School of Information Systems

Kecerdasan Buatan dalam Manajemen Pengetahuan (Part 1) 

Manusia mulai cukup awal untuk melestarikan pengetahuan. Orang bisa melihat lukisan gua sebagai cara pertama untuk mengubah pengetahuan individu menjadi pengetahuan yang dapat diakses publik. Evolusi dalam transformasi pengetahuan berlanjut dengan penemuan hieroglif, kertas dan buku. Perkembangan ini mencapai abad ke-20 dengan munculnya manajemen dokumen dan informasi terkomputasi, yang mengklaim penciptaan alat manajemen pengetahuan. Pada abad ke-21, manajemen pengetahuan tampaknya mencapai tingkat berikutnya. Kecerdasan buatan ikut bermain dan mengubah lagi bagaimana pengetahuan ditangkap, dikembangkan, dibagikan, dan digunakan secara efisien dalam organisasi. 

Bagaimana Kecerdasan Buatan meningkatkan Manajemen Pengetahuan 

Liebowitz menjelaskan konsep manajemen pengetahuan (KM) blak-blakan sebagai “menciptakan nilai dari aset tidak berwujud organisasi”. Masalah utama dengan konsepnya adalah untuk memahami aset tidak berwujud, untuk mengatasinya, mengubahnya menjadi bagian yang nyata dan membuatnya dapat diakses oleh organisasi secara keseluruhan. Oleh karena itu, proses transformasi pengetahuan harus mengalami siklus inovasi lagi. Saat ini, penerapan dan fasilitasi Sistem Pendukung Keputusan (DSS) seperti infrastruktur teknologi dalam kekuatan pemrosesan atau konektivitas global dan Artificial Intelligence (AI) menjadi pendorong keberhasilan.  

Melihat lebih dekat AI, implementasinya ke dalam sistem manajemen pengetahuan masih dalam tahap awal. Meskipun demikian, kecerdasan buatan sudah mampu mengatasi masalah umum dari domain tersebut, karena tampaknya lebih hadir dan diterima oleh chief knowledge officer dan organisasi pada umumnya. Manajemen pengetahuan memanfaatkan alat AI yang digunakan untuk menangkap, memfilter, mewakili, atau menerapkan pengetahuan. Menggunakan misalnya repositori pengetahuan seperti Wiki perusahaan atau penyimpanan dokumen, alat AI menyediakan aplikasi untuk pemilihan, penguraian, analisis dan klasifikasi teks, penalaran otomatis dan visualisasi untuk memfasilitasi pengambilan keputusan. Selanjutnya, AI menyediakan sarana untuk memproses input manusia seperti tulisan tangan dan pengenalan suara dengan bantuan munculnya pemrosesan bahasa alami. Selain itu, sistem pakar dan pemberi rekomendasi AI membantu meningkatkan manajemen pengetahuan dan menyediakan kecerdasan untuk menggunakan infrastruktur secara lebih efisien. Terlebih lagi, AI membantu pengguna di bidang rekayasa pengetahuan dan memungkinkan pekerja pengetahuan untuk melihat manfaat dalam penggunaan alat manajemen pengetahuan. AI juga membantu mengatasi masalah masa lalu dalam menangani data dalam jumlah besar, yang dianggap berat dan sulit dipelihara. Sistem modern yang menggunakan AI mampu menangani data besar juga memberikan tingkat keamanan tertentu menggunakan cara penyimpanan data baru seperti penyimpanan data blockchain yang terdesentralisasi misalnya. Dalkir (2013) lebih lanjut mempromosikan Kecerdasan Buatan sebagai enabler alat manajemen pengetahuan, yang menurutnya meningkatkan pengumpulan, penyimpanan, dan berbagi pengetahuan daripada informasi. Oleh karena itu, ia menyebutkan bahwa kemampuan agen cerdas yang digunakan dalam AI menjadikan mereka “proksi untuk pekerja pengetahuan”. 

Nuril Kusumawardhani