School of Information Systems

MOODWIT, 1st Winner ITFEST USU 2022!

School of Information Systems berhasil merebut kemenangan dalam lomba ITFest 2022 yang diselanggarakan oleh mahasiswa Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara. ITFest sendiri adalah kompetisi bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi tingkat mahasiswa se-indonesia, sebagai upaya untuk membangkitkan semangat para mahasiswa/i Indonesia untuk berinovasi serta mampu ambil bagian sebagai agen perubahan dalam memajukan Teknologi Informasi dan Komunikasi. ITFest 2022 menyediakan kompetisi yang bisa diikuti dengan berbagai macam lomba salah satunya adalah UI/UX Design Competition.

Member dari Information Systems Case Study Club (ISCSC) dengan penuh semangat berpartisipasi dalam perlombaan ini, yaitu MOODWIT yang beranggotakan Monika Felicia, Lisa Mega Tanto Kusumo dan Michael Christian. Dengan bangga MOODWIT memberikan presetasi luar biasa dengan memenangkan Juara 1 Lomba ITFest USU 2022 cabang lomba UI/UX Design.

Pertama-tama para peserta melakukan pendaftaran dan mengikuti Tahap Seleksi I, dimana pada tahap ini para peserta diminta untuk mengunggah karya yang merupakan ide yang akan mereka buat berupa proposal. Proposal yang dibuat melampirkan link prototype yang sudah selesai sekurang-kurangnya 40% dari hasil akhir dalam proposal. Tepat pada tanggal 10 April 2022 pihak panitia mengumumkan bahwa MOODWIT menjadi salah satu peserta yang berhasil lolos ke tahap selanjutnya.

Tahap seleksi II dimulai, pada tahap ini yang menentukan apakah MOODWIT lolos atau tidak ke tahap final. Output yang dihasilkan pada tahap ini adalah mengupload video berdurasi 5 menit yang membahas mockup dan cara kerja aplikasi yang dibuat ke Youtube. MOODWIT sangat gigih dalam menyelesaikan video sesuai dengan arahan serta masukkan dari mentor dan dosen pembimbing. Pada tanggal 17 April 2022 pihak ITFest mengumumkan bahwa MOODWIT berhasil lolos ke tahap final.

Tahap final dilakukan pada tanggal 20 April 2022, MOODWIT mempersiapkan proposal dan bahan presentasi untuk nantinya akan di presentasikan pada saat lomba berlangsung. Tahap ini ada 5 tim terbaik yang akan bersaing memperebutkan juara. Setiap tim akan melakukan presentasi selama 10 menit dan diberikan pertanyaan oleh juri dari pihak lomba. Keputusan hasil lomba di umumkan pada tanggal 24 April 2022, berdasarkan hasil pengumuman lomba bahwa MOODWIT berhasil menjadi Juara 1 untuk cabang lomba UI/UX Design Competition. Selamat untuk tim MOODWIT dengan tekad yang kuat dan kerja keras kalian membuahkan hasil yang sangat baik!

Kesan dan Pesan dari tim MOODWIT:

  • Monika Felicia : “UI UX memang bukan desain mendesain saja, tetapi kita harus tahu latar belakang masalah dan memberikan solusi yang tepat untuk permasalahan tersebut. Dari lomba ini saya belajar banyak sekali hal-hal baru dan mendapat bimbingan serta pengalaman baru dari kakak-kakak pembimbing dan juga dosen. Semoga SIS bisa terus membawa prestasi ke depannya!”.
  • Lisa Mega Tanto Kusumo : “Melalui lomba ini, saya mendapatkan banyak insight yang mengembangkan pengetahuan saya mengenai UI/UX melalui feedback baik dari juri maupun dosen yang membimbing saya. Saya berhadap semoga pengetahuan ini dapat pengembangkan diri saya untuk lebih siap menghadapi perlombaan yang lebih besar”.
  • Michael Christian : “Lomba UI/UX pertama selama kuliah, walaupun untuk waktu pengerjaan sangat fast-paced sekali, overall pengalamannya menyenangkan dan saya dapat belajar banyak. Pesannya terus berkarya dan hasil akan datang dengan sendirinya”.
Monica Putri Mutiara