School of Information Systems

Membangun Organisasi Pemasaran 2.0

Selain membangun dan memperkuat kemampuan, pemasar perlu secara sadar mengembangkan kelincahan yang lebih besar di seluruh organisasi mereka. Untuk berhasil dalam lingkungan digital yang bergerak cepat, kami merekomendasikan, berdasarkan pekerjaan kami dengan organisasi terkemuka, agar perusahaan segera menerapkan perubahan struktural berikut.

  • Sentralisasi Aktivitas yang Tepat.  Banyak perusahaan berusaha untuk memusatkan fungsi sehingga mereka dapat menerapkan kontrol yang lebih baik dan menciptakan efisiensi yang lebih besar. Tetapi mereka sering tidak cukup strategis tentang  apa yang  mereka sentralisasikan. Dalam penelitian kami, kami menemukan bahwa banyak perusahaan meninggalkan penghematan di atas meja dengan tidak memusatkan perhatian: mereka kehilangan penciptaan skala ekonomi dan tidak dapat memanfaatkan sepenuhnya praktik terbaik. (Lihat Tampilan 2.)

  • Buat Struktur yang Tepat. Tidak ada struktur organisasi satu ukuran untuk semua. Perusahaan yang efektif menciptakan struktur yang selaras dengan tujuan bisnis utama mereka dan kemudian menskalakan struktur itu. Perusahaan paling sering mengatur diri mereka sendiri menurut salah satu dari lima dimensi potensial, masing-masing dengan trade-off yang penting. (Lihat tayangan slide.) Sebagian besar organisasi pemasaran adalah kombinasi dari setidaknya dua dimensi ini, dengan satu yang dominan. Mana yang mendominasi seringkali tergantung pada ukuran perusahaan.
  • Mendefinisikan ulang Peran dan Manajemen Bakat. Lanskap bakat berubah dengan cepat di banyak organisasi pemasaran: baik peran baru maupun peran yang didefinisikan ulang diperlukan. Tapi semua keahlian yang dibutuhkan mungkin tidak ada pada orang yang sama. Untuk menemukan kemampuan yang mereka butuhkan, perusahaan harus mencari kumpulan bakat nontradisional, seperti bakat pengembangan konten dari publikasi tradisional.

    Ketika pemasaran tidak berjalan, organisasi pemasaran biasanya mengetahuinya. Mereka berjuang untuk menemukan kemampuan baru, serta struktur organisasi baru, agar efektif dalam lingkungan saat ini. Mereka terkadang belum sepenuhnya memikirkan apa yang harus dipusatkan dan mengapa. Organisasi pemasaran mereka sering beroperasi dalam silo, terputus dari bagian organisasi lainnya dan tujuannya. Mereka belum tentu memiliki keahlian yang tepat untuk beroperasi dengan baik, apalagi dengan cepat.

    Organisasi pemasaran perlu mengevaluasi kapabilitas mereka saat ini dan membangun kapabilitas yang dibutuhkan untuk generasi pemasaran berikutnya. Setelah mengambil stok struktur organisasi mereka saat ini, mereka perlu merancang struktur mereka untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas. Dengan memperhatikan area dengan cermat, organisasi pemasaran dapat merespons dengan kreativitas dan kelincahan yang lebih besar terhadap perubahan dalam lingkungan bisnis.

 

Sumber:

https://www-bcg-com.translate.goog/publications/2015/marketing-brand-strategy-agile-marketing-organization?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=en-US

Yakob Utama Chandra