School of Information Systems

Prototyping Tools bagi UI/UX Designers (Part 1)

Salah satu kebutuhan seorang UI/UX Designer adalah sebuah prototyping tool. Sebuah prototyping tool mampu membantu para UI/UX Designer dalam membuat visualisasi, elemen, hingga interaksi dari sebuah representasi desain yang diinginkan. Oleh karena itu, penting agar seorang UI/UX Designer memilih prototyping tool yang sesuai dengan dirinya. Berikut adalah beberapa prototyping tool yang tersedia:

  • Figma

Figma adalah sebuah alat ­all-in-one yang dapat digunakan oleh UX designers, developers, dan seluruh anggota tim untuk berkolaborasi. Figma menawarkan fleksibilitas gaya text, grids, dan elemen lain dalam sebuah proyek. Figma juga dilengkapi dengan berbagai plugins, seperti Autoflow (ilustrasi user flows) dan Figmotion (animasi).

 

  • Adobe XD

Adobe XD menawarkan pembuatan prototype yang dilengkapi dengan berbagai alat seperti pembuatan interaksi, transisi, dll. Scaling dan resizing elemen menjadi mudah karena Adobe XD berbasis sistem vektor.

 

  • Axure RP 9

Axure RP 9 hadir sebagai alat untuk wireframing dan prototyping, sehingga desainer dapat membuat prototype website dan aplikasi yang interaktif dengan resolusi rendah atau tinggi tanpa coding. Axure RP 9 juga memiliki alat dokumentasi yang memudahkan pencatatan hal-hal penting dalam sebuah proyek.

 

  • InVision Studio

InVision hadir pada tahun 2011, merupakan sebuah alat yang membantu para desainer dalam menyatukan prototypes fungsional secara cepat dan membagikannya kepada orang lain. InVision juga memiliki berbagai fitur, seperti handy vector drawing tool, animasi, repeatable components, dan masih banyak lagi.

 

  • Webflow

Webflow merupakan sebuah alat dimana ketika kita mengerjakan proses desain dan pembuatan high-fidelity prototype, Webflow akan sekaligus membuat live website yang lengkap dengan HTML, CSS, dan JavaScript. Hal ini akan memudahkan desainer dan menjadikan proses desain yang lebih cepat.

Referensi

Cardello, J. (2021, Januari 11). 14 best prototyping tools for UI/UX designers. Retrieved from Webflow Blog: https://webflow.com/blog/prototyping-tools

Laksamana Kusuma

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031