School of Information Systems

Cari Cuan, 2nd Winner YECCO 2022

Young Entreprenuer Creative Competition (YECCO) 2022 merupakan salah satu program kerja Bidang Kewirausahaan Periode 2021/2022, guna peningkatan kualitas mahasiswa dalam mewadahi gagasan – gagasan inovatif dan kreatif mahasiswa dalam bentuk sebuah karya tulis berupa proposal perencanaan bisnis. Kegiatan YECCO sendiri diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Manajemen Universitas Sumatera Utara. Fokus lomba ini adalah Business Plan Competition dengan mengangkat tema “Being Creative and Innovative Young Entrepreneur”.

Kesempatan ini dimanfaatkan dengan baik oleh IS Lab Assistant yang berjuang dengan penuh semangat dan tekad yang kuat untuk mendapatkan hasil yang maksimal.  Pada kompetisi ini Tim Cari Cuan yang beranggotakan Aristia Utari Putri, Michelle Andriana dan Laksamana Kusuma berhasil menduduki Juara 2 pada lomba YECCO 2022, sungguh prestasi yang luar biasa.

Pada tahap 1, para peserta akan melakukan pendaftaran dan mengumpulkan resume yang sudah disediakan oleh pihak panitia. Resume sendiri berisikan ide bisnis apa yang ingin dibawakan oleh setiap tim. Pengumuman tahap 1 diumumkan pada tanggal 11 Mei 2022 melalui Instagram @yeccobyhmm nantinya setiap tim yang lolos akan melakukan pendaftaran ulang. Pada seleksi tahap 1, ada 30 tim yang lolos ke tahap selanjutnya salah satunya yaitu Tim Cari Cuan.

Sebelum ke tahap 2, para tim peserta akan melakukan pembayaran terlebih dahulu. Setelah melakukan konfirmasi pembayaran para tim peserta bisa melanjutkan untuk membuat proposal bisnis. Proposal bisnis yang dibuat harus mengikuti ketentuan dan petunjuk penulisan yang ditentukan oleh pihak panitia (guidebook). Dengan mengikuti arahan, bimbingan serta masukkan dari dosen pembimbing dan mentor Tim Cari Cuan berhasil lolos ke tahap Final. Pada seleksi tahap 2, ada 10 tim yang akan bertanding untuk melakukan presentasi di tahap final.

Tahap Final dilakukan pada tanggal 28 Mei 2022, Tim Cari Cuan telah melakukan persiapan dengan membuat BMC serta PPT yang akan digunakan untuk presentasi. Setiap tim akan diberikan waktu 5 menit untuk melakukan presentasi dan 5 menit untuk sesi tanya jawab. Menurut Juri, ide bisnis yang di presentasikan oleh Tim Cari Cuan sangat kreatif dan Desain PPT yang dibuat sangat menarik. Keputusan hasil lomba akan diumumkan pada tanggal 30 Mei 2022 pada Pukul 13.00 WIB melalui Instagram @yeccobyhmm. Tidak terasa sudah sampai pada hari pengumuman, Tim Cari Cuan telah berhasil menjadi Juara 2 pada kompetisi YECCO 2022. Sekali lagi Selamat kepada Tim Cari Cuan!

Kesan dan Pesan dari Tim Cari Cuan :

Terimakasih kepada Tuhan Yang Maha Esa serta seluruh pihak yang telah memberikan kesempatan dan mendukung kami, Tim Cari Cuan untuk dapat  berpartisipasi dalam lomba Business Plan YECCO 2022 hingga meraih posisi ke dua. Semoga ke depannya, kami dapat terus menciptakan inovasi yang dapat membantu nusa dan bangsa.

Monica Putri Mutiara