School of Information Systems

Mengenal FigJam

Sebelum kita berbicara mengenai FigJam tentu kita harus tau dulu apa itu Figma, Figma adalah aplikasi desain berbasis cloud dan alat prototyping untuk project digital. Figma dapat membantu para penggunanya berkolaborasi dalam suatu project atau pekerjaan dengan banyak pengguna secara real-time dan di mana saja. Aplikasi ini beroperasi pada sistem desktop untuk Mac OS dan Windows. Aplikasi pendamping Figma Mirror untuk Android dan iOS memungkinkan pengguna mendemonstrasi prototype Figma pada perangkat seluler.

Lalu apa sih FigJam itu? FigJam adalah online whiteboard yang dibuat untuk para desainer untuk mencari ide dan bertukar pikiran dengan tim besar mereka. Anggap saja sebagai versi ringan dari Figma yang lebih mudah dipelajari dan bahkan lebih menyenangkan untuk digunakan. Ini untuk mendefinisikan masalah pengguna, mencari inspirasi, dan mengeksplorasi ide.

 

Fitur FigJam

Source: https://www.figma.com/blog/introducing-figjam/

FigJam adalah alat brainstorming yang benar-benar bagus dan memudahkan seluruh sesuatu yang terlibat dalam proses kolaborasi. Tools yang tersedia pada FigJam antara lain:

  • Sticky Notes dan Shape yang dapat digunakan untuk share pemikiran dan suatu ide
  • Marker untuk menggambar, memberikan komentar, dan memberikan pendapat
  • React menggunakan stiker, stamps, dan reactions untuk up-vote suatu ide
  • Dan terakhir copy paste antara FigJam dan Figma

 

Referensi:

figma.com/blog/introducing-figjam/

https://bootcamp.uxdesign.cc/thoughts-on-figmas-new-product-figjam-9b076b459df1

Moh Thaha Rizieq