School of Information Systems

Deeper Network

  • Executive Summary

Deeper network merupakan suatu blockchain terdesentralisasi pertama yang menyediakan suatu jaringan yang benar-benar dibangun diatas kepercayaan, aman, dan memberikan akses internet secara merata. Dalam halamannya, Deep Network mengungkapkan bahwa jaringan yang mereka sediakan merupakan jaringan yang menghargai privasi penggunanya dan memungkinkan adanya komunikasi peer-to-peer tanpa perlu adanya peran perantara. Deeper Network Inc sendiri merupakan suatu perusahaan yang ditemukan pada tahun 2018 dan memiliki tujuan untuk memberikan layanan blockchain kepada semua jenis pengguna. Mereka memanfaatkan infrasturktur dari Web 3.0 yang memungkinkan semua pengguna internet dapat menggunakan layanan mereka. Salah satu informasi menarik yang diberikan oleh Deeper Network adalah adanya pernyataan mereka yang menyatakan bahwa untuk menggunakaan blockchain ini, pengguna tidak perlu memiliki pengetahuan teknis terkait blockchain sehinggga blockchain yang diterbitkan oleh Deeper Network ini dirancang untuk dapat diakses dengan mudah dan dapat digunakan oleh banyak lapisan pengguna, mulai dari mereka yang mengerti tentang teknologi blockchain maupun mereka yang tidak.

Dalam halaman ini, Deeper Network juga memberitahu apa yang menjadi visi mereka kedepannya, yakni untuk mengombinasikan teknologi blockchain, keamanan jaringan, dan sharing economy sehingga mereka dapat menghasilkan sebuah jaringan peer-to-peer yang dapat diakses secara global, dimana jaringan ini dapat digunakan oleh pengguna internet dan dapat menjadi pembuka untuk teknologi web masa depan. Deeper Network sendiri telah memiliki lebih dari 20 ribu nodes di lebih dari 200 negara.

  • Features

Deeper Network sendiri menyediakan tiga macam produk atau jaringan yang dapat dimanfaatkan oleh penggunanya. Produk atau jaringan pertama adalah decentralized private network (DPN) yang merupakan jaringan peer-to-peer terdesentralisasi yang hanya memiliki sedikit server dan terdisetribusi. Deeper network sendiri menjamin bahwa data pengguna jaringan ini tidak akan bisa dihapus, bocor, diretas, maupun dilacak. Nantinya, pada setiap jaringan akan ada operator yang akan berperan sebagai pengguna dan server. Sama seperti fasilitas blockchain komersial pada umumnya, operator ini nantinya akan memperoleh insentif dari aktivitas mining pada suatu jaringan tertentu.

Fasilitas kedua yang diberikan oleh Deeper Network adalah decentralized web yang dibangun dengan memanfaatkan teknologi Web 3.0 yang digabungkan dengan Deeper’s decentralized DNS (dDNS) dan Deeper’s decentralized CDN (dCDN). dDNS nantinya akan digunakan untuk mengubah IP address dan untuk memeriksa keaman dari jaringan internet. Jika DNS ini digunakan secara terpusat, maka internet akan menjadi rentan dan mudah diretas. Oleh karena itu adanya DNS yang terdesentralisasi secara tidak langsung telah membantu internet menjadi lebih terdemokrasi. Sedangkan CDN nantinya akan membantu meningkatkan pengalam pengguna dengan menyimpan data maupun konten yang ada di cloud dan adanya sistem desentralisasi pada CDN ini akan membantu pengguna untuk dapat mengakses data atau konten yang sudah disimpan dengan lebih cepat.

Fasilitas terakhir yang ditawarkan adalah Decentralized Gateway and dAPP Store. Selain bisa digunakan untuk mengakses berbagai macam jaringan terdesentralisasi, Deeper Network juga membantu pengguna mereka untuk dapat mengakses berbagai macam aplikasi d-App, seperti contohnya aplikasi penyimpanan yang terdesentralisasi, yakni Polkadot, dan berbagai macam layanan De-Fi. Jika dibandingkan dengan I-Phone, mereka memang menyediakan layanan tersebut namun teknologi yang digunakan adalah Web 2.0, sedangkan Deeper Network menggunakan Web 3.0. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa Deeper Network menawarkan teknologi yang lebih canggih.

