School of Information Systems

Using Google Map Service in Android Development

Google Maps services adalah salah satu applications yang telah tersedia dalam platform Android. Selain untuk menggunakan aplikasi Maps, Kita juga dapat mengimplementasikan Google Map Services kedalam project kita sendiri untuk kebutuhan lainnya seperti penanda lokasi pengguna, tracking, dan lain – lain. Dalam Android Studio, kita harus memasukan Google Play Services untuk memasukan SDK untuk Maps. Android platform yang dibutuhkan untuk mengimplementasikan Maps kedalam project kita harus merupakan Android platform yang berbasis diatas 4.0 dan telah menggunakan Google API’s. Berikut adalah contoh gambar AVD Manager yang menunjukan berbagai Android platform yang berbasis Google API atau Google Play :

Sebelumnya kita ingin membuat project kita terlebih dahulu untuk memasukan Google Maps services. Kita dapat memilih Google Maps Activity dalam “New Project”.

Setelah itu, kita akan ditunjukan untuk membuka link yang terdapat dalam file xml project. Pertama – tama, buka google_maps_api.xml pada package res/value. Lalu di google_maps_api.xml terdapat alamat untuk mengaktifkan Maps API. Dalam file xml akan ada link yang kita dapat copy ke browser kita.

Setelah membuka link tersebut di browser, selanjutnya kita mengklik Create di tombol sebelah kanan untuk membuat project dan mendapatkan key untuk Map API. Setelah itu, kita dapat Enable API untuk mendapatkan key. Setelah itu key akan muncul dalam display. Key tersebut diawali dengan “AIza”

Selanjutnya, buka kembali file xml dan masukan kode API Key dalam <string name=”google_maps_key” templateMergeStrategy=”preserve” translatable=”false”> YOUR_KEY_HERE</string></resources> dengan YOUR_KEY_HERE digantikan dengan kode API key yang telah kita dapatkan dari link.

Setelah itu, kita dapat mencoba Google Maps tersebut dengan memulai project kita menggunakan emulator atau device android kita. Setelah Activity dimulai kita dapat melihat Google Maps tersebut dalam display.

Referensi :

https://developers.google.com/maps/documentation/android-sdk/start?hl=en

https://www.codepolitan.com/menampilkan-peta-dengan-google-maps-api-pada-android-studio-58b3951fbe5bb

Powerpoint Mobile Applications Development Session 9 (11 Dec 2021)

Federico Linata Cahyadi, Ferdianto