School of Information Systems

Menggunakan Calender pada Android Development

Calender merupakan sebuah repositori untuk kejadian kalender seorang pengguna. Calender Provider API memungkinkan kita dalam melakukan sebuah query, insert, update, dan delete pada kalender kita untuk acara, pengingat, dan lain sebagainya. Dengan itu para pengguna akan lebih fleksibel dalam dapat melihat jadwal hal yang harus mereka lakukan pada tanggal tertentu.

Apa itu Android Development?

Android Development merupakan sebuah perangkat dalam mengembangkan isi-isi atau fitur pada android untuk menciptakan aplikasi yang dapat memberikan pengalaman yang baik untuk para pengguna. Untuk menjadi seorang Android Developer kita harus mengerti Bahasa pemrograman yang dapat dipakai dalam melakukan pembuatan aplikasi tersebut, yaitu:

  1. Java
  2. Kotlin
  3. C++
  4. C#
  5. Python
  6. HTML, CSS, JavaScript
  7. Dart

Apa itu Calendar pada Android Development?

Calendar pada Android Development dapat digunakan pada aplikasi dan adaptor sinkronisasi yang dapat, akan mengirimkan notifikasi jika para pengguna memberikan perintah untuk mengingatkan mereka pada tanggal yang ia berikan, karena para pengguna dapat melakukan query, insert, update, dan delete pada kalender tersebut.

Para pengguna dapat melihat, menambahkan, dan menghapus acara yang ia ada pada calender tersebut, dengan itu Para pengguna dapat mengakses calender tersebut untuk mengingatkan ia jika waktunya sudah mendekati acara tersebut atau lain sebagainya.

Bagaimana Membuat Calendar View app?

Membuat aplikasi android yang akan menampilkan kalender dengan menggunakan CalenderView yang dengan tujuan untuk dapat memilih tanggal yang dipilih dan menampilkan tanggal tersebut

  1. Membuatkan project baru yang berisikan XML file dan java file
  2. Membuka xml file dan menambahkan CalenderView dan TextView
  3. Membukan activity java file yang akan memberikan CalenderView dan TextView variable dan memberikan kedua View tersebut findViewById() agar dapat membaca id View yang membaca id yang diberikan pada xml file tersebut.
  4. Tambahkan setOnDateChangeListender pada CalenderView yang akan dapat membaca pilihan tanggal kita dengan membaca hari, bulan, tahun yang kita pilih, dan akan menampilkan pilihan kita pada TextView.
  5. Menjalankan program aplikasi tersebut.

Xml file

Java file

Kesimpulan

Kesimpulan yang saya dapat dalam Calender pada Android Development adalah kegunaan calender dalam kehidupan pengguna, yang akan membuat hari kehidupan mereka akan lebih mudah, karena ada yang akan mengingatkan mereka dengan acara yang ia tambahkan pada calender tersebut dengan tujuan untuk membuat ia tidak lupa akan adanya acara tersebut, dan jika ada acara yang tidak akan terjadi, para pengguna dapat menghapus atau delete acara tersebut pada calendernya.

Referensi

https://developer.android.com/reference/java/util/Calendar

https://www.geeksforgeeks.org/android-creating-a-calendar-view-app/

https://developer.android.com/guide/topics/providers/calendar-provider

https://developer.android.com/

https://www.geeksforgeeks.org/top-programming-languages-for-android-app-development/

Chan Pit Tat, Ferdianto