School of Information Systems

MENGENAL SYSTEM RELEASE ACTIVITIES

System Release Activities ini sangat diperlukan bagi perusahaan yang ingin mengubah perangkat lunak mereka dan dalam pengerjaannya tentunya dibutuhkan banyak sekali aplikasi agar produk yang dihasilkan berjalan dengan lancar.

Ada 5 langkah utama untuk melakukan proses kegiatan rilis, antara lain:

  1. Proses Rencana Rilis

Tahapan ini harus dilakukan sedetail mungkin dan bisa memakan waktu yang cukup lama, karena akan terjadi penyusunan konsep yang sangat kompleks. Biasanya perusahaan melakukan proses ini dengan menggunakan siklus SDLC (System Development Life Cycle). SDLC sangat diperlukan untuk membantu pengembangan perangkat lunak agar mendapatkan hasil yang baik. Rencana rilis juga harus mempertimbangkan beberapa hal, seperti Timeline, Tanggal pengiriman, Persyaratan, dan Lingkup proyek secara keseluruhan

  1. Proses Pembuatan Rilis

Setelah proses rencana rilis selesai, maka kita harus mulai membangun desain produk yang sebenarnya. Ini juga bisa dikatakan sebagai skenario awal yang sangat berguna untuk kelanjutan proses. Proses ini juga membutuhkan beberapa iterasi secara otomatis. Proses ini juga dapat menilai apakah produk memiliki bug dan masalah lainnya atau tidak. Tentunya jika aplikasi ini memiliki bug, maka programmer harus mengulang dan mengecek secara detail error yang terjadi agar tidak merugikan konsumen di kemudian hari.

  1. Proses Pengujian ke Pengguna

Proses ini dapat dikatakan sebagai versi BETA. Biasanya proses pengujian ini akan diujicobakan kepada karyawan dan karyawan perusahaan sebelum peluncuran resmi di agregasi umum. Proses ini tentunya akan memakan waktu yang cukup lama, karena jika pada saat pilot menguji sistem dan masih terdapat cacat maka pasti akan kembali ke tahap 2. Proses ini membutuhkan kerjasama yang cukup baik dari setiap anggota tim. Dikarenakan ini adalah tahap terakhir dari build rilis sebelum dipersiapkan untuk agregasi umum.

  1. Proses untuk Mempersiapkan Rilis

Langkah yang membuat tahap akhir produk dengan mempertimbangkan semua yang ada dalam proses UAT. Tentu saja, proses ini harus diperhatikan dan diawasi oleh tim senior dan tim resmi dari perusahaan. Setelah melakukan review, tim lain akan membuat standar validasi yang menyatakan bahwa sistem tersebut legal dan aman dari masalah.

  1. Proses Penerapan Rilis

Proses ini tentu saja merupakan sesuatu yang dinanti-nantikan oleh tim pusat perusahaan karena produk ini dapat mencapai tahap rilis yang merupakan hasil yang sangat baik. Namun pada tahap ini sistem harus memberitahu pengguna dengan aplikasi lama bahwa ada pembaruan sistem yang dapat mengubah beberapa fitur dan sistem yang sebelumnya tersedia. Tentunya tahapan ini merupakan kesempatan untuk memperbaiki kesalahan sistem produk yang lama agar teknologi perusahaan semakin maju dan berkembang pula. Produk yang dihasilkan tentunya akan membawa perusahaan memiliki karakteristik yang berbeda dari yang lain sehingga reputasi perusahaan dapat lebih baik dari sebelumnya.

 

Referensi :

https://www.lucidchart.com/blog/release-management-process

Bryan Nathaniel Firdaus