School of Information Systems

Cara Menggunakan Analytics Untuk Mengidentifikasi Tren Di Pasar Anda

Apakah tren pasar Anda naik atau turun? Apakah tumbuh atau menyusut? Apakah orang-orang kurang lebih tertarik untuk membeli apa yang Anda jual dibandingkan tahun lalu?

Banyak bisnis melakukan riset pasar dan berhenti dengan ukuran pasar mereka, berapa banyak orang yang tertarik dengan apa yang mereka jual. Memahami ukuran pasar itu penting tetapi mengetahui apakah pasar itu sedang tren naik atau turun juga penting untuk pengambilan keputusan strategis dan pemasaran.

Saat ini, alat dan analitik data besar dapat digunakan oleh siapa saja untuk mendeteksi tren dalam proses yang disebut analitik tren pasar.

Apa itu analisis tren pasar?

Analisis tren pasar adalah proses untuk menentukan apakah pasar tumbuh, stagnan atau menurun dan seberapa cepat pergerakan itu terjadi.

Jika Anda tahu, misalnya, bahwa pasar Anda stagnan atau menurun, maka Anda tahu bisnis Anda perlu berkembang dan mengambil tindakan untuk mengakomodasi pasar itu. Anda dapat membuat beberapa promosi inovatif untuk memulai pasar yang stagnan atau berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan untuk menciptakan produk baru yang dapat bersaing di pasar yang sedang tren naik sementara Anda memeras nilai terakhir dari pasar tempat Anda beroperasi saat ini.

Jika Anda tahu bahwa pasar Anda sedang berkembang, maka Anda dapat memindahkan sumber daya dari produk di pasar yang menurun sehingga Anda dapat meningkatkan pasokan dan uang tunai saat keadaan berjalan baik.

Analisis tren pasar adalah sesuatu yang harus dilakukan bisnis setidaknya setiap tahun, idealnya setiap enam bulan, sehingga Anda dapat mengukur arah pasar dan membuat keputusan strategis dan taktis yang lebih baik sebagai hasilnya.

Ini juga merupakan bagian dari proses analisis pasar yang lebih luas ketika ingin memperluas atau menjelajah ke pasar baru dengan produk dan layanan baru atau yang direvisi.

Analisis pasar dalam praktik

Rokok elektrik adalah contoh bagus dari tren pasar yang sedang naik. Meskipun kita telah mengetahui sejak tahun 1950-an bahwa merokok sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, perusahaan-perusahaan tembakau besar telah berhasil menavigasi, mempertanyakan, atau mengaburkan ilmu itu sehingga mereka dapat terus memperoleh keuntungan.

Tentu saja merokok membuat ketagihan sehingga meskipun kebanyakan orang sekarang menyadari bahwa merokok membunuh mereka, sulit untuk berhenti. Dan di situlah rokok elektrik masuk. Hanya dalam beberapa tahun, sekarang ada toko rokok elektrik di setiap jalan raya.

Tapi tidak ada yang benar-benar tahu ke mana arah pasar itu. Perusahaan rokok elektrik yang cerdas dapat menjalankan analisis skenario untuk menilai berbagai opsi berdasarkan kemungkinan yang ada di pasar. Misalnya, sangat mungkin bahwa perubahan legislatif akan mempengaruhi pasar lebih cepat daripada nanti. Merokok e-rokok sudah dilarang di restoran dan kemungkinan semakin banyak tempat akan dilarang seiring berjalannya waktu. Ini akan mempengaruhi pasar dan profitabilitas pasar. Mereka juga akan bijaksana untuk mengukur sentimen pelanggan di media sosial dan memeriksa wawasan tentang Google Trends untuk tetap mengikuti tren pasar sehingga mereka tidak dibutakan oleh perubahan yang tidak mereka lihat akan datang.

Menerapkan analisis pasar dalam bisnis Anda

Perubahan di pasar mana pun tidak dapat dihindari. Triknya adalah mengetahui perubahan apa yang mungkin terjadi sebelum mereka tiba sehingga Anda dapat tetap berada di depan mereka atau beradaptasi untuk menghadapinya dan tetap kompetitif.

Setiap perubahan menandakan peluang dan ancaman. Banyak juga memiliki potensi untuk secara dramatis mempengaruhi ukuran pasar dan oleh karena itu kelayakan finansial. Tetap waspada terhadap lingkungan eksternal serta lingkungan internal yang dapat Anda kendalikan. Ini mungkin termasuk undang-undang dan undang-undang yang disahkan, sentimen konsumen, persaingan, publisitas, lalu lintas ke toko atau situs web Anda, dll. Perubahan teknologi, sensitivitas harga, dan perubahan kondisi politik juga dapat memengaruhi tren pasar.

Tetapi dengan mempraktikkan analisis pasar, Anda dapat tetap mengetahui tren mana yang paling berpengaruh dan ke arah mana pasar Anda menuju — sebelum perubahan besar terjadi — membuat Anda berada di posisi yang tepat untuk melampaui pesaing Anda.

Lay Christian