Sama seperti blockchain pada umumnya, selain menyediakan berbagai layanan terdesentralisasi, Deeper Network ini juga dilengkapi dengan koin, yang dikenal dengan DPR token yang bisa diperoleh maupun digunakan melalui penggunaan atau pembagian bandwidth pada suatu jaringan, seperti contohnya adalah dengan melalui aktivitas mining. Pada sistem peer-to-peer tradisional, insentif yang biasanya ditawarkan kepada miner cenderung rendah sehingga sedikit orang yang ingin menjadi miner dalam jaringan tersebut. Akibatnya, jumlah data yang harus dimasukan ke dalam block menjadi lebih banyak dibandingkan jumlah blok yang tersedia. Oleh karena itu Deeper Network memastikan bahwa jumlah DPR token yang mereka bagikan sebagai insentif nantinya akan seimbang dengan usaha yang dikeluarkan oleh miner demi menjaga kelancaran jaringan dan kenyamanan pengguna.

Nantinya akan ada lima teknologi yang menjadi pusat atau core technology dari sistem yang dirancang oleh Deeper Network. Teknologi pertama adalah AtomOS. AtomOS merupakan teknologi lock-free network pertama di dunia yang dapat digunakan untuk membuat suatu sistem yang cepat dan aman. Teknologi ini memanfaatkan teknologi zero-copy untuk membaca data dari perangkat yang digunakan pengguna, dimana nantinya data ini akan dipindahkan ke dalam jaringan. Dengan adanya teknologi zero-copy, pemindahan data ini akan menjadi jauh lebih cepat dibandingkan pemindahan data dengan menggunakan sistem operasional tradisional, seperti Linux maupun FreeBSD. AtomOS juga dilengkapi dengan 7 lapis firewall yang dapat dimanfaatkan untuk menyaring data-data yang akan dipindahkan sesuai dengan ketentuan tertentu.

Teknologi kedua yang digunakan oleh Deeper Network adalah Deeper Chain. Deeper chain merupakan blockchain terdesentralisasi yang diimplementasikan dengan menggunakan kerangka kerja Substrate dan terbuka bagi publik. Blockchain ini memiliki tingkat keamanan dan efisiensi yang tinggi, serta disertai dengan penggunakan energi yang cenderung kecil. Deeper chain ini terdiri dari dua lapis, yakni lapisan atau dan lapisan bawah. Pada lapisan atas, nantinya aka nada ratusan validator nodes yang nantinya akan dilindungi dengan Deeper nodes. Pada lapisan bawah atau yang dikenal dengan Deeper layer, nantinya aka nada Deeper nodes yang terhubung melalui jaringan peer-to-peer. Dengan adanya insentif yang diperoleh lewat aktivitas mining akan meningkatkan jumlah pengguna dan aktivitas dalam jaringan. Deeper chain ini secara tidak langsung juga telah meningkatkan keamanan jaringan, dimana konsensus yang digunakan dalam mekanisme Deeper’s PoC dapat memastikan bahwa jaringan terhindar dari beberapa ancaman, seperti Sybil, Eclipse, dan 51% attacks.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dalam konsesus yang digunakan, Deeper Network menggunakan konsensus PoC yang merupakan kepanjangan dari proof of credit yang merupakan replika dari sistem kredit dalam hidup kita sehari-hari. Mekanisme ini memastikan adanya sistem desentralisasi, dimana semua partisipan dalam suatu jaringan memiliki kesempatan yang sama untuk bisa berkontribusi dan memperoleh insentif. Konsensus proof of credit ini sebenarnya mirip dengan proof of stake, hanya saja hak suara yang dimiliki oleh validator bergantung pada jumlah token dan nilai kredit yang mereka miliki. Dengan demikian, akan semakin sulit bagi suatu pihak untuk bisa mendominasi pihak lainnya. Dengan adanya PoC ini, maka daya yang diperlukan untuk dapat melakukan aktivitas mining cenderung sedikit. Alat untuk melakukan mining ini nantinya tersedia dalam berbagai macam ukuran, yakni family, lite, mini, nano, dan pico. Daya yang diperlukan oleh alat mining ini juga cenderung rendah, yakni hanya sebesar 15 watts.

