasi data menjadi informasi untuk orang dan aplikasi. Kemudian dengan rekayasa data lanjutan untuk pengetahuan dan dukungan keputusan untuk hasil bisnis yang efektif.

Organisasi dapat mewujudkan peningkatan dalam pengelolaan data secara keseluruhan untuk keamanan, tata kelola, dan kepatuhan organisasi Anda dengan Cloud Data Management. Ketika manajemen keamanan ditingkatkan, biasanya juga kemampuan untuk mengatur penggunaan data, mengelola kepatuhan, dan risiko untuk organisasi Anda. Organisasi dan pelanggannya dapat meningkatkan mobilitas dan meningkatkan akses seluler ke data untuk aplikasi dengan solusi Cloud Data Management. Ponsel cerdas, perangkat seluler, sensor, dan perangkat lain dapat memanfaatkan pemberian dan penerimaan data ke cloud. Data selalu tersedia dan dapat diakses untuk memungkinkan hasil bisnis dan pengalaman hebat.

http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.717.4940&rep=rep1&type=pdf#page=5

 https://www.morganclaypool.com/doi/pdf/10.2200/S00456ED1V01Y201211DTM032

Nathalie Noviani, Edi Purnomo Putra