School of Information Systems

Penerapan big data berdasarkan 4 karakteristi

Apa itu big data? Big data adalah kumpulan data yang sangat besar dan rumit /kompleks, yang terus menerus bertambah. Data ini biasanya dihasilkan dari aktivitas internet yang dikumpulkan oleh organisasi. Data ini dapat digunakan untuk mendapatkan wawasan atau masukan untuk menebak keinginan pengguna melalui machine learning. Selain itu big data dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi, meningkatkan layanan pelanggan, membuat strategi marketing yang lebih akurat dan lebih ditargetkan untuk target pengguna. Oleh karena itu, kemampuan perusahaan untuk dapat mengolah big data dengan baik sangatlah penting. agar jadi, dapat dimanfaatkan untuk mendukung aktifitas Anda sebagai pribadi, apalagi untuk bisnis.

Volume di big data mengacu ke jumlah datanya yang sangat besar dan yang dihasilkan per detiknya. Di dalam kasus diatas ini yang termasuk dalam karaktersitiknya volume adalah banyaknya data dari hasil transaksi yang disimpan di PurchaseDetail dan Inventory.

Velocity di big data mengacu ke kecepatan produksi data baru yang meliputi input data hingga penggunaan data. Untuk kasus ini dilihat dari erd tersebut yang akan terpengaruh adalah Purchase dan Customer karena tiap kali terjadi transaksia dua entity itu akan menambah tercepat.

Variety di big data mengacu ke keragaman tipe data yang ada di dalam big data. Perusahaan akan terus menerus menerima data, data yang memiliki banyak sekali variabel dan sangat beragam meliputi berbagai jenis data baik data yang telah terstruktur dalam suatu database maupun data yang tidak terorganisir. Dengan pengunaan big data data tersbut dapat diolah dan diubah menjadi sesuatu yang dapat membantu perusahanan tersebut

Value di big data mengacu ke sangat besarnya nilai big data apabila dapat diolah dengan cara yang tepat. Seperti di kasus kita dimana data permbelian dari Customer dapat diolah untuk mendapatkan wawasan akan barang yang terpopuler dan juga prefrensi pelanggan tersebut. Hal ini dapat membantu perusahaan apapun untuk melakukan marketing yang menarget pembeli spesifik, dan yang pastinya meraih keuntungan

Kevin Gotam, Richard Richard