School of Information Systems

Hore! Menang Business Plan Competition Lagi!

5 Juni 2022 – Selamat kepada Tim Kaizen atas kemenangannya sebagai juara harapan 1 pada lomba MAGIC SV UNS 2022 yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Prodi D3 Manajemen Administrasi Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret Surakarta. MAGIC (Management Administration Great Innovation Competition) merupakan pekan kreativitas mahasiswa yang bertujuan untuk mendukung IKU UNS yaitu presentase lulusan S1 dan D4/D3/D2 yang meraih prestasi minimal tingkat nasional. MAGIC mengusung tema “Be a Critical Generation, Think Creatively and Innovatively”. Tema ini di angkat dengan harapan peserta mampu menjadi generasi muda yang berfikir kritis, berinovatif dan memiliki kesadaran untuk mengasah kreatifitasnya, sehingga dapat bermanfaat untuk diri sendiri, orang lain dan lingkungan, serta menjadi generasi muda penerus bangsa yang kuat mengadapi tantangan – tantangan di era global.

Business Plan Competition ini bertemakan “Penerapan teknologi digital dalam revolusi industry 5.0”. Dengan keadaan digital yang semakin berkembang diharapkan para mahasiswa mampu berjalan beriringan dengan teknologi khususnya di dunia administrasi, perkantoran dan kewirausahaan. Lomba ini memberikan kesempatan kepada peserta yang memiliki ide bisnis, start up dan pengembangan usaha yang berorientasi pada produk digital, baik berupa jasa dan produk khususnya di bidang administrasi, perkantoran dan kewirausahaan.

Pada tahap pertama, peserta diminta untuk membuat abstrak mengenai ide business plan dan melakukan pendaftaran. Abstrak harus dikumpulkan maksimal pada tanggal 1 Mei 2022. Tim Kaizen membuat abstrak mengenai “Penanganan Mental Health Secara Real Time Melalui Mobile Application”. Kemudian, pada tanggal 4 Mei 2022, diumumkan bahwa Tim Kaizen lolos ke tahap selanjutnya.

Pada tahap kedua, peserta diminta untuk membuat proposal dan BMC (Business Model Canvas) mengenai ide business plan yang telah dibuat abstraknya pada tahap pertama. Tim Kaizen mempersiapkan proposal dengan sangat giat. Tim Kaizen juga mendapatkan support dan bimbingan dari Ibu Desi. Setelah persiapan yang panjang dan banyak bimbingan dan masukkan dari Ibu Desi, akhirnya proposal dapat terselesaikan dengan baik dan dikumpulkan pada tanggal 11 Mei 2022. Kemudian pada tanggal 17 Mei 2022, diumumkan bahwa Tim Kaizen lolos ke tahap selanjutnya dan masuk sebagai finalis 5 besar.

Pada tahap ketiga, peserta diminta untuk membuat video dan prototype dari produk yang dihasilkan dari ide business plan yang telah dibuat. Video yang dibuat harus berdurasi 3 – 5 menit dengan resolusi 480p dan dibuat dengan semenarik mungkin. Kemudian video dan prototype dikumpulkan pada tanggal 23 Mei 2022. Selanjutnya, pada tanggal 29 Mei 2022, peserta melakukan presentasi karya dihadapan juri dengan menggunakan zoom. Tim Kaizen mempersiapkan presentasi mengenai sembilan aspek BMC dan melakukan sesi tanya jawab dengan juri. Tepat tanggal 5 Juni 2022, hasil yang ditunggu – tunggu pun akhirnya diumumkan. Tim Kaizen menjadi juara harapan 1 pada lomba MAGIC SV UNS 2022 untuk cabang Business Plan Digital. Semangat dan kerja keras kalian membuahkan hasil! Sekali lagi selamat kepada Kaizen.

Kesan : “Mendapatkan banyak sekali ilmu dan wawasan dari para juri dan dosen pembimbing yang sangat berguna untuk di masa depan nanti.”

Pesan : “Jadikanlah masukan orang lain sebagai batu loncatan untuk mengembangkan diri.”

Felicia