School of Information Systems

PERAN MACHINE LEARNING DALAM PROFESI DATA

Apa itu Machine Learning?

Machine Learning merupakan cabang dari Artificial Intelligence dan ilmu komputer yang berfokus pada penggunaan data serta algoritma yang secara bertahap dalam prosesnya bisa meningkatkan keakurasian data. Hasil dari penggunaan Machine Learning bisa mendorong dalam pengambilan keputusan terhadap pembuatan aplikasi maupun dalam ranah bisnis. Teknologi Machine Learning ini sangat berperan dalam kemajuan perkembangan dunia perdataan.

Semakin bertambahnya perkembangan big data yang cukup pesat, tidak heran bila permintaan pasar akan profesi data terus meningkat. Oleh karena itu, machine learning memiliki peran krusial dalam meperhitungkan posisi big data suatu perusahaan.

Beberapa profesi data yang memerlukan machine learning :

  • Data Scientist

Data science dan Machine learning merupakan dua bidang yang saling berkaitan. Dengan penguasaan machine learning, bisa membantu kinerja data science dalam perkembangan teknologi. Kinerja machine learning tentunya juga berasalh dari data yang diberikan serta algoritma untuk mengolah data tersebut menjadi lebih akurat. Oleh karena itu, skill pengetahuan tentang machine learning sangat diperlukan dalam bidang data scientist. Hal itu diperlukan karena data scientist memerlukan prediksi data yang lebih berkualitas dengan menggunakan machine learning.

 

  • Data Analiytics

Kaitan Machine learning dengan data analaytics yaitu memiliki kesempatan untuk memperoleh Batasan dalam pemahaman informasi penting. Machine learning analytics memiliki cara kerja praktis dan mempunyai peluang terhadap perkembangan data. Ada beberapa cara yaitu dengan :

  • Clustering : dimana mesin akan menentukan kesamaan data yang berbeda dalam memahami subjek atau objek di dalamnya (misalnya, pelanggan).
  • Elasticity : dimana mesin akan memproses awal mula dan penyebab dari munculnya hasil pengolahan data. Kita bisa mengetahui faktor yang cocok apabila outcome memiliki banyak faktor yang berubah secara bersamaan.
  • Natural language : hal ini digunakan untuk memetakan frasa-frasa yang digunakan dalam dunia bisnis misalnya, penjualan. Para pebisnis tidak perlu memiliki pengetahuan yang mendalam tentang python atau R .Kita hanya cukup memasukkan pertanyaan-pertanyaan kemudian mesin akan menerjemahkan kata-kata yang ada.

 

  • Data Architect

Peran machine learning dalam data architect yaitu menyajikan model menuju aplikasi dan layanan di berbagai sistem informasi secara bersamaan. Dalam dunia profesi, machine learning architect memiliki tanggung jawab meliputi :

  • Memastikan lingkungan yang fleksibel dan terukur untuk model pipeline
  • Berkomunikasi dengan tim bisnis dan data dalam mempelajari teknologi baru yang mampu meningkatkan performa machine learning
  • Menentukan strategi paling tepat untuk mengekspos asing-masing layanan atau model AI
  • Bekerjasama dengan data scientist, data engineer, serta DevOps untuk memastikan performa model yang telah diproduksi. Kemudian dilanjutkan dengan pertimbangan relevansi model dan kebutuhannya.
  • Mempertahankan pndangan mengenai ketergantungan serta alokasi sumber daya dalam mengatasi hambatan dan meningkatkan performa di masa depan

 

  • Business Intelligence

Penggabungan kemampuan machine learning dengan Business Intelligence bisa membuat sebuah otomatisasi yang dapat mengungkap proses wawasan yang belum diketahui pebisnis di luar sana. Detail angka penjualan dari seorang pebisnis perlu diungkapkan meskipun di luarnya pebisnis tersebut terlihat memiliki pemasukan yang lancar. Otomatisasi memungkinkan pengerjaan tugas-tugas dengan value tinggi ketika terjadi otomatisasi antara machine learning dengan BI.

 

Refrensi :

https://blog.digitalskola.com/home/machine-learning-adalah/

https://www.ekrut.com/media/apa-itu-machine-learning

Bryan Nathaniel Firdaus