Teknologi lain yang juga digunakan oleh Deeper Network adalah Trident Proctocol yang merupakan protokol komunikasi yang terdesentralisasi yang nantinya akan digunakan dalam blockchain. Dengan adanya protokol ini, maka pengguna dapat merasakan beberapa kenyamanan, seperti network censorship, keamanan transmisi data, memaksimalkan penggunaan network bandwidth, dan mengurangi delay dalam proses pemindahan data. Kenyamanan ini bisa timbul karena adanya intergrasi yang efisien dari teknologi yang digunakan dalam jaringan, seperti internet penetration, data encryption, protocol camouflage, dan tunnel layer congestion control.

Teknologi terkahir yang dimanfaatkan oleh Deeper Network adalah Deeper SoC. Deeper SoC merupakan suatu chipset yang dikembangkan dari bawah ke atas untuk penggunaan Deeper Connect nodes dalam skala besar. Dengan adanya Deeper SoC ini, maka keaman dari perangkat yang terhubung dengan jaringan Deeper Network ini akan meningkat. Peningkatan keamanan ini bisa terjadi karena adanya ingrasi dalam pemrosesan data dan security and privacy processing unit yang ada dalam SoC tersebut. Selain itu, adanya Deeper SoC ini secara tidak langsung juga telah mengurangi cukup banyak biaya untung memastikan keamanan dari jaringan yang diterbitkan oleh Deeper Network.

  • Experiment

Berdasarkan review atau penilai pengguna yang telah membeli dan menggunakan layanan Deeper Network, beberapa diantara mereka memberikan penilaian yang cukup beragam. Berdasarkan rating dari Amazon, produk Deeper Connect yang dikeluarkan oleh Deeper Network memperoleh penilaian bintang lima sebanyak 35%, bintang empat sebanyak 4%, bintang tiga sebanyak 15%, bintang dua sebanyak 10%, dan bintang satu sebanyak 36%. Dengan demikian, dapat kita lihat bawah sebagian besar pengguna menyatakan tidak puas dengan produk yang disediakan oleh Deeper Network, namun tidak sedikit pula yang menyatakan sangat puas dengan produk Deeper Connect ini.

Beberapa diantara mereka yang merasa puas menyatakan bahwa Deeper Connect ini dapat digunakan dan membantu aktivitas mereka sehari-hari. Mereka merasa bahwa penggunaan produk ini tergolong cukup mudah dan memiliki kinerja yang cukup baik. Mereka memaparkan bahwa adanya Deeper Connect dapat membantu mereka untuk bisa mengakses berbagai halaman atau web yang tadinya tidak bisa diakses atau mungkin dapat diakses hanya jika menggunakan fasilitas VPN. Selain itu, adanya Deeper Connect ini juga memungkinkan pengguna untuk memblokir berbagai macam iklan atau ads yang tidak mereka inginkan. Tidak hanya cocok digunakan oleh orang dewasa saja, Deeper Connect ini juga dilengkapi dengan fitur pemblokiran konten-konten dewasa sehingga aman untuk digunakan oleh anak-anak. Deeper Connect juga menawarkan koneksi yang cukup cepat dan biaya yang cukup murah jika dibandingkan dengan menggunakan VPN berlangganan.

Sedangkan secara umum, mereka yang memberikan bintang satu sampai dengan empat mengeluhkan tidak adanya buku panduan atau manual book yang disediakan oleh Deeper Network sehingga pada akhirnya mereka kesulitan untuk menghubungkan perangkan mereka dengan Deeper Connect. Untuk dapat menyambungkan Deeper Connect dengan perangkat, pengguna terpaksa harus mencari panduan dari media lainnya, seperti youtube. Selain terkait dengan buku panduan, beberapa pengguna juga mengeluhkan masih adanya beberapa iklan lokal yang tidak dapat mereka blokir dan adanya beberapa negara yang sudah diblokir tetapi masih dapat masuk ke dalam jaringan pengguna tersebut. Berbanding terbalik, ada juga pengguna yang mengeluhkan adanya beberapa halaman yang tidak dapat dibuka meskipun mereka tidak melakukan pemblokiran terhadap situs apapun. Tidak hanya itu, ada pula beberapa pengguna yang mengeluhkan lambatnya koneksi dari Deeper Connect ini, dimana pendapat ini berbanding terbalik dengan pendapat dari pelanggan yang merasa puas yang merasa bahwa tidak ada masalah terkait kecepatan koneksi.

