School of Information Systems

Penggunaan Virtual Machine

Menurut Gregory (2009, p. 355), Virtual Machine biasanya di samakan dengan suatu guest yang berada didalam lingkungan suatu host. Virtualisasi memungkinkan suatu lingkungan host untuk menjalankan atau mengeksekusi satu atau banyak guest, dengan beberapa virtual machines secara dinamis mengumpulkan sumber daya dari suatu sistem fisik. Sumber daya yang dimaksud seperti RAM, processors, dan storage di gunakan melewati lingkungan host. Virtual machine tidak langsung mengakses sumber daya yang ada, virtual machine akan berinteraksi dengan sebuah hypervisor di lingkungan host. Hypervisor sendiri adalah suatu program sentral yang mengendalikan pelaksanaan berbagai sistem operasi guest dan memberikan tingkatan antara lingkungan guest dan host.

Gambar: The hypervisor controls virtual machine instances (Gregory, P. 2009).

Dari gambar diatas dapat diartikan bahwa 1 komupter dapat menjalankan beberapa operasi berbeda dalam satu waktu bersamaan. Misalnya, dalam 1 komputer dapat menjalankan sistem Windows 2000, Linux, Unix, dan Windows 2008. Setiap sistem operasi mendapatkan tempatnya sendiri-sendiri, namun masing-masing memiliki sumber daya yang sama dengan disediakan tiap virtual machine atau sistem operasinya.

Berikut ada beberapa poin yang menjelaskan apa alasan untuk menggunakan virtualisasi di berbagai lingkungan:

  • Virtual machine dapat digunakan untuk mengkonsolidasi beban kerja. Dengan begitu adanya penghematan biaya hardware, biaya management, dan biaya administrasi infrastruktur server. Kebutuhan untuk menjalankan aplikasi dilayani baik menggunakan virtual machine. Aplikasi yang lampau mungkin tidak berjalan pada hardware atau sistem operasi yang lebih baru, dengan menggunakan virtual machine aplikasi yang lampau dapat berjalan di virtual machine dengan menyesuaikan pengaturan pada virtual machine dengan requirement dari apliasi yang lampau.
  • Virtual machine dapat menyediakan keamanan untuk menjalankan suatu untrusted applications. Bahkan virtual machine memungkinakan penggunanya untuk download sesuatu dari internet dan menjalankannya di virtual machine, bila terjadi kerusakan atau kegagalan tidak akan mempengaruhi host yang ada.
  • Virtual machine dapat dipergunakan untuk membuat sistem operasi atau menyediakan suatu lingkungan dengan membatasi sumber daya yang ada dan juga dapat dengan mudah mempartisi sumber daya yang ada.
  • Virtual machines dapat memberikan ilusi hardware, atau konfigurasi hardware yang tidak kita miliki seperti SCSI device atau beberapa processor.
  • Virtual machines biasanya juga dapat digunakan untuk mensimulasikan jaringan komputer sendiri. Teknologi ini juga dapat digunakan untuk menjalankan beberapa sistem operasi secara bersamaan, versi yang berbeda, atau bahkan sistem yang secara keseluruhan berbeda.
  • Teknologi ini memungkinkan untuk dilakukannya debugging atau pemantauan performa dengan berbagai skenario.
  • Dalam melakukan riset atau eksperimen akademis, ini adalah suatu alat atau tool yang sangat baik untuk digunakan karna selain aman, teknologi ini mengenkapsulasi semua state dari sistem yang berjalan.
  • Virtualisasi memungkinkan penggunanya untuk membuat tugas atau job seperti migrasi sistem, backup dan recovery menjadi lebih mudah untuk di manage.
  • Virtualisasi juga telah menjadi populer dimana banyak dijadikan sebagai hosting dengan begitu hosting akan aman, dan cost-effective.

 

Referensi:
Gregory, P. (2009). CISSP Exam Guide: All-in-One Sixth Edition. McGraw-Hill Osborne: New York. p. 355

Ivan Surya, Hendro Nindito

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031