School of Information Systems

Media Sosial

Media sosial adalah media online, dimana para penggunanya dapat dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, wiki, jejaring sosial, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial, dan wiki merupakan media sosial yang paling umum digunakan di dunia. Media sosial yang menjadi turunan internet saat ini telah menjadi tempat terbuka yang dapat dinikmati oleh semua masyarakat digital. Pendapat lain mengenai media sosial mengatakan media sosial merupakan media online yang mendukung interaksi sosial dengan menggunakan teknologi berbasis web yang dapat mengubah komunikasi menjadi dialog interaktif. Jejarin sosial sendiri merupakan sebuah situs dimana semua pengguna dapat membuat web page pribadi yang nantinya dapat terhubung dengan berbagai pengguna lainnya dari seluruh dunia untuk berbagi informasi dan berkomunikasi. Media sosial memungkinkan siapa saja untuk berpartisipasi serta memberi kontribusi atau feedback secara terbuka, memberi komentar dan membagi informasi dalam waktu yang cepat dan tidak terbatas dengan bantuan internet (Cahyono, 2016). Setiap pengguna memiliki kesempatan yang sama untuk bersuara terhadap peristiwa apapun sesuai dengan perspektif mereka masing-masing.

Boyd dan Ellison (dalam Carr & Hayes, 2015) menambahkan definisi jejaring sosial berbasis web memperbolehkan pengguna untuk menyusun profil pribadi di ruang lingkup yang dibatasi, selain itu pengguna dapat berkomunikasi dengan sejumlah pengguna lainnya, serta dapat melihat daftar koneksi yang dibuat sendiri maupun orang lain di dalam lingkup sistem tersebut. Saat ini Facebook dan Twitter merupakan salah satu Jejaring sosial terbesar di dunia (Cahyono, 2016). Media Sosial merupakan media online, dimana pengguna media ini dapat bergabung secara interaktif dengan pengguna lain, berbagi, juga membuat isi melalui blog, jaringan sosial, maupun forum (Junaedi, 2011).

Andreas Kaplan dan Michael Haenlein (dalam Carr & Hayes, 2015) menjelaskan secara singkat mengenai media sosial sebagai suatu kelompok dari aplikasi-aplikasi di internet yang dibangun diatas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0, yang memungkinkan pembuatan dan pertukaran konten yang dibuat oleh pengguna lain.

Menurut Howard dan Parks (dalam Carr & Hayes, 2015) media sosial dapat didefinisikan menjadi tiga bagian yang lebih mendalam, yaitu:

  • Infrastruktur Informasi dan alat yang digunakan untuk menghasilkan serta mendistribusikan konten;
  • Konten yang diambil dari pesan personal, berita,ide dan produk budaya yang berwujud digital;
  • Orang-orang, organisasi dan industri yang menghasilkan dan memaku konten digital tersebut.

Dari berbagai penjelasan dan pengertian di atas, kami menyimpulkan media sosial sebagai media berbasis internet yang memperbolehkan penggunanya untuk berkomunikasi secara luas dengan pengguna lain. serta dapat saling menikmati konten yang dibuat antar pengguna.

 

Referensi:
Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia. 140-157

Carr, C. T., & Hayes, R. A. (2015). Social media: Defining, developing, and divining. Atlantic Journal of Communication, 23(1). doi: 10.1080/15456870.2015.972282

Jimmy Biantoro, Hendro Nindito

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031