Hal lain yang menjadi keluhan banyak pengguna adalah terkait masalah pengembalian. Mereka merasa kecewa karena Deeper Connect yang mereka beli tidak dapat digunakan, meskipun perangkat yang mereka sambungkan ke Deeper Connect tersebut adalah Mac, dan pada saat mereka ingin melakukan pengembalian mereka harus menghadapi beberapa masalah. Untuk dapat mengembalikan produk ini, pembeli harus menanggung sendiri biaya pengiriman. Di antara para pembeli yang kecewa dengan kebijakan ini, ada pula mereka yang menyatakan bahwa respon yang diberikan oleh Depeer Network juga terkesan tidak peduli dan kurang kooperatif.

  • Conclusion

Jika disimpulkan, maka dapat kita simpulkan bahwa Deeper Network yang ditemukan pada kuartal pertama tahun 2018 merupakan suatu jaringan yang menyediakan berbagai fasilitas, yakni DPN, Decentralized Web, dan Decentralized Gateway and dApp Store, dimana fasilitas-fasilitas yang diberikan ini merupakan fasilitas yang menggunakan sistem terdesentralisasi, aman, dan berdasarkan kepercayaan. Solusi ini timbul karena adanya pandangan dimana selama ini pengguna internet selalu diawasi pada saat mereka memanfaatkan fasilitas internet, termasuk salah satunya adalah fasilitas media sosial. Dalam menyusun jaringan terdesentralisasi ini, Deeper Network memanfaatkan teknologi atau fasilitas Web 3.0. Sama seperti fasilitas blockchain pada umumnya, nantinya para miner yang melakukan tugas mereka dalam jaringan deeper network juga akan memperoleh insentif berupa koin yang bernama DPR Token.

Untuk mendukung ketiga fasilitas ini, tentu saja Deeper Network akan membutuhkan beberapa teknologi yang bisa membantu mereka untuk mewujudkan suatu sistem desentrasilasi yang aman, dapat digunakan oleh semua orang, dan didasarkan pada kepercayaan. Nantinya akan ada lima teknologi utama yang dijadikan dasar atau penopang oleh Deeper Network. Kelima teknologi tersebut adalah AtomOS, Deeper Chain, Proof of Credit, Trident Protocol, dan juga Deeper SoC. Selain menghasilkan produk dalam bentuk perangkat lunak atau software, Deeper Network juga menghasilkan produk dalam bentuk perangkat keras atau hardware, yakni Deeper Connect. Deeper Connect sendiri merupakan suatu mesin yang digunakan untuk aktivitas mining. Mesin ini hanya memerlukan sedikit daya, yakni sekitar 15 watts dan tersedia dalam lima ukuran, yakni family, lite, mini, nano, dan pico. Berbagai macam ukuran dari Deeper Connect ini dihasilkan melalui berbagai macam pengembangan yang dilakukan sejak tahun 2018. Namun, pengembangan yang dilakukan oleh Deeper Network tidak hanya dikhusukan untuk produk Deeper Connect mereka saja. Sejak tahun 2018, Deeper Network sudah melakukan berbagai macam pengembangan, mulai dari Deeper Connect, fasilitas yang disediakan, serta hal-hal lain yang sifatnya tidak teknis, seperti pembiayaan dan juga pembentukan aliansi.

Jika dinilai dari sisi layanan yang diberikan. Memang benar bahwa Deeper Network telah memberikan layanan yang mungkin sangat membantu banyak orang, terutama mereka yang aktif dalam menggunakan internet. Hal ini bisa dilihat dari adanya penilaian baik dari pengguna yang menyatakan puas dengan layanan yang diberikan oleh Deeper Network, yakni melalui produk mereka Deeper Connect. Namun, dibalik kepuasan ini, masih ada banyak konsumen yang masih memberikan keluhan, terutama terkait dengan tidak adanya buku panduan atau manual book yang seharusnya bisa membantu mereka untuk menghubungkan perangkat mereka dengan jaringan Deeper Network. Bisa jadi, dengan absennya kehadiran buku manual ini, maka timbullah berbagai masalah yang dihadapi oleh konsumen, seperti kendala jaringan, adanya halaman yang masih belum bisa diakses, sampai pada tidak bisa digunakannya perangkat Deeper Connect.

Helena Gracia, Richard Richard